Langkah Cerdik Persiapan Menjelang Masa Pensiun

Masa pensiun adalah dimana masa kita tidak menghasilkan lagi pendapatan, sebagaian orang akan khawatir jika sudah sampai pada masa tersebut, karena kebutuhan hidup akan terus berjalan seperti biasa sedangkan penghasilan tidak ada.

Tidak hanya bagi pekerja atau karyawan, para pengusaha pun akan tiba dimana produktifitasnya sudah tidak maksimal untuk menghasilkan pendapatan. Seharusnya di masa seperti ini paling baik adalah harus di upayakan agar tetap memiliki penghasilan, sehingga masa pensiun ini tidak memberatkan.

Apa saja yang harus di persiapkan agar masa pensiun kita nanti berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa langkah yang bisa di lakukan :

masa pensiun

Tetapkan Target

Paling awal sebaiknya kita persiapkan target kapan kita akan memasuki masa pensiun ini. Dengan adanya hal tersebut kita menjadi bisa memperkirakan berapa waktu yang dimiliki untuk mempersiapkan masa tersebut, Dengan begitu juga ahirnya kita akan memiliki motivasi sebagai penyemangat dalam bekerja.

Perkirakan Biaya Hidup

Biaya hidup di masa pensiun tentunya akan berbeda-beda pada setiap orang, bisa saja pada masa tersebut kita tidak hanya menanggung biaya hidup sendiri atau keluarga. Maka dalam hal ini sebaiknya juga kita bisa memperkirakan perkiraan tanggungan biaya yang harus dipersiapkan.

Advertisement

Berinvestasi

Selagi masih bekerja dan menghasilkan, seyogyanya kita harus sisihkan sebagaian pendapatan untuk mempersiapkan masa pensiun dengan berinvestasi, dengan memiliki investasi nantinya kita memiliki cadangan keuangan yang bisa di gunakan. Untuk memilih investasi, khusus untuk masa pensiun kita bisa pilih yang berjangka panjang, seperti properti, emas dan lain sebagainya, yang penting kita harus biasakan disiplin dan konsisten mengerjakannya.

Berasuransi

Masa produktif juga harus kita manfaatkan dengan mempersiapkan asuransi untuk persiapan hari tua, karena umunya di umur-umur yang cukup lanjut yang paling ditakutkan adalah kemungkinan gangguan pada kesehatan. asuransi kesehatan menjadi pilihan yang cukup cerdik untuk menjaga pengeluaran biaya berlebih jika nantinya kita di hadapkan dengan kondisi kurang baik akibat penyakit, di samping itu biaya pengobatan juga akan semakin tinggi dari waktu-kewaktu

Bisnis

Bagi yang sekarang ini berprofesi sebagai pebisnis, perlu kita pastikan agar menjaga bisnis bisa terus berjalan tanpa bergantung kepada kita. Caranya dengan mempersiapkan sejak dini menejemen bisnis yang baik, serta memastikan bisnisnya bisa terus produktif dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan bagi yang tidak berprofesi sebagai pebisnis, sebaiknya pertimbangkan dari sejak dini, karena dari bisnis atau usaha ini kita bisa mendapatkan penghasilan yang berpotensi bisa di nikmati dalam jangka panjang atau bahkan di wariskan.

Baca juga artikel usaha yang cocok dijalankan dimasa pensiun