Langkah Memulai Bisnis Salon Kecantikan Wanita

Apakah anda salah satu orang yang memiliki keahlian dalam merias dan pecinta kecantikan ? Sungguh sangat disayangkan apabila keahlian anda tidak dimanfaatkan. Agar tidak sia-sia, anda bisa mencoba untuk membuka bisnis salon kecantikan. Bisnis ini sangat menjanjikan karena memiliki banyak peluang di dalamnya. Banyak orang menggunakan jasa rias salon kecantikan untuk acara hajatan, kelulusan, pernikahan, dan banyak lagi acara-acara lainnya.

Tentunya acara-acara tersebut akan mendatangkan peluang yang besar di depan mata sang pelaku usaha ini. Salon kecantikan juga sangat penting bagi wanita. Wanita akan melakukan apa saja termasuk secara rutin merawat kecantikannya agar penampilan mereka tetap terlihat maksimal. Maka dari itu, gunakanlah kesempatan besar tersebut !

Berikut adalah beberapa langkah yang harus di persiapkan untuk memulai bisnis salon kecantikan wanita yang bisa anda terapkan :

Perdalam Skill Merias Anda

Cara memulai usaha salon kecantikan pertama adalah memperdalam kemampuan merias Anda. Kemampuan merias adalah kunci utama dalam keberhasilan bisnis yang akan anda jalani ini. Anda bisa mengikuti berbagai kursus kecantikan singkat. Waktu kursus singkat pun bervariasi, ada yang satu bulan atau tiga bulan. Selain itu tentunya bakat serta passion anda juga haruslah pada bidang ini.

Ketika anda berhasil menyelesaikan kursus tersebut, anda akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan tanda bahwa anda adalah penata rias profesional. Hal ini bisa menjadi poin tambahan untuk penilaian para calon konsumen, bahwa meraka memang ditangani oleh ahlinya.

Untuk menambah kemampuan merias Anda, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan teknologi internet. Banyak hal yang bisa Anda pelajari dari google atau youtube dan media lainnya.

Baca juga artikel melirik peluang usaha salon kecantikan dan spa

Pilih Lokasi Strategis

Cara memulai usaha salon kecantikan kedua adalah pemilihan lokasi untuk salon kecantikan Anda nantinya. Sebelum dibuka, tentukan lokasi-lokasi tepat yang berpotensi mendatangkan banyak rupiah. Anda juga bisa melakukan survey untuk mencari lokasi yang strategis. Lokasi yang sering didatangi wanita misalnya di dekat pusat perbelanjaan, mall, atau pusat keramaian lainnya adalah pilihan yang sangat tepat.

Lagi-lagi dalam langkah ini kita bisa manfaatkan kepopuleran internet untuk mempromosikan usaha kecantikan yang dijalankan. Dari mulai aktif di berbagai macam media sosial hingga membuat website khusus yang profesional akan menjadi penarik yang membantu konsumen mendatangi usaha kita.

Pasang Banner Yang Menarik

Agar salon kecantikan Anda terlihat menarik, gunakan banner yang besar dengan berisikan gambar model wanita yang cantik atau pria yang tampan, tulisan yang besar serta informasi mengenai fasilitas salon kecantikan yang Anda tawarkan. Selain itu, cantumkan informasi yang berhubungan dengan promo dan discount. Para calon pelanggan pastinya akan tertarik untuk mempercantik wajah dan tubuh mereka di salon kecantikan anda nantinya.

Siapkan Kelengkapan Dan Peralatan Kecantikan

Beberapa perkiraan kelengkapan dan peralatan yang harus dimiliki dalam menjalankan bisnis salon kecantikan beserta harga kisarannya di antaranya saja adalah :

  • Meja dan pancuran pencuci rambut : Rp. 2.000.000
  • 2 Cermin besar : Rp.200.000
  • 3 Hairdryer : Rp. 300.000
  • 4 Kursi : Rp. 500.000
  • Perlengkapan salon (sisir, gunting dan lain-lain) : Rp. 500.000
  • Bahan-bahan salon (bedak, pelembab, hair tonic dan lain-lain) : Rp.  6.000.000

Total  : Rp. 9.500.000

Tentunya angka-angka di atas tidak lah bernilai pasti, masih banyak faktor yang bisa membuatnya menjadi lebih besar ataupun kecil. Dan jangan lupakan juga anda harus persiapkan biaya untuk pengadaan tempat baik itu dengan sistim sewa atau milik sendiri. Demikian beberapa tips mengenai langkah memulai bisnis salon kecantikan wanita. Semoga bermanfaat !

Baca juga artikel berikut ini trik jitu untuk memikat konsumen wanita