Langkah Menjalankan Peluang Usaha Rental Mobil

usaha rental mobilMobil telah menjadi suatu kebutuhan penting di jaman sekarang ini, segala kegiatan dari tuntutan pekerjaan sampai keperluan pribadi akan terselesaikan dengan mudah ditunjang adanya kendaraan ini. Dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari meski di jalanan semakin ramai dan macet tetap saja tidak mengurangi angka kebutuhan kendaraan, akan tetapi malah semakin meningkat. Itu menandakan kebutuhan akan transportasi semakin di butuhkan orang-orang sebagai penunjang kegiatannya masing-masing. Untuk itu kita harus jeli melihat kebutuhan yang di perlukan orang-orang saat ini dan menjadikannya peluang usaha yang menguntungkan. Salah satunya adalah menyediakan usaha rental mobil, mengapa bisa menguntungkan ? baca bahasan nya di bawah ini..

Dengan semakin banyaknya kegiatan kita sehari-hari kadangkala kita tidak mau di repotkan dengan urusan mengurus mobil, ya tentu saja kendaraan mobil yang setiap hari digunakan memerlukan perawatan rutin seperti cuci mobil, service berkala, pengurusan surat-surat kendaraan, dan banyak lagi perawatan lainnya. Untuk yang kegiatan sehari-harinya cukup padat tentu menjadi beban tersendiri, karena jangankan melakukan perawatan kendaraan, mengurusi pekerjaan saja sudah full seharian. apalagi untuk service mobil saja, sekarang ini memerlukan waktu minimal 2-3 jam karena antrian di bengkel, Maka dari itu usaha rental mobil sekarang ini menjadi solusi memecahkan masalah diatas, kan sangat praktis kita bisa menggunakan mobil tanpa harus memusingkan perawatan rutinnya. Selain dari penyewa perorangan usaha rental mobil juga banyak di lirik oleh perusahaan-perusahaan sebagai kendaraan oprasional karyawannya, alasan nya tentu sama seperti tadi, mereka mencari kepraktisannya. Selain itu tentu banyak alasan-alasan lain nya mengapa kita membutuhkan jasa dari usaha rental mobil tersebut. Memilih kendaraan yang cocok untuk rental bisa anda baca artikel nya di Tips Memilih Kendaraan Untuk Usaha Rental Mobil

Langkah Awal Membuka Usaha

Lalu bagaimana jika kita hendak memulai usaha ini, apakah kita memerlukan modal yang besar untuk menjalankannya, mengingat harga sebuah mobil kan mencapai ratusan juta rupiah, jika gitu kita harus menyiapkan berapa milyar untuk menyediakan mobil untuk disewakan ? Tentu tidak begitu caranya. Lakukan saja pembelian mobil dengan cara kredit, sekarang banyak koq leasing yang menyediakannya. malah cenderung semakin dipermudah untuk melakuakan pembelian kendaraan secara kredit, tidak perlu berlama-lama, kita tinggal datang ke showroom mobil, tunjuk mau mobil apa, maka 2-3 hari mobil sudah dikirimkan kerumah. Tentuya setelah kita membayarkan DP terlebih dahulu. Untuk tahap percobaan sebaiknya membeli kendaraan secara bertahap 1 unit dulu, kita coba terlebih dahulu memasarkan jasa kita kepada para tetangga di sekitar rumah, tapi kan para tetangga kita pada punya mobil semua, buat apa mereka menyewa mobil kita ? Jangan dulu pesimis, seperti yang sudah dibahas di atas tadi, barangkali saja ada yang sudah punya mobil, tapi masih memerlukan mobil lagi dan tidak mau di repotkan dengan perawatannya… kan bisa saja terjadi.

