Kelebihan Jualan di Etsy Untuk Mengembangkan Usaha Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan memang merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan untuk ditekuni. Pasalnya, keuntungan dari usaha satu ini bisa dikatakan jauh lebih besar dibandingkan dengan usaha lainnya.

Selain keuntungannya yang jauh lebih besar, usaha ini juga tidak membutuhkan modal sebesar usaha jenis lainnya. Bahkan anda bisa memulai usaha ini tanpa membutuhkan modal sama sekali, asalkan anda memang benar-benar kreatif.

Menariknya lagi, ada banyak sekali kesempatan untuk mengembangkannya. Salah satu caranya adalah dengan menjual hasil kerajinan tangan buatan anda secara online.

Berbicara mengenai menjual berbagai macam produk kerajinan tangan secara online, anda wajib mencoba menjual produk kerajinan tangan tersebut di Etsy. Baca lebih lengkap di artikel Cara Berjualan Online di Etsy dari Persiapan Sampai Siap Jualan.

Etsy merupakan marketplace luar negeri seperti halnya marketplace Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Hanya saja, Etsy lebih fokus sebagai marketplace untuk berbagai macam produk handmade saja.

Lalu apa saja kelebihan menjual produk usaha kerajinan tangan anda di Etsy ? Bagi anda yang penasaran ingin mengetahui apa saja kelebihan menjual produk kerajinan tangan di Etsy, anda bisa membaca informasi tersebut selengkapnya di artikel ini.

Kelebihan Jualan di Etsy

9 Kelebihan Menjual Produk Usaha Kerajinan Tangan di Etsy Dibandingkan Dengan Marketplace Lokal

Memang benar usaha kerajinan tangan juga banyak terbantu dengan adanya banyak marketplace lokal seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee. Salah satu kelebihan adanya marketplace lokal tersebut adalah memudahkan dalam hal pemasaran.

Anda yang menekuni kerajinan tangan sebagai usaha menjadi lebih mudah memperkenalkan produk anda kepada lebih banyak calon konsumen. Namun sayangnya, masyarakat Indonesia masih kurang begitu aware dengan produk kerajinan tangan.

Oleh sebab itu, jika anda memang ingin serius mengembangkan bisnis kerajinan tangan, anda wajib mencoba menjual produk buatan tangan anda tersebut di Etsy.

Sebenarnya apa saja kelebihan menjual produk kerajinan tangan di Etsy jika dibandingkan dengan di marketplace lokal ? Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

1. Nilai jual yang jauh lebih tinggi

Kelebihan pertama menjual produk di Etsy adalah anda bisa menjual produk dengan harga yang lebih tinggi.

Kenapa anda bisa menjual produk kerajinan tangan lebih tinggi di Etsy ? Semua itu dikarenakan pangsa pasar Etsy adalah orang-orang luar negeri yang notabene memang sangat menyukai berbagai macam barang handmade.

Karena pangsa pasar yang anda dapatkan di Etsy berbeda jauh dengan pangsa pasar marketplace lokal, jelas harga jual produk yang anda jual bisa ditingkatkan lagi.

2. Keuntungan jauh lebih besar karena nilai kurs mata uang yang berbeda

Selain nilai jual produk yang jauh lebih tinggi, menjual produk kerajinan tangan di Etsy juga akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

Keuntungan yang lebih besar ini bukan hanya dikarenakan nilai jual produk yang lebih tinggi saja. Keuntungan tersebut juga datang dari nilai kurs mata uang yang berbeda jauh.

Perlu anda ketahui, proses jual beli produk di Etsy menggunakan mata uang Dolar. Karena jual beli produknya menggunakan mata uang Dolar, secara otomatis anda akan mendapatkan keuntungan tambahan dari selisih nilai dari mata uang Rupiah dan Dolar.


3. Pangsa pasar di Etsy sangat tepat untuk menjual produk handmade

Jika dibandingkan dengan marketplace lokal, Etsy memang jauh lebih menguntungkan untuk bisnis kerajinan tangan.

