Kota-kota Terkaya Di Indonesia Selain Jakarta

Indonesa merupakan sebuah negara yang luas dan memiliki kekayaan alam melimpah, bahkan tidak sedikit kekayaan alam yang ada di bumi Indonesia tidak dapat ditemui di negara lain.

Kota-kota di Indonesia yang jumlahnya mencapai puluhan pun tidak sedikit yang di nobatkan sebagai kota terkaya dan termaju dibanding kota lainnya.

Tinggal salah satu kota terkaya di Indonesia boleh menjadi salah satu kebanggaan tersendiri. Pasalnya perekonomian di kota seperti itu umumnya cukup pesat sehingga bukan tidak mungkin dapat menjadi pengaruh baik untuk bisnis yang kita jalankan.

Apakah kota yang kita tinggali termasuk dalam daftar berikut ? Inilah 10 kota-kota kaya yang ada di Indonesia selain ibu kota Jakarta.

kota Terkaya Di Indonesia

Kota Bontang

Kota yang memiliki luas wilayah sekitar 497,6 km persegi ini banyak di sebutkan sebagai kota terkaya yang ada di Indonesia.

Salah satu yang menyebabkannya di sana tersedia sumber daya alam melimpah terutama gas alam cair. Banyak industri-industri besar yang didirikan di sana tentunya sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan sumber daya alam.

Selain terdapat perusahaan gas cair berskala besar, di kota Bontang juga terdapat perusahaan pupuk ternama yakni PT. Pupuk Kaltim yang mampu memproduksi ratusan ribu ton pupuk.

Kota Kediri

Kota kediri memiliki nilai sejarah yang penting di masa lampau, pasalnya kota ini termasuk kedalam salah satu kota kerajaan yaitu kerajaan Kediri yang di pimpin oleh Raja Jayabaya.

Saat ini Kota Kediri pun masih menunjukan kejayaannya dengan mampu menjadi salah satu kota terkaya yang ada di Indonesia.

Meski memiliki luas wilayah yang tidak terlalu besar namun kota ini di sangga sektor industri yang cukup besar, tiada lain karena adanya industri tembakau yang berkembang pesat di kota tersebut.

Kota Surabaya

Sering dikatakan juga sebagai kota metropolitan selain Jakarta, Kota Surabaya menjadi salah satu kota terbesar dan termaju yang ada di Indonesia.

Seperti kebanyakan kota besar lainnya yang menjadi penompang perekonomian di Surabaya di gawangi oleh industri perdagangan, perhotelan, hingga transportasi. Sehingga kota ini pun banyak dinilai sebagai tempat strategis untuk berinvestasi.


Alasan utama Kota Surabaya sangat cocok untuk berinvestasi diantaranya karena sarana penunjang perekonomian di kota ini sudah tersedia cukup lengkap termasuk daya beli masyarakatnya yang memupuni.

Kota Medan

Selain Surabaya, Kota Medan pun digadang sebagai salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia dan Kota ini pun menjadi salah satu penompang perekonomian penting di provinsi Sumatera.

Kota Medan menjadi salah satu kota yang strategis untuk berdagang baik itu antar daerah ataupun antar negara karena letaknya yang berada di pinggir selat Malaka, Tak heran banyak pedangang di sana cukup sukses menjalankan bisnisnya.

Di sana juga terdapat sebuah bandara terbesar kedua setelah setelah Soekarno Hatta yakni bandara Kualanamu dengan luas lahan tercatat hingga 1.365 hektar.

Kota Bandung

Kota Bandung yang merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Barat memiliki luas wilayah sebesar 176.239 km persegi dengan jumlah kepadatan penduduk sekitar 3 juta jiwa.

Di kota besar yang satu ini dikenal banyak bermunculan para pengusaha muda kreatif dari industri fashion, jasa, kuliner hingga pariwisata. Dengan maraknya industri tersebut banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan di kota ini.

Terlebih pada bidang fashion dan kuliner yang belakangan semakin pesat berkembang, jarak yang cukup dekat dari ibu kota Jakarta membuat kota ini menjadi sasaran untuk berlibur masyarakat dari sana.

Baca Juga Peluang Usaha Menguntungkan Di Kota Bandung

Kota Yogyakarta

Mendapatkan gelar kota Istimewa, Yogyakarta pun sangat pantas menjadi salah satu kota terkaya yang ada di Indonesia. Kota ini di anugerahi berbagai keindahan alam yang luar biasa dari mulai gunung hingga pantai yang indah.

Tidak mengherankan jika sektor pariwisata di sana mendapatkan keunggulan sehingga menjadi salah satu tempat tujuan berwisata yang di idam-idamkan banyak orang.

Selain sektor pariwisatanya, kota ini pun unggul di bidang pendidikan hingga mendapatkan julukan kota pelajar karena mampu menunjang kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca Juga Ulasan Bisnis Orang Terkaya Di Indonesia

Bagaimana apakah ada diantara pembaca yang tinggal di kota-kota terkaya di atas ? Semoga saja dengan semakin pesatnya perkembangan pembangunan di kota kita dapat membawa nilai positif untuk masyarakatnya dalam menjalankan bisnis.