Komoditas Ekspor Indonesia Yang Diunggulkan

Kita sebagai rakyat boleh berbangga karena cukup banyak komoditas ekspor Indonesia yang menjadi unggulan di berbagai belahan dunia. Meski sekarang ini juga sedang berlangsung cukup gencar produk impor yang masuk kenegara kita.

Pada setiap tahunnya produk Indonesia dari berbagai komoditas terus mengalami peningkatan penjualan, dan tidak sedikit diantaranya yang sudah memilki tempat tersendiri di pasar internasional. Pemerintah pun terus mengupayakan untuk mendorong komoditinya agar semakin meningkat.

Sebagian kebijakan pemerintah yang mendukung sektor ini diantaranya dengan terus meningkatkan promosi ke luar negri, seperti dengan cara mengadakan berbagai pameran di mancanegara. Juga dengan cara menjalin kerjasama ekonomi bersama negara-negara maju.

Beberapa diantara komoditi ekspor yang sekarang ini menjadi unggulan adalah sebagai berikut :

Komoditas Ekspor Indonesia

  • Tekstil Dan Produk Tekstil ( TPT ) 

Barang yang dihasilkannya meliputi bahan baku seperti serat dan benang hingga produk jadi seperti pakaian dan sejenisnya. Prediksi pertumbuhannya dipastikan terus meningkat karena konsumsi di seluruh dunia yang semakin tinggi. Negara-negara tujuan dari komoditi ini diantaranya adalah Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Turki, Inggris, Korea Selatan, Malaysia, Italia dan lain sebagainya.

  • Elektronik

Banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa produk elektronik hasil negara kita cukup banyak yang di ekspor keluar negri. Dantaranya produk seperti panel-panel elektronik, peralatan audio dan video, komponen listrik, baterai dan aki, peralatan elektronik perkantoran dan lain-lain. Negara tujuan untuk produk elektronik ini seperti Singapura, Belanda, Korea, Uni Emirat Arab dan Vietnam.

  • Karet Dan Produknya

Meski banyak negara-negara maju telah berhasil menciptakan produk karet sintetis, karet murni dari perkebunan Indonesia kualitasnya masih sulit tertandingi. Dan negara kita pun menjadi salah satu yang bisa menghasilkan karet dengan jumlah yang besar. Negara yang mengkonsumsi karet dan produk karet dari Indonesia diantaranya Korea Selatan, Kanada, India, Prancis, Amerika Serikat, Argentina dan Australia.

  • Sawit

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang mengekspor produk sawit terutama ke pasar eropa. Tercatat lebih dari 26 negara besar di eropa yang kini mengimport produk ini. Sebagian diantaranya seperti Belanda, Swedia, Rusia, Inggris, hingga Yunani.

Hasil produksi dari komoditi ekspor yang satu ini kebanyakan berupa minyak sawit sebagai bahan baku penting untuk beragam produk seperti bahan baku minyak goreng, margarine, sabun, kosmetika, produk farmasi hingga digunakan juga pada industri baja.

Advertisement
  • Hasil Hutan

Produk hasil hutan yang kebanyakan di ekspor diantaranya berupa kayu, furniture, dan juga paper. Indonesia sebagai negara kepulauan dan memiliki hutan yang luas tentu memiliki kekayaan alam yang melimpah. Maka tidak heran jika nilai ekspor dari sektor ini mencapai lebih dari USD 5 Miliar pada setiap tahunnya. Beberapa negara yang kita pasok untuk hasil hutan ini diataranya Jepang, Amerika Serikat, Saudi Arabia, Australia, India dan Prancis.

  • Alas Kaki

Komoditas alas kaki yang ekspor terdiri atas beberapa kategori, diantaranya kategori alas kaki untuk safety atau produk keamanan, sport, dan mode. Contohnya seperti sepatu bot, sepatu olah raga, sandal dan sepatu hak tinggi, dengan berbagai bahan dari mulai kulit, karet, dan juga plastik. Banyak negara yang menjadi tujuan ekspor produk ini sebagian diantaranya Meksiko, Singapura, Australia, Belgia dan Jerman.

Baca juga menguak potensi bisnis kerajinan kulit di indonesia

  • Produk Otomotif

Industri otomotif disebut-sebut memiliki potensi besar dan akan menjadi komoditas ekspor Indonesia yang di unggulkan. Diantara produkunya seperti kendaraan roda empat juga roda dua beserta komponennya, kendaraan tempur, traktor dan lain-lain. Destinasi tujuan dari komoditi ini diantaranya Thailand, Vietnam, Taiwan,

  • Udang

Komoditi udang asal Indonesia beberapa tahun terahir telah berhasil mengalahkan jumlah ekspor negara lain seperti India yang sebelumnya menguasai pasar negara Amerika. Udang juga saat ini menjadi produk utama hasil laut dan perikanan negara kita. Selain Amerika negara lain yang mengkonsumsi komoditas ini seperti Jepang, China, Hongkong, Malaysia dan sebagainya.

  • Kakao

Kakao atau biji coklat yang telah dikeringkan dan melewati berbagai proses seperti fermentasi dan ekstraksi, merupakan bahan dasar berbagai produk coklat dan juga makanan lainnya. Komoditas yang satu ini sangat di gemari negara-negara seperti Spanyol, Kanada, Jepang, Amerika, Selandia Baru dan sebagainya.

  • Kopi

Menjadi salah satu negara terbesar dengan predikat pengekspor kopi, Indonesia memiliki berbagai jenis kopi unggulan yang berkualitas. Seperti Robusta, Mandaling, dan varietas spesial seperti kopi toraja, aceh dan kopi luawak yang di kenal memiliki nilai jual paling tinggi di dunia. Kopi yang di hasilkan dari ekstraksi biji didalam pencernaan hewan luwak ini sangat langka di pasar internasional sehingga harga jualnya menjadi mahal. Lebih dari 70% produksi kopi Indonesia di ekspor keberbagai negara dari mulai Jepang, Afrika, hingga Amerika.

Baca juga contoh bisnis indonesia yang berhasil mendunia

Itulah diantaranya beberapa komoditas ekspor Indonesia yang di unggulkan dari berbagai sektor seperti industri, pertanian dan kelautan. Semoga bisa memperkaya pengetahuan kita semua