Kesulitan Yang Sering Terjadi Saat Akan Berwirausaha

Bagi kita yang sama sekali tidak memiliki pengalaman berwirausaha biasanya akan mengalami kesulitan saat akan memulainya, ini umum terjadi pada banyak orang. Berbeda jika kita setidaknya pernah begelut di bidang wirausaha, akan lebih mudah menghadapi berbagai kendala terutama pada tahapan awal yang termasuk sulit untuk di lewati.

Yang menjadi kesulitan umumnya hampir sama terjadi pada setiap orang saat akan berwirausaha. Diantaranya yang sering terjadi adalah kesulitan modal, takut gagal, kurang percaya diri dan juga jaringan pemasaran. Juga masih banyak alasan-alasan lain tentunya.

Di artikel kali ini kita akan membahas beberapa kesulitan yang di sebutkan di atas, dan juga beberapa tips untuk mengatasinya :

Kesulitan Modal

Ide usaha sudah terbayang namun kesulitan akan pengadaan modal uang yang di miliki, ini paling banyak kita temui pada orang yang hendak berniat menjalankan wirausaha. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari pinjaman, akan tetapi bagi yang sama sekali tidak memiliki pengalaman berbisnis sebaiknya hindari cara ini, kecuali dana didapatkan dari pinjaman yang tidak harus segera di kembalikan seperti pinjaman dari sanak saudara.

Cara lainnya adalah dengan mencari mitra untuk bekerja sama, langkah ini dinilai lebih baik asalkan kita benar-benar mencari rekan yang bertanggung jawab dan saling percaya. Kita pun harus bisa memegang kepercayaan dengan baik apabila berhasil mendapatkan rekan seperti ini, buat proposal, rincian modal dan pembukuan yang jelas agar mereka tidak ragu untuk diajak bekerja sama, lalu jalankan usaha dengan benar-benar bertanggung jawab.

Baca juga artikel Modal Yang Harus Dimiliki Pebisnis Selain Uang

Takut Gagal

kesulitan saat akan berwirausaha

Advertisement

Berikutnya juga kesulitan yang sering terjadi kepada pemula saat akan berwirausaha, takut gagal terkadang menjadi kendala terbesar, bahkan tidak jarang hingga mereka mengurungkan niatnya untuk berwirausaha. Perlu di ingat dan di tanamkan benar-benar dalam hati, jika terus mengikuti perasaan ini maka kita tidak akan pernah berkembang. Asalkan perencaan dan riset telah di lakukan dengan baik, lawan rasa takut itu dan segera jalankan usaha dengan fokus dan tekun. Karena tidak ada lagi cara untuk mengatasi kesulitan ini, selain diri kita sendiri yang mampu untuk mengontrolnya.

Baca juga artikel Kenali Penyebab Kegagalan Bisnis Anda

Kurang Percaya Diri

Ada juga orang yang kurang percaya akan kemampuan yang dimilikinya sehingga menjadi kesulitan pada saat akan memulai wirausaha. Sebetulnya skill atau kemampuan dalam suatu bisnis tidak mutlak harus di kuasai dengan benar-benar matang, karena kita akan bisa mengatasinya dengan cara mencari sumber daya atau karyawan yang memiliki keterampilan lebih mahir dari kita.

Selanjutnya baru kita perdalam lagi skill yang kita miliki sambil usaha berjalan, terpenting kita bisa mengatur sumber daya yang di miliki dengan baik. Kemampuan ini yang seharusnya di miliki oleh pebisnis, dan cara untuk memilikinya hanya dengan terjun langsung pada bidang usaha yang di jalani.

Langkah Pemasaran

Pada tahap awal berwirausaha masalah pemasaran tentu saja akan menjadi kesulitan yang pasti terjadi. Maka dari itu kesulitan ini akan bisa mudah teratasi jika pada saat awal perencanaan bisnis kita lakukan riset terhadap pasar dengan baik, sehingga kita tinggal ikuti rencana pada riset tersebut.

Membentuk jaringan untuk menjalankan pemasaran harus di bangun dengan bertahap dan tentu saja akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bisa kita mulai dari kalangan yang ada di sekitar kita terlebih dahulu, lalu selanjutnya perluas secara bertahap ke pasar yang lebih besar.