Kenapa? Karena Etsy memang dibuat sebagai wadah khusus orang-orang yang ingin menjual hasil kerajinan tangan buatannya sendiri. Hal tersebut bahkan dituliskan sebagai salah satu syarat menjual produk di Etsy.

Produk yang bisa anda jual di Etsy memang hanya yang berupa produk buatan tangan. Setiap produk yang dibuat menggunakan mesin memang tidak diterima di Etsy.

4.  Nama Etsy sudah sangat populer di internasional

Kesempatan anda untuk menjual berbagai macam produk dari kerajinan tangan juga semakin meningkat di Etsy. Kenapa? Karena nama Etsy sudah sangat populer di internasional.

Mayoritas orang di luar negeri sudah mengetahui bahwa Etsy adalah marketplace yang harus dituju jika ingin membeli barang-barang spesial buatan tangan. Oleh sebab itu, anda sebenarnya hampir tidak perlu lagi repot-repot memasarkan produk anda kepada calon konsumen.

5. Tidak bisa sembarangan berjualan di Etsy

Marketplace lokal memang sangat menjanjikan untuk menjual berbagai macam produk handmade. Namun sayangnya, persaingan menjadi semakin sengit karena semua orang bisa membuka toko online dengan mudah di marketplace lokal.

Selain itu, satu orang bisa memiliki lebih dari satu toko online di marketplace lokal. Hal tersebut jelas semakin mempersengit persaingan.

Hal tersebut tidak akan anda alami di Etsy. Kenapa? Karena untuk bisa berjualan di Etsy, anda diwajibkan untuk memenuhi beberapa syarat. Karena adanya beberapa syarat tersebut, maka cukup sulit bagi seseorang untuk memiliki lebih dari satu akun toko online di Etsy.

6. Biaya listing produk yang sangat terjangkau

Bagi beberapa orang, biaya listing produk di Etsy memang merupakan sebuah kekurangan jika dibandingkan dengan marketplace lokal.

Namun sebenarnya, adanya biaya listing produk tersebut justru merupakan sebuah kelebihan bagi anda yang benar-benar serius ingin mengembangkan usaha produk buatan tangan ini.

Kenapa? Karena hanya orang-orang yang benar-benar serius saja yang bisa membuka toko online di Etsy. Bisa dikatakan tidak ada orang yang hanya sekedar coba-coba menjual produk di Etsy karena adanya biaya listing ini.

Namun meskipun ada biaya listing produk, sebenarnya biaya listing yang harus anda bayar di Etsy sangatlah terjangkau. Untuk memajang satu produk, Etsy hanya mematok biaya sebesar $0,20 saja untuk 4 bulan.

7.  Sistem jual beli yang benar-benar solid

Selain hal-hal umum tersebut, kelebihan jualan online di Etsy juga bisa dilihat dari sistemnya. Jika dibandingkan dengan sistem jual beli di marketplace lokal, sistem jual beli Etsy jauh lebih baik dan lebih solid.

Bagi anda yang benar-benar ingin memajukan bisnis produk handmade jelas membutuhkan sistem jual beli online yang solid seperti yang dimiliki oleh Etsy ini.

8. Jaminan untuk pembeli dan juga penjual

Kelebihan jualan barang secara online di Etsy juga bisa dilihat dari jaminan keamanannya. Menariknya, jaminan keamanan di Etsy ini tidak hanya untuk pembeli saja seperti halnya pada marketplace lokal. Jaminan keamanan juga diberikan kepada para penjual.

9. Proses penarikan dana dari akun Etsy sangat cepat

Sebagai penjual, mayoritas dari anda pasti mempertanyakan masalah seberapa cepat pencairan dana dari akun Etsy bukan?

Kecepatan proses pencairan dana di akun Etsy juga merupakan salah satu kelebihannya. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa mencairkan dana di dalam akun Etsy anda. Proses pencairan dana dari dalam akun Etsy kedalam akun Paypal biasanya hanya membutuhkan beberapa detik saja.

Sekarang anda sudah paham bukan kenapa anda sangat disarankan untuk menjual berbagai produk usaha kerajinan tangan di Etsy ? Dengan berbagai macam kelebihan Etsy tersebut, sudah jelas bisnis kita pasti akan lebih cepat berkembang.