10 Keripik Sayur yang Lagi Booming, Ide Usaha Rumahan

Banyak cara meningkatkan nilai ekonomi sayur-mayur selain dijual dalam kondisi segar, salah satunya adalah dengan mengolah menjadi keripik. Beberapa jenis sayur yang akan kita sampaikan mungkin ketersediaanya sangat melimpah di lingkungan kita sehingga tak butuh modal banyak untuk diolah menjadi bisnis yang menguntungkan.

Setiap sayur memiliki rasa khasnya, gizi dan tekstur yang berbeda-beda. Ternyata rumus untuk membuat keripik dari sayuran tidak sesulit yang kita bayangkan. Prinsipnya adalah rasa enak, bergizi, mudah diolah dan ketersediaan stok yang melimpah.

Langsung saja berikut ini adalah 10 daftar keripik sayur yang lagi booming.

Keripik Sayur

Onion Rings

Onion rings adalah olahan keripik berbentuk seperti cincin. Rasanya manis gurih. Sesuai dengan namanya onion rings adalah keripik yang terbuat dari bawang bombay. Kita tahu bahwa bawang bombay bentuknya cukup besar dan rasanya tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk dijadikan camilan ringan. Keripik ini juga dikenal dengan nama keripik bombay.

Keripik Daun Kangkung

Kangkung yang sering digunakan untuk keripik adalah jenis kangkung darat bukan kangkung air. Kangkung darat rasanya lebih gurih dan bentuk daunnya lebih menarik untuk dijadikan keripik.

Keripik Daun Bayam Merah

Keripik sayur yang lagi booming selanjutnya adalah keripik daun bayam merah. Dalam golongan bayam-bayaman, bayam merah memiliki popularitas tersendiri karena kandungan gizi dan warnanya. Keunikan tersebut yang membuat keripik bayam merah dihargai sedikit lebih mahal.

Keripik Daun Pepaya Jepang

Daun tanaman chaya atau pepaya jepang sudah akrab ditelinga masyarakat Indonesia. Daun ini biasa dikudap menggunakan parutan kelapa dan juga dimasak tumis. Bentuk daun chaya memang mirip daun pepaya, hanya saja lebih kecil dan rasanya mirip seperti bayam. Karena sejatinya tanaman ini masih tergolong dalam famili bayam-bayaman.


Keripik Cauliflower

Dari anak-anak hingga orang tua cukup gemar dengan makanan yang satu ini. Ya bunga kol, kandungan gizinya banyak dan aman dikonsumsi siapa saja. Bunga kol ternyata juga masuk dalam daftar keripik sayur yang lagi booming. Di beberapa negara bunga kol biasa dikonsumsi dengan cara di panggang saja (roasted cauliflower).

Keripik Jamur

Jenis jamur yang paling pasaran dijadikan keripik adalah jamur tiram. Itu karena harganya yang terjangkau (banyak dibudidayakan), rasanya enak dan mengandung banyak gizi. Pun demikian tak menutup kemungkinan jenis jamur lain juga bisa dibuat keripik, contohnya adalah jamur kuping, jamur enoki, jamur kancing, jamur shitake dan lain sebagainya. Toh dengan target konsumen yang tepat, semua jenis jamur konsumsi pasti laku jika dibuat keripik.

Baca Juga Artikel :

Keripik Pare

Siapa yang tak kenal dengan sayuran ini? Daging buah pare rasanya pahit tapi cukup digemari oleh masyarakat. Dan ternyata keripik pare sangat populer di negara kita. Soal bentuk keripiknya, buah pare ini bisa diiris memanjang, bulat atau setengah lingkaran.

Keripik Terong Ungu

Di kalangan petani harga terong cenderung tidak stabil alias naik turun. Di musim-musim tertentu harga terong bahkan bisa anjlok karena stok yang terlalu banyak. Dari situ muncul ide dari ibu-ibu petani untuk mengangkat nilai jual terong dengan menyulapnya menjadi keripik yang sangat nikmat. Daging buah dan kulitnya bisa dibuat keripik.

Keripik Wortel

Selain kesan warna menarik, wortel bisa diolah menjadi keripik baik dengan teknik iris maupun dihaluskan terlebih dahulu. Semuanya sama-sama enak dan bergizi.

Keripik Daun Pegagan

Tak kalah booming adalah keripik daun pegagan (Cantella asiatica). Keripik ini memiliki kandungan herbal yang cukup fantastis dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.