13 Kelebihan Telegram Dibanding WA (WhatsApp)

Hampir semua pengguna smartphone saat ini menggunakan aplikasi WA (WhatsApp) untuk sarana berkomunikasi dengan para pengguna lainnya.

Kepopulerannya terus meningkat sejak awal diperkenalkan, bahkan mampu menggeser keberadaan aplikasi instant massanging lainnya.

Namun kini WA mulai bertemu dengan pesaing yang cukup berat, yang dikenal dengan nama Telegram. Aplikasi chating yang baru ini menawarkan fitur yang hampir serupa, akan tetapi juga dibekali beberapa fitur yang lebih menarik dibandingkan WhatsApp.

Sama-sama berbasis no telepon sebagai identitas kontak penggunanya, hanya saja Telegram memiliki lebih banyak kelebihan yang lebih memudahkan dan menarik perhatian.

Ingin tau apa saja kelebihan yang dimiliki aplikasi Telegram dibandingkan dengan WhatsApp, berikut beberapa diantaranya.

Sebelumnya bagi yang belum mengenal apa itu Telegram, ulasan lengkap ada pada artikel Apa Itu Telegram, Cara Menggunakan dan Fiturnya

Kelebihan Telegram

1. Mampu Bekerja Lebih Cepat

Jika sudah terbiasa menggunakan WhatsApp, kesan pertama kali yang bakal dirasakan saat menggunakan Telegram adalah kecepatannya yang mengagumkan saat beraktifitas dalam aplikasi tersebut.

Baik pada saat mengirim pesan atau mengakses berbagai menu didalamnya, Telegram mampu mengeksekusi perintah pengguna dengan jauh lebih cepat. Rahasianya, Telegram mengandalkan teknologi Cloud sebagai basis menjalankan aplikasinya.

2. Menggunakan Ruang Penyimpanan Lebih Kecil

Berkat teknologi Cloud yang juga disertai dengan teknologi Cache, Telegram dapat memiliki kelebihan lebih hemat menyita ruang penyimpanan smartphone.

Baik dari besarnya ukuran aplikasi yang lebih kecil hingga setengahnya, dan yang lebih penting lagi penyimpanan histori percakapan baik teks, gambar, suara dan video tidak akan menguras memori perangkat dengan besar.

3. Kemudahaan Saat di Akses Menggunakan Perangkat Lain

Telegram merupakan aplikasi instant massanging yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti Android, iOS, Windows, hingga Linux. Dengan basis teknologi cloud yang digunakan, mengakses akun Telegram dari berbagai perangkat menjadi jauh lebih mudah dibandingkan WA.

Misalnya anda dapat membuka akun Telegram pada dekstop bahkan saat akun Telegram di ponsel anda tidak aktif atau ponsel mati. Dengan proses yang lancar dan cepat Telegram mampu mensinkroniasi data ke perangkat lain.

4. Berbagi Informasi Dengan Fitur Channel Telegram

Salah satu fitur yang tidak dimiliki WA dialah Channel yang dapat kita manfaatkan untuk berbagai informasi atau broadcast pesan kepada para pengikut. Dalam Channel hanya pemilik yang dapat membagikan pesan, baik berupa teks, gambar ataupun video.

Asiknya lagi tidak ada batasan jumlah pengikut channel, kita dapat memiliki member sebanyak-banyaknya. Cukup dengan membuat channel baru, dan membagikan link channel dengan leluasa ke media apapun.

5. Memiliki Teknologi Keamanan Lebih Baik

Telegram telah banyak diakui memiliki sistim keamanan yang lebih baik dibandingkan WhatsApp dalam hal menjaga privasi penggunanya saat berkomunikasi.

Selain menggunkan teknologi ekripsi yang lebih canggih, Telegram juga menambahkan fitur Secret Chat yang memiliki sederet fitur keamanan tambahan saat chating.


6. Anggota Group Lebih Banyak

Untuk anda yang gemar bekomunikasi dengan banyak lawan bicara dalam sebuah grup di aplikasi chating, Telegram juga memiliki kelebihan pada banyaknya jumlah anggota yang dapat ditampung dibandingkan dengan jumlah anggota grup di WhatsApp.

