Kiat Merencanakan Tabungan Keuangan Untuk Masa Depan

Terkadang kita merasa tidak semangat untuk merencanakan keuangan di masa depan, padahal hal ini sangatlah penting untuk di lakukan demi menjaga kelangsungan seluruh anggota keluarga nantinya. Banyak alasan yang melatar belakangi kurangnya memperhatikan perencanaan keuangan ini, paling sering karena masih kurangnya penghasilan untuk mencukupi kebutuhan jangka pendek yang dihadapi. Sehingga jangankan mereka berfikir untuk menyiapkan tabungan demi masa depan, untuk hari ini saja sudah pas-pasan.

Pada prinsipnya berapapun penghasilan yang di dapatkan, jika tidak diatur dengan baik maka hasilnya tidak akan pernah mencukupi kebutuhan sehari-hari, paling sering diakibatkan karena banyak pengeluaran yang tidak masuk dalam keperluan pokok.

Banyak kedapati seseorang yang memiliki penghasilan perbulan hingga puluhan juta namun sama sekali tidak bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung, bahkan terkadang masih memerlukan pinjaman. Sebaliknya ada juga seseorang yang berpenghasilan hanya 2 juta perbulan tetapi masih bisa meyisihkan meski ratusan ribu saja untuk tabungan.

Hindari Budaya Boros

Sebagian orang tidak menyadari jika pada rutinitasnya sehari-hari banyak kebutuhan yang senarnya tidak terlalu penting, namun selalu di lakukan. Ini harus di analisa oleh setiap diri masing-masing dan segera hentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Jika saja kita bisa mengurangi pengeluaran tidak penting tersebut dan sejumlah uangnya di alihkan untuk perencanaan keuangan di masa depan, maka sedikit demi sedikit kita akan bisa memiliki tabungan yang sangat bermanfaat nantinya.

Harus ditanamkan bahwa masa depan anak dan cucu adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua, keperluan pendidikan mereka harus menjadi prioritas, terlebih lagi biaya yang dibutuhkan untuk pendidikan tersebut tidaklah murah.

merencanakan tabungan masa depan

Baca juga memilih jenis investasi yang menguntungkan

Menabung Untuk Investasi

Hasil dari kita menyisihkan sebagian penghasilan untuk di tabung selanjutnya harus bisa kita putar agar lebih menghasilkan nilai yang lebih besar, caranya dengan berinvestasi. Ini harus di lakukan untuk menjaga merosotnya nilai uang yang kita miliki. Sebabnya uang jika hanya di simpan meski nilainya tetap namun pada hakikatnya menurun akibatkan inflasi. Artinya jika kita sekarang memiliki sejumlah tabungan untuk pendidikan anak kuliah nanti misalnya 10 juta, di masa depan nilai tersebut tidak akan cukup untuk membiayainya karena nilainya terus meningkat.

Untuk mengamankan nilai uang tersebut banyak cara investasi yang bisa kita pilih, misalnya saja dengan berinvestasi saham, deposito, valas (valuta asing), hingga menabung dalam bentuk emas atau logam mulia. Dengan cara ini kita memiliki perlindungan terhadap nilai mata uang yang di miliki untuk kebutuhan perencaan keuangan di masa depan.

Baca juga artikel Cara Sukses Berinvestasi Emas Batangan