Kuliner Paling digemari dibulan Ramadhan, Inspirasi Untuk Berbisnis

Bulan Ramadhan menawarkan potensi besar bagi mereka para pelaku usaha, berbagai bidang dipastikan mengalami peningkatan signifikan dalam hal penjualan. Salah satu bidang tersebut yakni bidang usaha kuliner yang setiap tahunnya di bulan seperti ini ramai di serbu peminat.

Menariknya, berbisnis kuliner di bulan Ramadhan dapat dijalankan oleh mereka yang berminat menjalankan bisnis musiman yang hanya dilakukan sepanjang bulan ini saja. Malah justru pelakunya lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang memang bergerak dibidang ini secara permanen.

Sering kita lihat, pelaku usaha yang dibulan lain tidak berjualan makanan atau bahkan bukan pelaku usaha sama sekali, di bulan Ramadhan menjajakan aneka produk ini untuk meraup keuntungan.

Meski hanya musiman, jangan anggap remeh terlebih dahulu akan hasil yang bisa diperoleh. meskipun waktu berjualan cukup terbatas, karena umumnya hanya dimulai pada waktu menjelang berbuka puasa, namun sebab peminatnya yang membeludak pundi-pundi rupiah yang besar pun bisa masuk saku dengan lancar.

Tertarik menjalani bisnis kuliner musiman ini ? Berikut sebagai inspirasi kami rangkum beberapa kuliner yang paling digemari masyarakat di bulan Ramadhan yang mungkin saja bisa manjadi ide tambahan menu yang akan di jual.

Kuliner dibulan Ramadhan

Sop Buah

Hampir jarang dijumpai di bulan-bulan lainnya, kuliner Sop buah menjadi salah satu hidangan yang paling di cari saat menjelang waktu berbuka. Tidak jarang diwaktu seperti ini pedagang yang jajakannya diserbu hingga terjadi antrian karena saking banyaknya permintaan.

Untuk memulai usaha ini terbilang mudah, anda bisa bekreasi dengan beberapa macam potongan buah seperti melon, mangga, anggur, buah naga, apel dan sebagainya. Dengan siraman kuah air es dan susu, sudah bisa disajikan kepada pelanggan.

Kolak

Yang satu ini sudah pasti hanya dapat kita temui dibulan suci seperti ini, dibulan lain kuliner ini tidak dapat dijumpai lagi. Maka dari itu peminatnya pun menjadi sangat antusias untuk membeli.

Advertisement

Beraneka ragam kolak yang sering dijumpai, seperti kolak pisang, kolang kaling, ubi, singkong dan lain-lain. Semakin beraneka ragam jenis kolak yang anda tawarkan, membuat pembeli lebih dimanjakan karena suguhan yang bervariasi dan mengundang rasa penasaran mereka untuk membeli kembali di esok hari.

Gorengan

Yang umumnya disajikan pada acara berbuka puasa setelah menikmati kuliner manis, salah satunya adalah gorengan ini. Selain bisa di santap secara langsung, seringkali gorengan juga dijadikan lauk pauk tambahan masakan lain. Tidak heran, gorengan pun di sore hari menjadi sasaran untuk dibeli.

Beberapa contoh gorengan yang bisa dijajakan diantaranya seperti tahu goreng, bakwan, tempe goreng, pisang goreng dan banyak lagi jenis yang lainnya. Agar pembeli tidak bosan, andapun bisa berinovasi menawarkan aneka gorengan unik atau yang jarang ditemui ditempat lain.

Aneka Masakan Rumahan

Jika beberapa kuliner diatas biasanya menjadi menu untuk takjil atau makanan ringan ketika berbuka puasa saja, alternatif lain kuliner yang bisa dijual selanjutnya adalah menu kuliner untuk makanan utama.

Aneka masakan rumahan seperti opor, rendang, ayam goreng, sate, dan tentunya banyak lagi yang lain juga akan banyak diminati dibulan ini. Alasannya, bagi beberapa orang membuat masakan sendiri dirumahnya bisa cukup menyita waktu terutama untuk mereka yang jadwal kegiatan sehari-harinya padat. Membeli masakan jadi adalah menjadi solusi agar lebih praktis.

Baca Juga Artikel :

Beberapa menu diatas, setiap tahunnya sudah tidak asing lagi seringkali menghiasi etalase jualan para pedagang dibulan Ramadhan. Dan bagi mereka yang berminat melakukan usaha musiman berjualan kuliner dibulan ini, menu tersebut tergolong mudah untuk dibuat tanpa perlu keterampilan mendalam. Jadi sangat mudah untuk dipelajari dalam waktu singkat….

Semoga Terinspirasi.