Ketika Buka Usaha Warung Kopi, Eksplor Hal Menarik Ini Biar Tambah Ramai!

Usaha warung kopi memang tak ada matinya. Dimanapun tempatnya kopi memang selalu dicari. Untung dari jualan kopi bisa dikatakan cukup lumayan atau bahkan lebih dari yang diharapkan ketika warung sedang ramai.

Tapi ketika warung sedang sepi, keuntungan ikut lesu atau malah tidak dapat sama sekali. Jika ingin warung kopi anda selalu jadi ‘ampiran’ para penikmat kopi, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kreatifitas, keunikan, pemahaman tentang kopi itu sendiri, dan manajemen warung merupakan beberapa kunci dari bisnis warung kopi.

Buka Usaha Warung Kopi

Eksplorasi Rasa Itu Wajib. Lakukan Sampai Lelah!

Sama-sama kopi di tempat A dan B belum tentu rasanya sama, meskipun bahan dan cara penyajian sama. Jika anda benar-benar serius soal rasa kopi, maka anda tidak akan pernah berhenti untuk meracik demi menemukan cita rasa yang paling mantab. Suhu air, cara penyeduhan, tempat merebus air, dan takaran gula sangat mempengaruhi cita rasa kopi yang anda buat. Terus lakukan eksplorasi dan jangan lupa minta pelanggan untuk mencicipi.

Datangkan Kopi Dari Berbagai Daerah

Kopi dari Indonesia katanya adalah varietas unggulan dengan varian rasa yang bermacam-macam dengan cita rasa paling nikmat. Yang paling terkenal ada kopi Merapi, kopi Gayo, kopi Sidikalang, kopi Wamena, kopi Ijen Raung (Bondowoso) dan kopi Toraja.

Belum lagi ada kopi Hijau asli Tulungagung dan kopi Luwak (banyak diproduksi di kawasan Gunung Ijen Bondowoso Jawa Timur) yang konon rasanya lebih mantab dan memiliki banyak khasiat herbal.

Baca Juga Mengenal Kopi Hijau Beserta Potensi Bisnisnya

Dari semua jenis kopi di atas, kopi Hijau asal Tulungagung memiliki keunikan rasa beda dari yang lain, karena ada campuran kacang hijau di dalamnya. Di Tulungagung sendiri ‘ngopi’ sudah menjadi sebuah tradisi dan anda bisa menemukan warung kopi dengan mudah siang dan malam.


Sebagai pelaku usaha warung kopi, setidaknya anda wajib mencicipi rasa kopi dari daerah-daerah yang disebutkan. Kalau perlu hadirkan lebih dari satu menu kopi dari daerah yang berbeda.

Sejatinya Kopi Itu Unik, Jangan Sampai Warungmu Tidak Ikutan Unik

Tidak ada satupun minuman yang popularitasnya menandingi kopi. Kopi hadir diseluruh belahan dunia. Karena keunikannya itulah jangan sampai anda menjual dengan cara biasa-biasa saja agar penikmat kopi tidak bisa berpaling.

Unik bisa dilihat dari segi mana saja termasuk cara penyajian. Teknik modern atau tradisional tidak akan menjadi soal, yang terpenting anda menguasainya.

Sebagai inspirasi, di daerah Cepu Jawa Tengah bagian timur ada kopi yang disajikan dengan cara unik namanya adalah kopi Kothok. Gelas kopi yang dipakai adalah mug blirik atau yang lebih dikenal dengan mug jadul berbahan seng.

Selain itu cara memasak kopi Kothok juga terbilang unik karena tidak diseduh akan tetapi langsung direbus bersama air dan gula menggunakan kuwali tanah di atas tungku arang.

Kalau Cukup Modal, Coba Intip Desain Warkop Yang Beda

Selain bicara tentang rasa, penikmat kopi juga butuh nuansa. Tapi jangan sampai terbalik, karena nuansa tidak akan pernah bisa menggantikan rasa.

Itulah sebenarnya kunci dari usaha warung kopi yang bisa bertahan dari banyaknya persaingan. Desain sifatnya dinamis dan bisa disesuaikan dengan trend yang ada. Desain di dalam bisnis warung kopi, gerai kopi ataupun kedai kopi sifatnya hanya pendukung bukan hal utama.

Baca Juga Usaha Kecil Warung Kopi Sederhana Yang Menguntungkan

Sediakan Space Untuk Komunitas

Merangkul komunitas adalah strategi yang sangat efektif untuk memperkenalkan usaha warung kopi. Pada tahap ini anda sudah tidak boleh lagi melakukan coba-coba apalagi terkait dengan rasa. Pastikan semuanya sudah matang dan semua konsep sudah terlaksana, sehingga mampu menciptakan impresi yang sulit dilupakan yang pada akhirnya akan menarik perhatian komunitas-komunitas lainnya.