Ketahui Manfaat Sedekah Untuk Kesuksesan Usaha

Suatu usaha tidak akan sukses apabila hanya mengandalkan aspek usahanya saja. Sebenarnya salah satu pekerjaan manusia ini sangat dipengaruhi oleh dua unsur yaitu aspek internal dan aspek eksternal.

Dari segi internal, salah satunya misalnya sedekah yang kita jalankan, adalah unsur ilahi yang tidak dapat dilogika kan oleh akal semata. Akan tetapi, keajaiban sedekah mampu memberikan pengaruh yang sangat besar dalam mewujudkan kesuksesan.

Dalam agama Islam khususnya, sedekah merupakan amal ibadah yang sangat dianjurkan dan banyak manfaatnya termasuk dalam menjalankan usaha. Secara nalar manusia, sedekah adalah mengeluarkan uang. Dengan demikian maka secara kasat mata, uang kita akan berkurang.

Akan tetapi ketika seorang muslim melibatkan keimanannya dalam berbisnis, maka prinsip itu tidak lagi berlaku. Justru sebaliknya, uang yang kita keluarkan untuk bersedekah akan mendatangkan manfaat, karena sesuai janji Allah SWT bahwa orang yang selalu mengeluarkan sedekah hartanya maka sebenarnya ia tidak sedang merugi, karena Allah akan menggantinya berkali-kali lipat dari jumlah sedekah yang dikeluarkannya.

manfaat sedekah untuk kesuksesan usaha

 

Namun begitu tidak selamanya sedekah ini akan selalu membuahkan hasil. Patut kita ketahui bahwa sedekah adalah juga bagian daripada doa, dan doa tersebut tentulah harus diawali dari dalam hati yang bersih.

Advertisement

Artinya ketika seorang pengusaha mengeluarkan sebagian hartanya untuk bersedekah maka hendaknya ia mengeluarkannya dengan hati yang bersih dan ikhlas tanpa ada niat lain. Dengan demikian maka Allah SWT akan mengganti pemberiannya tersebut dengan sesuatu yang lebih baik.

Apakah sesuatu yang lebih baik itu hanya berupa uang ?

Tentu tidak.., keajaiban sedekah ini tidak selamanya dibalas allah dengan berupa uang kembali. Artinya, bukan berarti ketika anda mengeluarkan sedekah Rp.100.000 maka Allah akan membalasnya dengan nominal yang sama atau lebih.

Prinsip hitungan sedekah adalah matematika Tuhan. Kita di beri kebaikan berupa kesehatan dan keselamatan pun bisa saja datangnya dari hasil sedekah yang kita lakukan, begitu pula saat kita di jauhkan dari kerugian yang mengancam usaha sangat mungkin adalah dari hasil ibadah kita yang berupa sedekah ini juga. Yang lebih diutamakan adalah aspek barokah untuk usaha yang sedang kita jalankan.

Sedekah, juga bermanfaat untuk memperluas rezeki. Secara tidak sadar, ketika kita sedang menjalankan usaha yang ramai di datangi pembeli, pernahkah kita berpikir siapa yang membuat pembeli-pembeli tersebut berdatangan dan memberikan rezeki kepada kita ?

Tentu jika dipikir secara nalar manusia hal itu akan menghasilkan kesimpulan yang kurang lengkap. Sebenarnya tidak ada satu pun juga usaha di dunia ini yang terlepas dari campur tangan Allah. Untuk itulah sebagai umat Islam dianjurkan untuk membantu orang lain dengan bersedekah sebagai bukti ketaatan hamba kepada Allah yang telah memberikan rezeki dan kebaikan kepada kita semua.

Untuk lebih meyakinkan diri kita, cobalah sesekali kita perhatikan para pengusaha-pengusaha yang lebih dulu di beri kesuksesan. Apakah kebanyakan dari mereka tidak mementingkan sedekah atau saling berbagi kepada sesama ? tidak, hampir rata-rata pengusaha sukses di dunia ini adalah orang yang perduli akan sesamanya. Meskipun ada, apakah kesuksesannya tersebut bisa di pertahankannya hingga selamanya..?

Semoga Menginspirasi…