7. Membagikan File dengan Ukuran Lebih Besar

Jika pengguna WA harus puas dengan kemampuan aplikasinya dalam mengirim file maksimal berkukuran 100 sampai 128 MB saja, pengguna Telegram jauh lebih dimanjakan karena aplikasinya mampu mengirimkan file dalam pesan hingga 1,5 Gigabite.

Berbagai jenis file yang bisa dikirim pun didukung lebih lengkap, dari mulai gambar, video, PDF, ZIP, MP3 dan lain sebagainya.

8. Sticker Animasi dengan Grafis Berkualitas

Penggunaan stiker pada saat chating menawarkan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam berkomunikasi, terlebih lagi untuk para pengguna dari kalangan anak muda.

Telegram tidak pun menawarkan kelebihan pada sisi yang satu ini dengan diluncurkannya stiker yang sudah dapat mendukung animasi. Gambar stiker yang dihasilkan juga tidak seadanya, melainkan menggunakan grafis yang berkualitas tinggi.

9. Tidak Memerlukan Aplikasi Lain untuk Mendownload Sticker

Telegram juga mempersilahkan setiap penggunanya untuk membuat sticker dan membagikan ke pengguna lain, sehingga keberadaan sticker pun menjadi lebih bervariasi.

Apalagi untuk mendapatkan sticker pengguna Telengram juga tidak perlu repot mendownload aplikasi lain, karena semuanya sudah terintegrasi dalam aplikasi ini.

10. Tersedia Fitur Dark Mode

Saat penggunakan ponsel di ruang yang minim pencahayaan seringkali mata kita terasa silau saat memandang perangkat, untuk mengatasi hal tersebutlah dark mode atau mode gelap diciptakan.

Telegram pun telah melengkapi fiturnya dengan mode ini, sedangkan whatsapp masih sebatas hanya dapat mengganti warna latar belakangnya saja dengan warna yang lebih gelap.

11. Meminta dan Menerima Pertemanan Tanpa No Telepon

Jika WhatsApp hanya mengizinkan menambah kontak teman dengan mengandalkan no telepon saja, pada Telegram selain dengan no telepon kita bisa meminta pertemanan melalui link atau tautan.

Pada akun Telegram masing-masing pengguna memiliki link username unik yang dapat di buat sendiri, orang yang ingin berteman cukup klik link tersebut dan otomatis dapat berkirim pesan.

12. Menambah Fitur Dengan Program Tambahan (BOT)

Fitur didalam aplikasi Telegram bisa terus bertambah dengan adanya BOT yang dibuat untuk memudahkan penggunanya.

BOT pada telegram merupakan sebuah program yang dapat dibuat oleh siapa saja, fungsinya untuk menambahkan fitur sehingga dapat memudahkan para penggunanya.

Misalnya saja, ada bot translate yang dapat menterjemahkan berbagai kata dan kalimat lengkap dengan bahasa yang beragam. Ada juga Bot untuk bermain game, yang bahkan dapat memainkan game bersama dengan pengguna Telegram lain. Dan masih banyak lagi Bot yang lainnya.

13. Edit dan Menghapus Pesan yang Sudah Terkirim

Jika whatsApp saat ini hanya bisa menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim, kelebihan yang dimiliki Telegram tidak hanya juga dapat menghapusnya, melainkan juga dapat melakukan edit atau menyunting pesan yang sudah terkirim.

Kita tentu sering mengalami salah menulis teks pesan kepada lawan chat, yang umumnya dilakukan pada WA yakni mengirim kembali revisi teks pada chat selanjutnya.

Dengan Telegram kita dapat mengedit teks pesan hanya dengan mengklik pesan yang sudah terkirim tersebut.

Baca Juga Mengenal Apa Itu WhatsApp Business dan Fiturnya

Itulah 13 kelebihan Aplikasi Telegram dibandingkan dengan WhatsApp. Meski cukup banyak memiliki kelebihan, tak dipungkiri Telegram juga masih memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan aplikasi chat yang sudah populer ini, diantaranya ialah belum memiliki fitur Video Call.

Namun begitu seiring waktu baik WhatsApp ataupun Telegram tentunya akan terus memperbaharui fitur-fitur yang dimilikinya untuk menutupi berbagai kekurangan.