Langkah Mudah Membuat NPWP Secara Online

Kewajiban akan membayar pajak memang sudah seharusnya anda penuhi. Anda wajib membayar pajak jika sudah menjadi wajib pajak dan memiliki NPWP. NPWP ini sendiri bisa dikatakan sebagai identitas anda sebagai wajib pajak, sekaligus menjadi dokumen resmi yang harus anda bawa ketika akan berurusan dengan pajak.

Karena ingin memberikan kemudahan, maka kini anda bisa mendaftar atau membuat NPWP secara online. Dengan langkah mudah membuat NPWP secara online ini diharapkan tidak ada lagi orang yang malas mengurus NPWP karena alasan tidak memiliki waktu. Berikut langkah mudah membuat NPWP secara online untuk anda yang ingin mencobanya.

Langkah Membuat NPWP Secara Online

  1. Menyiapkan Dokumen

Meskipun secara online, namun langkah mudah membuat NPWP secara online pertama yang harus anda lakukan ialah dengan mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan terlebih dahulu.

Dokumen ini berbeda untuk setiap jenis calon wajib pajak, misalnya calon wajib pajak pribadi dan badan usaha. Itu sebabnya, anda sebaiknya mencari informasi persyaratannya terlebih dahulu.

  1. Mengakses Halaman Pendaftaran

Kini, barulah anda bisa memulai pendaftaran dengan langsung mengakses halaman https://ereg.pajak.co.id/login. Karena anda belum pernah mendaftar, maka pilihlah tombol “DAFTAR”.

Advertisement

Lalu, masukan semua data yang diminta, anda harus memberikan data yang valid, begitu juga dengan alamt email anda.

  1. Aktivasi Akun

Pada langkah mudah membuat NPWP secara online ketiga inilah akun email yang anda gunakan sangat penting, karena anda harus melakukan aktivasi lewat akun email yang anda gunakan untuk mendaftar.

Bukalah email anda, dan temukan pesan dari perpajakan, maka anda akan diminta untuk meng-klik link yang diberikan sebagai tanda anda telah melakukan aktivasi pendaftaran NPWP.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah anda melakukan aktivasi, maka langkah mudah membuat NPWP secara online berikutnya ialah mengisi formulir. Anda harus login dengan email juga password yang telah anda buat sebelumnya.

Ada lumayan banyak data yang harus anda isi kali ini, maka anda harus benar-benar teliti dalam mengisinya agar nantinya tidak ada kekeliruan yang akan menyusahkan anda. jika sudah selesai, maka tekan tombol Daftar untuk mendaftarkan data yang anda isi.

  1. Cetak

Sesudah anda mengirimkan formulir, kini anda harus mencetak data yang sudah anda buat sebelumnya, yang nantinya akan menjadi dokumen bukti dan arsip bagi anda. caranya hanya perlu dengan menekan tombol Cetak atau print. Jika sudah selesai dicetak, maka anda harus menandatangani pada bagian yang sudah ditentukan.

  1. Menuju Kantor Pelayanan Pajak

Kini, anda hanya tinggal melakukan langkah terahir membuat NPWP secara online, yakni membawa dokumen persyaratan yang sudah anda siapkan diawal tadi, dan juga dokumen yang anda cetak berupa formulir dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara ke Kantor Pelayanan Pajak.

Nah, itu dia langkah mudah membuat NPWP secara online yang harus anda lakukan. Benar-benar mudah bukan?

Baca juga artikel cara membuat website untuk bisnis dengan mudah