Bahan Lapisan Untuk Lemari dan Meja Kayu

Furniture berbahan kayu baik itu untuk produk lemari, meja, kitchen set, dan lainnya membutuhkan tahap ahir berupa finishing untuk mempercantik tampilannya.

Proses finishing sendiri terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan diantaranya dengan metode pengecatan dan dengan lapisan.

Untuk furniture berbahan kayu olahan seperti Triplek, Blockboard, Particle Board dan MDF, metode finishing dengan pelapisan merupakan pilihan yang paling banyak dilakukan.

Dengan melapisi bahan menggunakan lapisan khusus untuk lemari, proses pengerjaan tahap ini bisa lebih praktis dan cepat dibanding dengan pengecatan.

Ditambah lagi saat ini berbagai macam corak dan warna lapisan untuk finishing produk furniture cukup banyak yang bisa dipilih, sehingga dapat membuat produk terlihat modern dan minimalis.

Pada artikel kali ini kami akan ulas mengenai beberapa macam bahan yang biasa dijadikan sebagai material lapisan untuk lemari, meja dan lain sebagainya sebagai referensi untuk anda semua.

Lapisan Untuk Lemari

Decosheet

Deco sheet atau ada yang menyebutnya dengan sebutan Tacosheet adalah sebuah material sintetis yang terbuat dari bahan plastik. Material yang satu ini paling banyak diaplikasikan untuk berbagai produk-produk furniture karena praktis dan cepat dalam pengerjaannya.

Lapisan ini memiliki ketebalan yang bervariasi dari mulai 0,6 mm hingga 3 mm. Decosheet diaplikasikan ke bahan kayu dengan cara direkatkan dengan menggunakan lem kuning. Semakin tebal decosheet yang digunakan akan lebih maksimal menutupi permukaan kayu.

Decosheet memiliki ukuran lebar 120 cm dengan panjang 50 hingga 100 meter per rolnya. Dipasaran lapisan ini juga seringkali di jual eceran permeter dengan harga berkisar mulai 20 ribu hingga 50 ribuan per meternya tergantung corak dan ketebalannya.


Untuk corak warna decosit memiliki banyak ragam pilihan, dari mulai warna solid, berjenis doff atau glosy hingga terdapat pula yang memiliki permukaan bertekstur layaknya permukaan kayu.

HPL (High Pressure Laminate)

Hpl merupakan material pelapis yang terbuat kraft paper dan resin dipres dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan lembaran tipis bertekstur keras dan kaku.

Kualitas HPL berada di atas lapisan decosheet, baik dari segi tampilan dan teksturnya hingga kekuatan terhadap goresan benda lain serta ketahanan terhadap cairan dan panas.

Tidak heran lemari yang dilapis menggunakan HPL memiliki harga yang lebih tinggi dipasaran.

Tidak seperti decosheet, lapisan yang satu ini berbentuk lembaran dengan ukuran lebar 120 cm dan panjang 240 cm. Pengaplikasian ke meja kayu bisa menggunakan lem putih atau lem kuning, untuk hasil paling maksimal terdapat pula lem yang dibuat khusus untuk merekatkan HPL ke bahan kayu.

Mengenai warna dan corak lapisan, material ini juga tersedia sangat beragam dipasaran.

Baca Juga HPL (High Pressure Laminate) Adalah

Veneer

Lapisan untuk produk furniture selanjutnya ialah Veneer atau lembaran kayu tipis yang dihasilkan dari pengelupasan kayu solid seperti oak, jati, sungkai dan lain sebagainya.

Untuk produk lemari yang dibuat dari kayu olahan seperti triplek namun ingin menonjolkan sisi natural, pada proses finishing ahir dapat gunakan material ini. Dengan begitu tampilan lemari akan terlihat layaknya dibuat dari kayu alami.

Namun begitu, penggunakan veneer sebagai pelapis masih membutuhkan tahap pengecatan seperti kayu solid.

Wallpaper Sticker

Sesuai namanya material ini sesungguhnya adalah lapisan yang biasa digunakan untuk melapisi tembok rumah, namun begitu belakangan beberapa pengrajin mebel ada yang menggunakannya untuk melapisi meja kayu.

Hasilnya pun cukup memuaskan, meja ataupun lemari layaknya dilapisi dengan lapisan decosheet namun dengan proses kerja yang lebih praktis lagi. Pasalnya, pada lapisan ini telah disertai perekat dibagian belakangnya sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan lem tambahan.

Itulah beberapa material lapisan yang biasa digunakan untuk lemari, meja kayu dan berbagai produk furniture lainnya. Setiap lapisan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dari segi kualitas, tampilan hingga biaya produksinya. Sebaiknya pelajari dengan lebih mendetail sebelum menentukan pilihan untuk melapis produk anda.