Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Bisnis di Media Sosial

Bisnis secara online dengan memanfaatkan media sosial hingga kini masih menjanjikan, meski ditengah semakin maraknya marketplace bermunculan namun berbelanja di medsos masih tetap digemari karena penggunanya yang masih sangat tinggi.

Tidak hanya digunakan untuk menjual dan promosi, media sosial juga sangat efektif untuk menjalin hubungan dengan para calon pembeli karena memang sebetulnya media ini diciptakan untuk saling bersosialisasi.

Jika dilihat sekilas model bisnis dengan media sosial memang terihat dapat dilakukan dengan mudah. Namun begitu tidak dalam kenyataannya, tidak sedikit mereka yang baru saja mencoba akan tetapi kandas di tengah jalan.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam berbisnis di media sosial berikut ini mungkin saja dapat menjadi masukan agar terhidar dari kegagalan.

Kesalahan Dalam Bisnis di Media Sosial

Melakukan Cara yang Curang

Sudah bukan rahasia lagi akun media sosial saat ini dapat di manipulasi dengan cara yang tidak baik agar dimata calon pembeli terlihat memiliki reputasi positif.

Misalnya saja melakukan pembelian follower agar akunnya terlihat populer yang padahal hanya berisikan follower palsu. Atau menggunakan like bayaran agar konten yang dibuatnya terlihat bermanfaat sehingga menarik untuk di beli.

Cara-cara tersebut tentunya sangat tidak disarankan untuk dipilih. Pasalnya pengguna media sosial saat ini sudah semakin jeli dan mengerti, mereka dapat dengan mudah mengenali mana akun yang benar-benar memiliki reputasi yang baik.

Baca Juga : Boom Like Facebook, Trik Sesat yang Merugikan

Tidak Fokus Ke Salah Satu Media Sosial

Platform media sosial yang ada saat ini cukup banyak jumlahnya, di Indonesia sendiri sebut saja ada Instagram, Facebook, Twitter, Youtube yang sedang populer digunakan. Meski media sosial tersebut rata-rata ramai penggunanya bukan berarti kita harus menggunakan semuanya untuk menjalankan berbisnis.


Salah-salah bukannya bisnis bisa berjalan, namun sebaliknya justru banyaknya media sosial yang dipakai membuat tidak terurus dan ahirnya seluruhnya tidak menghasilkan keuntungan.

Ada baiknya jika kita memilih salah satu media sosial yang paling sesuai dengan bisnis yang dijalankan lalu fokus terlebih dahulu menjalankan bisnis kita disana.

Baca Juga :

Konten Tidak Berkualitas

Konten yang berkualitas menjadi salah satu faktor yang paling menentukan sukses tidaknya kita menjual produk melalui media sosial. Tanpa adanya konten yang menarik perhatian, hampir mustahil produk kita akan dilirik pembeli apalagi bertansaksi.

Tidak sedikit pebisnis di media sosial yang mengabaikan hal ini, misalnya mereka hanya mengupload foto produk dengan kualitas seadanya hanya mengandalkan jepretan kamera handphone tanpa editan yang dapat membuat terliat lebih jelas.

Atau mereka hanya mengandalkan postingan jualan produk saja tanpa ada selingan konten yang kreatif dan menarik perhatian sehingga follower akan merasa bosan.

Tidak Segera Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Di saat memulai bisnis di media sosial tentunya kebanyakan orang akan berharap dengan segera mendapatkan penjualan, namun saat menjalankannya justru seringkali mengabaikan berbagai pertanyaan yang diajukan calon pembelin. Meski dijawab itupun sudah terlewat beberapa jam setelahnya alias tidak responsif dalam melayani pelanggan.

Padahal calon pembeli sudah pasti menginginkan jawaban sesegera mungkin setelah mereka mengajukan pertanyaan, jika respon penjual tak kunjung ada sudah pasti mereka akan mengurungkan niatnya untuk membeli dan berpaling ke penjual lain yang cepat merespon.

Salah Target Calon Konsumen

Pengguna media sosial jutaan jumlahnya, mereka datang dari berbagai segmen mulai laki-laki, perempuan, dewasa, anak muda, pekerja, pengusaha, dan lain sebagainya. Setiap pengguna tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lainnya. Maka dari itu jika kita berbisnis atau promosi via media sosial wajib hukumnya mentargetkan calon konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Baca Juga : Bisnis di Media Sosial ? ini Kekurangan dan Kelebihannya