Kucing Maine Coon, Peliharaan Bernilai Fantastis

Kucing telah lama menjadi salah satu hewan yang disenangi untuk dipelihara dirumah. Dan tidak sedikit dari para penghobinya yang selain memelihara juga menjadi seorang penjual dan bahkan peternak atau sering disebut dengan breeder, terutama untuk jenis-jenis kucing ras yang dikenal berharga jual tinggi.

Jika sebelumnya jenis kucing yang populer tersebut didominasi oleh ras persia dan anggora. Beberapa tahun kebelakang muncul juga ras baru yang dikenal dengan kucing Maine Coon yang mulai digandrungi banyak pecinta kucing di Indonesia.

Tidak kalah tinggi nilainya dengan ras sebelumnya, harga kucing maine coon juga berbandrol nilai rupiah yang fantastis alias berharga mahal. Di pasaran saat ini harga anakannya yang kerap di perjual belikan berada di angka 8 sampai 12 jutaan perekornya.

Yang membuatnya memiliki nilai cukup tinggi, diantaranya kelebihan kucing ini yang mampu tumbuh dengan ukuran tubuh yang besar diatas rata-rata ukuran kucing pada umumnya. Tercatat pada umur dewasa ada yang hingga mencapai panjang keseluruhan 1,2 meter dengan bobot tubuh belasan kilogram.

Selain itu, karakter bulu tebal dan halus yang dimilikinya juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para penggemarnya.

Kucing Maine Coon

Butuh Modal Besar Untuk Memulai Bisnis Kucing Maine Coon

Tertarik menjadi seorang breeder Maine Coon dan menjalani bisnisnya ? Pesiapkan modal yang cukup besar untuk memulainya…, Pasalnya untuk harga seekor pejantan maine coon import berada dikisaran 40 jutaan rupiah.

Belum lagi biaya perawatan terutama untuk penyedian pakan yang tidak boleh sembarangan. Harga pakan kering kucing rata-rata yang digunakan adalah berkisar 100 ribu rupiah untuk 1,5 Kg nya. Sedangkan untuk satu ekor kucing, pakan dengan jumlah tersebut hanya cukup untuk sekitar 10 harian.

Dan tentu saja sebagai variasi pakan, perlu disediakan juga pakan jenis lain seperti pakan basah yang dijual kalengan dan harganya yang lebih mahal.

Perkiraan jangka waktu yang diperlukan hingga bisa sampai menjual anakan ialah sekitar 6 bulan jika dimulai dari indukan yang telah berumur 1 tahun atau yang sudah siap kawin. Dengan perkiraan rincian 2 sampai 3 bulan untuk masa kucing mengandung hingga melahirkan, dan 4 bulan sisanya untuk pembesaran anakan.

Rata-rata anakan yang bisa dihasilkan dari satu indukan untuk satu kali masa perkawinan ialah sekitar 3 sampai 4 ekor kucing maine coon.

Dari analisa perkiraan modal tersebut, dapat diasumsikan bahwa bisnis ini bukanlah bidang yang sembarangan karena membutuhkan nilai modal yang cukup besar. Pengalaman serta pengetahuan yang mendalam mengenai cara perawatan kucing maine coon yang benar, mutak diperlukan sebelum akan terjun memulai bisnis ini.

Baca juga artikel :

Selain itu, dalam hal pemasaran juga tidak kalah sulit untuk dilakukan. Karena harga jualnya yang tinggi tadi membuat pasar konsumen yang tersedia sangatlah terbatas. Akan dibutuhkan hubungan yang baik dengan para pecinta kucing, seperti dalam komunitas ataupun harus aktif di berbagai event pameran atau kontes kucing yang sering di adakan di kota-kota besar.