Kelebihan Tokopedia Untuk Jualan Online Dibanding Marketplace Lain

Tokopedia adalah salah satu marketplace online yang sudah cukup dikenal di Indonesia. Anda bisa membeli ataupun menjual berbagai macam barang di Tokopedia.

Tokopedia bisa dikatakan sebagai pioneer marketplace yang bisa digunakan secara gratis oleh para penjual. Memang ada beberapa fitur khusus yang tidak gratis di Tokopedia, namun anda sebenarnya tetap bisa berjualan tanpa menggunakan fitur-fitur berbayar tersebut.

Selain anda bisa menjual barang secara gratis, ternyata masih ada lebih banyak kelebihan Tokopedia dibandingkan dengan marketplace lainnya. Jika saat ini anda masih mencari marketplace yang tepat untuk memulai menjual barang secara online, mungkin ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu beberapa kelebihan Tokopedia yang ada di artikel ini.

5 Kelebihan Tokopedia Bagi Penjual Online

Kelebihan Tokopedia

Ya, Tokopedia memang bukan satu-satunya marketplace jual beli online. Namun sampai saat ini, Tokopedia masih bisa dikatakan sebagai marketplace yang cukup berpotensi untuk digunakan sebagai media jual beli online. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Tokopedia bagi penjual online jika dibandingkan dengan marketplace lain:

  • Tampilan interface sangat mudah dipahami

kelebihan Tokopedia yang pertama jika dibandingkan dengan marketplace lain ada pada bagian tampilannya. Interface Tokopedia bisa dikatakan sebagai interface marketplace terbaik. Kenapa? Karena tampilan website Tokopedia sangat mudah dipahami meskipun digunakan oleh orang baru sekalipun. Tampilan Tokopedia mudah dipahami karena memang menggunakan desain minimalis.

  • Website dan aplikasi Tokopedia terbilang cukup ringan untuk diakses

Tokopedia tidak hanya menang banyak dari segi tampilannya saja. Tokopedia juga berhasil mengalahkan marketplace lain dari segi kecepatan akses website dan juga aplikasi smartphone.


Sampai saat ini, website maupun aplikasi smartphone Tokopedia masih menjadi yang paling ringan diantara marketplace lainnya. Hal tersebut kemungkinan besar dikarenakan tampilan Tokopedia yang dibuat lebih minimalis dibandingkan dengan tampilan marketplace lainnya.

  • Terdapat banyak fitur yang mendukung penjual untuk melayani pembelian

Meskipun sekarang hampir semua fitur yang dimiliki Tokopedia juga sudah tersedia di marketplace lain, namun tetap ada beberapa fitur yang hanya bisa anda temukan di Tokopedia.

Beberapa macam fitur menarik yang masih tetap menjadi kelebihan Tokopedia adalah seperti fitur pre-order dengan waktu pengiriman maksimal hingga 1 bulan.

Selain itu, Tokopedia juga mempunyai fitur otomatisasi toko online anda dengan hanya membayar beberapa ratus ribu Rupiah saja per 3 bulan.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, jelas Tokopedia memberikan lebih banyak kemudahan bagi penjual dalam memasarkan produknya secara online.

  • Banyak pilihan kurir pengiriman barang

Kelebihan Tokopedia tidak hanya dari segi fiturnya saja. Tokopedia juga membuat penjual semakin mudah memasarkan produknya secara online karena memberikan banyak pilihan kurir untuk pengiriman barang.

Dengan adanya semakin banyak pilihan kurir pengiriman barang, jelas konsumen akan semakin mudah memilih kurir pengiriman barang dengan biaya termurah untuk mengirimkan barang yang dibeli dari anda secara online.

  • Proses pencairan saldo yang sangat cepat

Tokopedia benar-benar memberikan kemudahan bagi penjual online. Hal tersebut dibuktikan dari proses pencairan saldo dari Tokopedia ke bank yang sangat cepat. Anda tidak perlu menunggu proses pencairan saldo selama berhari-hari. Karena Tokopedia hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam sampai 2 jam saja untuk mencairkan saldo anda ke rekening bank anda.

Proses pencairan saldo yang sangat cepat di Tokopedia ini jelas akan sangat membantu bagi penjual yang belum memiliki modal yang cukup besar.

Baca Juga Tips Dan Strategi Jitu Jualan Laris Di Tokopedia

Masih ada satu lagi kelebihan Tokopedia yaitu anda bisa melayani pembeli yang ingin menjual kembali produk yang anda jual kepada orang lain dengan cara dropship. Jadi kemungkinan anda untuk mendapatkan penjualan lebih besar juga semakin terbuka lebar dengan berjualan di Tokopedia.