Keuntungan Berlimpah Dari Usaha Pembuatan Bedug

Bedug menjadi salah satu benda yang ikut meramaikan di bulan suci ramadhan ini, berguna sebagai alat pemberi kabar kepada umat muslim bahwa waktu sholat telah datang. Terlebih di saat menjelang adzan magrib suara bedug ini sangat dinanti masyarakat yang menunggu waktu berbuka puasa.

Khusus di bulan ramdhan, bedug juga menjadi lebih di butuhkan dari pada bulan-bulan lainnya. Selain menghiasi masjid-masjid, bedug juga sering di giring masyarakat yang hendak menyambut hari raya idul fitri. Menabuh bedug ibarat menandakan bahwa hari kemenangan sudah tiba, sebagai tanda dikembalikannya jiwa yang suci setelah sebulan lamanya kita berjuang dengan berpuasa memohon ampunan kepada yang maha kuasa.

Tidak sampai di situ, bedug juga di bulan ini menjadi alat yang dicari oleh berbagai perusahaan sebagai hiasan di depan perkantoran, hotel, mall hingga gedung-gedung bertingkat. Mereka juga ingin ikut memeriahkan bulan suci ini dengan menghadirkan dekorasi-dekorasi yang islami. Sebuah pemandangan yang tidak bisa kita jumpai dalam bulan-bulan lainnya.

usaha pembuatan bedug

Membuka Peluang Usaha Baru

Dengan begitu banyak di perlukannya bedug ini, mampu membuka peluang usaha yang begitu menguntungkan. Sebab belum begitu banyaknya pengrajin-pengrajin yang memproduksi, tidak jarang pada bulan puasa dan moment menjelang imlek, mereka kewalahan melayani konsumennya, baik itu orderan yang datang dari perorangan hingga perusahaan-perusahaan. Khusus bagi kebanyakan perusahaan, karena bedug ini hanya di perlukan untuk mengisi waktu di bulan puasa saja, umumnya mereka mendapatkan beduk dengan cara menyewanya kepada pengrajin, Sistim yang di pakai dengan cara sewa bulanan.

Advertisement

Dalam pembuatannya bedug ini kini di produksi dengan cara yang lebih modern. Untuk memproduksi sebuah beduk dari kayu utuh yang biasanya menggunakan bahan pohon waru atau trambesi, kini pengrajin bisa membuatnya dengan mesin bubut ukuran besar, selain mempercepat proses produksi juga bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Untuk beduk dengan jenis yang di buat dari kayu utuh tersebut pengrajin menawarkannya dengan kisaran harga 5 hingga 35 juta rupiah, tergantung ukuran diameter yang di pesan, selain itu konsumen juga di tawarkan dengan jenis beduk dari kayu rakitan, harganya pun beragam tergantung dari ukuran.

Baca juga berjualan aneka takjil ramadhan

Baca juga peluang usaha yang berpotensi di bulan ramadhan

Rental Dan Reparasi Beduk Pun Di Butuhkan

Seperti yang sudah di ulas tadi, konsumen yang menyewa beduk ini kebanyakan datang dari segmen perusahaan. Tidak main-main, kebutuhan rentalan beduk ini meningkat tajam pada bulan puasa. Tidak jarang pengrajin yang menyediakan stok puluhan beduk untuk di sewakan, ludes di tersewa, bahkan banyak konsumennya yang tidak kebagian, hingga di terapkan kepada konsumen yang ingin menyewa beduk, di wajibkan memesan minimal sebulan sebelumnya, jika mendadak dapat di pastikan meraka tidak akan kebagian.

Tarif sewa yang di kenakan umumnya berkisar antara 3 hingga 4 juta untuk satu beduk dalam jangka waktu sebulan, selain itu pula, banyak konsumen perusahaan yang membutuhkan sewaan secara borongan, untuk minimal penyewaan hingga lima unit beduk pun di kenakan tarif yang lebih murah di banding dengan sewa satuan.

Konsumen lainnya dalam usaha pembuatan beduk ini adalah datang dari pengguna yang telah memiliki beduk dan ingin mengreparasinya, pengrajin pun menerima orderan seperti ini, perbaikannya meliputi pergantian kulit, perbaikan body, hingga pergantian ataupun penambahan aksesoris beduk agar tampilannya menjadi lebih segar kembali. Untuk order seperti ini pengrajin tidak dapat mematok harga khusus, biaya tergantung dari kerusakan serta penambahan aksesoris yang di inginkan konsumen.

Bagaimana anda tertarik untuk ikut meramaikan bisnis bedug ini…?

Sumber : bisnis.com