Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Emas Putih Untuk Investasi

Emas yang juga disebut logam mulia merupakan suatu barang yang kerap dimiliki masyarakat sebagai perhiasan atau pun juga sebagai barang investasi.

Jika emas yang sudah umum dimiliki berjenis emas kuning, bagaimana dengan emas putih ? apakah memilki kelebihan yang sama atau justru memiliki kekurangan dibanding dengan emas kuning.

Sebenarnya emas putih pun sudah cukup banyak masyarakat yang menggemarinya, hanya saja jika dibandingkan pamornya masih kalah dibandingkan dengan emas kuning.

Untuk anda yang sedang berencana ingin membeli logam mulia emas putih sebagai investasi tidak ada salahnya untuk mencari informasi lebih mendalam terlebih dahulu mengenai apa itu emas putih serta kelebihan dan kekurangannya untuk investasi.

Kelebihan dan Kekurangan Emas Putih

Mengenal Apa Itu Emas Putih

Sebenarnya hanya ada satu logam emas yang beredar saat ini, yang menjadikannya berbeda adalah campuran logam yang digunakan sehingga tercipta emas kuning dan emas putih.

Emas murni yang di buat untuk perhiasan sebenarnya tidak memiliki kadar emas 100 persen atau 24 karat dalam satuan emas. Melainkan hanya berkisar 75 persennya saja atau sekitar 18 karat. Selebihnya emas akan di campur dengan logam lain hingga menjadi sebuah perhiasan.

Karena proses pencampuran logam itulah yang menjadikannya tercipta emas putih dan emas kuning.

Pada emas kuning campuran yang digunakan adalah tembaga dan perak sehingga warna yang dihasilkan menjadi kuning berkilauan.

Sedangkan untuk emas putih campuran yang ditambahkan adalah perak dan paladium yang berwarna putih. Sebelumnya logam campuran yang di gunakan berupa nikel namun seiring waktu mulai ditinggalkan karena disinyalir dapat memicu reaksi alergi bagi kulit.

Seperti emas kuning, emas berwarna putih pun memiliki harga yang terus meningkat setiap tahunnya. Dan keduanya dapat dijadikan sebagai barang investasi yang bisa menguntungkan di masa yang akan datang.

Kelebihan dan Kekurangan Emas Putih

Meski begitu jika di bandingkan dengan emas kuning, emas berwarna putih ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Pasalnya dari segi bahan yang digunakan untuk membuatnya pun sudah jelas berbeda.

Untuk kelebihannya emas putih memiliki campuran logam yang berjenis lebih kuat namun sekaligus juga memiliki sifat lebih mudah untuk di olah dan dibentuk menjadi perhiasan.

Dari segi tampilannya emas putih pun lebih terlihat kekinian terlebih jika dipadukan dengan batu berjenis berlian.

Meski begitu salah satu logam campuran dari emas putih memiliki sifat akan pudar kilauannya jika digunakan dalam waktu tertentu.

Oleh karena itu jika anda memiliki perhiasan dari emas putih jangan heran jika dalam masa lebih dari sekitar 2 tahun warnanya akan terlihat pudar. Sehingga mau tidak mau jika ingin terlihat berkilau kembali harus dilakukan pelapisan ulang.

Baca Juga Menabung Emas, Bagaimana Cara Serta Manfaatnya

Apakah Emas Putih Lebih Menguntungkan Untuk Investasi ?

Antara emas putih vs emas kuning jika dibandingkan untuk investasi memiliki karatersistik yang tidak jauh berbeda. Dalam jangka waktu yang lama seperti kisaran 5 hingga 10 tahun kedepan pastinya akan memiliki nilai yang berlipat.

Meski begitu karena emas putih berbentuk perhiasan maka dibutuhkan proses pembuatan serta pencampuran bahan lain sehingga jika digunakan sebagai investasi hasilnya bisa kurang maksimal.

Jika ingin mengharapkan hasil yang paling maksimal dari investasi logam mulia, lebih tepatnya lagi sebaiknya kita memilih berinvestasi emas batangan