Kiat Sukses Investasi Emas Syariah

Investasi emas syariah saat ini telah banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Investasi merupakan sebuah cara untuk menyimpan aset yang anda miliki dengan tujuan jangka panjang. Karena inilah, saat ini emas banyak dipilih sebagai investasi seseorang karena nilai emas akan terus naik dari tahun ke tahun.

Selain itu, emas memiliki keuntungan lain, yakni karena diinginkan banyak orang, emas dapat dijual kapanpun dengan lebih mudah, berbeda dengan investasi jangka panjang lainnya seperti tanah.

Emas juga cenderung lebih mudah disimpan meskipun tentu emas juga rawan dicuri karena nilainya yang tinggi.

kiat Investasi Emas Syariah

Cara Investasi Emas Syariah

Jika anda pun tertarik untuk melakukan investasi emas syariah, maka ada beberapa cara yang dapat anda lakukan dan perlu diperhatikan.

Secara umum, kapanpun anda membeli emas tidak terlalu menjadi masalah, karena jika anda mau bersabar setidaknya setahun, maka dapat dipastikan emas yang anda beli telah mengalami kenaikan harga yang dapat mencapai hingga 20%.

Cara menghitung keuntungannya pun mudah, cukup dengan mencari selisih harga beli dan harga jual. Selanjutnya, ada juga dapat menabung emas sesuai dengan rencana pengeluaran jangka panjang anda.

Rencana pengeluaran ini selanjutnya dikonversikan ke dalam bentuk emas. Contohnya, anda membutuhkan 100 juta yang setara dengan 200 gram emas, maka anda perlu menabung emas hingga mencapai jumlah 200 gram.

Advertisement

Dengan demikian, beberapa tahun kemudian, anda tinggal menjual emas tersebut. Jika perhitungan anda tepat, anda bahkan dapat mendapatkan uang yang melebihi target.

Bagi anda yang telah memiliki emas sebelumnya, emas ini juga dapat dijadikan modal usaha anda. Namun tentu bukan dengan menjual semua emas yang anda miliki secara langsung.

Langkah untuk melakukan investasi emas syariah ini adalah dengan menggadaikan emas tersebut. Tentu sebelum melakukan hal ini, anda sudah harus memiliki rencana bisnis yang matang hingga ke perhitungan keuntungan.

Hal ini penting karena jika anda menggadaikan emas tersebut, maka anda juga harus memikirkan biaya cicilan dari pegadaian. Membawa emas ke pegadaian adalah langkah yang tepat karena pegadaian biasanya memberi nilai gadai paling tinggi serta biaya gadai paling rendah.

Baca juga kiat merencanakan tabungan keuangan untuk masa depan

Investasi Emas Syariah dengan Cicilan

Melihat antusiasme dan kesadaran masyarakat untuk melakukan investasi emas syariah yang sudah cukup tinggi, saat ini bahkan sebuah bank seperti Bank Mandiri, menyediakan sistem pembelian emas dengan cara cicilan.

Melalui program ini, anda cukup menyisihkan sedikit uang setiap harinya, atau setiap bulan, karena pembayaran cicilan akan dilakukan setiap bulan sesuai dengan kesepakatan, di mana minimal jumlah emas adalah 10 gram dan jumlah pembiayaan maksimalnya adalah 150 juta rupiah.

Dengan demikian akan mempermudah anda untuk melakukan investasi emas karena anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar sekaligus untuk membeli emas.

Baca juga tempat terbaik membeli emas batangan