Kupas Tuntas Cara Berjualan Online


Seiring dengan bertumbuhnya masyarakat yang mengakses internet, berjualan didunia maya sangat menjanjikan banyak keuntungan, pasalnya belanja online kini sudah semakin tidak asing lagi dilakukan. Kemunculan banyak marketplace diantaranya TOKOPEDIA sekarang ini membuka peluang untuk siapa saja yang ingin menjalankan bisnis berjualan secara online dengan mudah.

Oleh karenanya tak mengherankan jika para pelaku usaha yang membuka toko onlinenya di TOKOPEDIA jumlahnya kian hari kian bertambah. Dari mulai produk fashion, furniture, kosmetik, elektronik hingga makanan dan minuman semua dapat ditemukan dengan mudah.

Bagi anda yang saat ini sedang ingin memulai belajar bisnis toko online ataupun anda yang ingin mengembangkan bisnisnya ke dunia online, berjualan di tokopedia bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Apalagi untuk memulainya pun anda tidak perlu mempersiapkan hal yang rumit, cukup dengan memiliki akses internet dan perangkat untuk mengaksesnya bisa menggunakan laptop, PC atau bahkan hanya menggunakan smartphone.

Untuk mempermudah, berikut kami pun akan memberikan step by step cara daftar toko online di Tokopedia.

1. Anda wajib terdaftar terlebih dahulu untuk membuka toko di Tokopedia, jika belum melakukannya bisa langsung kunjungi langsung situs tokopedia.com. Pada bidang kanan sebelah atas terdapat tombol “Daftar”, klik tombol tersebut lalu anda akan dibawa pada halaman Register akun. Silahkan isikan data-data yang diminta dihalaman tersebut dan klik “Daftar Akun”

tokop1

2. Selanjutnya anda akan dikirimkan link untuk aktivasi akun lewat email yang tadi digunakan untuk pendaftaran. Buka email masuk dari Tokopedia tersebut, didalamnya anda bisa klik tombol “Aktifkan Akun Anda” atau bisa juga dengan menyalin kode lalu masukan ke halaman aktivasi akun tokopedia.

tokop2

3. Langkah selanjutnya Tokopedia pun memerlukan verifikasi no telepon yang anda gunakan. Maka dihalaman selanjutnya anda akan diminta memasukan kode OTP yang akan dikirim ke no telepon yang anda masukan tadi saat pendaftaran (langkah 1).

Untuk mendapatkan kode OTP, silahkan klik “Kirim Kode Verifikasi”, lalu anda akan mendapatkan kode OTP yang dikirim via SMS. Setelah menyelesaikan langkah ini, berarti anda telah memiliki akun Tokopedia.

tokop3

4. Untuk dapat mulai berjualan kita harus membuka sebuah toko di Tokopedia, Untuk memulai langkahnya arahkan kursor ke bidang kanan sebelah atas pada logo TOKO dan akan terdapat pilihan “Buka Toko”, klik tombol tersebut.

tokop4

5. Selanjutnya ada akan diminta mengisi nama toko yang akan anda gunakan. Silahkan gunakan nama toko dan domain toko yang dikendaki lalu klik tombol “Buka Toko Sekarang”. Jika nama dan domain sudah benar karena tidak bisa diganti ketika sudah di simpan.

tokop5

6. Di halaman berikutnya kita harus memberikan beberapa informasi berupa Slogan,deskripsi dan juga logo toko. Lalu kita pun perlu memasukan data lokasi darimana nantinya barang dagangan akan dikirim beserta pilihan layanan jasa pengiriman yang akan digunakan.

tokop6

7. Selesai, selamat Toko anda di Tokopedia telah dibuka, anda sudah dapat menjajakan barang dagangan disana.

tokop7

Seperti menjalankan usaha berjualan di toko fisik pada umumnya, di awal-awal usaha untuk berhasil melakukan penjualan pastinya akan membutuhkan perjuangan. Namun tidak seperti pada toko fisik, di toko online kita perlu melakukan promosi yang lebih intensif untuk dapat menjaring calon konsumen. Untungnya di Tokopedia juga sudah terdapat fitur-fitur promosi toko yang dapat meningkatkan penjualan. Misalnya saja fitur Gold Merchant dan Top Ads.

Baca Juga Tips Dan Strategi Jitu Jualan Laris Di Tokopedia

Sebagai tips tambahan dari kami usahakan untuk bisa menjajakan produk yang berkualitas, unik dan menarik serta bandrol harga yang dapat bersaing dengan toko lain.