Setelah memasarkan di sekitar tempat tinggal, kita bisa memperluas jangkauan promosi jasa kita. caranya bagaimana, pakailah cara promosi menggunakan media massa di kota kita, membuat iklan baris contohnya. atau bisa juga dengan cara memanfaatkan media internet, media sosial dan lain-lain. Saya yakin jika anda sudah melakukan promosi ke tahap ini, maka mobil yang anda disewakan tidak akan cukup jika hanya tesedia 1 unit, heheh..

baca juga artikel : Segera Mulai Usaha Anda

Promosikan Kepada Perusahaan

Tahap selanjutnya untuk mengembangkan usaha rental mobil ini adalah promosikan jasa kita kepada perusahaan-perusahaan. ini langkah yang paling jitu untuk menggaet keuntungan, koq bisa begitu ? Perusahaan yang memerlukan jasa rental mobil rata-rata memerlukan beberapa unit mobil untuk di sewa, jadi tidak hanya 1 unit mobil saja, dan selain itu biasanya perusahaan itu tidak menyewa secara harian, melainkan paling sedikit mingguan atau bahkan berbulan-bulan. tentu menguntungkan bukan… tapi tentu saja pelayanan yang kita berikan juga berbeda seperti contoh nya harga sewa yang lebih murah, tetapi pekerjaan kita mempromosikan jasa juga akan menjadi semakin ringan karena sistim penyewaan seperti itu.

Untuk mendapatkan penyewa dari perusahaan kita harus mau repot sedikit dalam mempromosikan jasa kita, kita harus datang ke perusahaan yang menjadi target dan menawarkan jasa kita. Disini kita harus pintar-pintar menawarkan, berikan bonus-bonus selain dari potongan harga yang bisa menarik calon konsumen kita. Jika anda sukses menjalankan tahap ini, saya yakin 3 unit mobil untuk disewakan tidak akan mencukupi. hehee.. lanjutt..

Analisa Keuntungan

Pastinya bagian ini amat di tunggu oleh anda yang berencana menjalakan usaha ini, sebagai penyemangat kita sama-sama hitung keuntungan nya dari peluang usaha rental mobil ini…

Harga sewa untuk 1 unit mobil sekelas Avanza dalam satu hari rata-rata adalah 400 ribu, dari biaya tersebut harus kita potong untuk bayar sopir, jadi kurang lebih uang yang kita dapat adalah 350 ribu. Jika cicilan bulanan untuk mobil tersebut memerlukan dana misalkan sebesar 4 juta (asumsi cicilan selama 4 tahun) maka kita membutuhkan sedikit nya dalam sebulan, mobil kita disewa sebanyak 12 kali saja, selebihnya itu bisa menjadi keuntungan kita.

Bayangkan jika dalam 1 bulan mobil kita di sewa sebanyak 25 kali, maka dana yang didapat adalah 350.000 x 25 = 8.750.000. dipotong biaya cicilan mobil maka kita masih menyisakan keuntungan sebesar 4.750.000 itu untuk 1 unit mobil. cukup menggiurkan bukan ?? hitung sendiri jika kita mempunyai lebih dari 3 unit mobil..

Namun begitu tetap saja itu hanyalah sebuah analisa saja, pada saat menjalankan nya tentu tidak semudah yang di kira, kita harus memperjuangkannya secara konsisten agar target 1 unit mobil tersewa satu bulan 25 kali tercapai. disini saya akan berikan sedikit tips untuk menjalankan usaha rental mobil ini.

  • Sewakan mobil keluaran terbaru dan umum di pakai harian. agar perawatan mobil lebih murah karena kondisi baru, dan kenyamanan penyewa lebih terjamin. selain itu juga model mobil keluaran terbaru menjadi nilai plus agar dapat bersaing dengan para kompetitor usaha yang sama.
  • Berikan pelayanan ekstra kepada konsumen. seperti sediakan sopir yang ramah, dan kondisi kendaraan yang terjaga, karena jika konsumen puas maka akan terjadi promosi otomatis, gratis dan tertarget, dari konsumen yang merekomendasikan kepada rekannya yang lain.
  • Pomosikan secara continue. Pasang secara rutin iklan baris di media massa terkemuka di kota anda, datangi perusahaan yang kira-kira membutuhkan jasa anda.
  • Berikan kemudahan dalam menyewa. seperti berikan layanan antar jemput dan berikan paket menyewa kendaraan yang fleksbel, seperti sewa perjam, perhari, perbulan sampai per tahun.
  • Perhatikan keamanan. jangan sewakan kendaraan anda tanpa sopir kepada penyewa yang tidak anda kenal, kecuali jika itu perusahaan yang menggunakan surat perjanjian resmi dan aman.