Jualan di Marketplace Etsy ? Inidia Cara Promosinya yang Efektif

Etsy memang merupakan salah satu marketplace luar negeri yang sangat berpotensi untuk menjual berbagai macam produk kerajinan tangan. Cukup banyak orang Indonesia yang sudah menjual berbagai macam produk kerajinan tangan di Etsy.

Bagi anda yang juga tertarik untuk menjual produk di Etsy, anda bisa membaca terlebih dahulu artikel berjudul Cara Berjualan Online di Etsy dari Persiapan Sampai Siap Jualan.

Selain itu, anda juga perlu mempelajari bagaimana cara menghitung harga jual produk anda di artikel berjudul Tips Menentukan Harga Jual Produk di Etsy.

Jika anda sudah mempelajari bagaimana cara berjualan online di marketplace tersebut dan juga mempelajari bagaimana cara menentukan harga jual produk, selanjutnya anda juga perlu pahami bagaimana cara mempromosikan produk yang anda jual di Etsy.

Anda bisa mempelajari berbagai macam cara promosi produk yang anda jual di Etsy lebih lanjut di artikel ini.

4 Cara Mempromosikan Produk yang Dijual di Etsy Dengan Efektif

Jualan di Marketplace Etsy ?

Memang benar Etsy adalah marketplace luar negeri yang sudah sangat dikenal. Setiap harinya, Etsy didatangi oleh banyak calon pembeli.

Namun demikian, sebagai penjual anda tetap harus mempromosikan produk anda. Kenapa? Karena meskipun anda sudah berjualan di Etsy, produk anda tidak akan dilihat oleh banyak calon konsumen jika anda tidak melakukan promosi.

Pasalnya, jumlah penjual di Etsy juga cukup banyak. Oleh sebab itu, jika anda tidak melakukan promosi, kemungkinan besar produk yang anda jual tidak akan tampak menonjol di mata konsumen.

Lalu bagaimana caranya mempromosikan produk yang anda jual di Etsy ? Ada cukup banyak cara yang sangat efektif, Berikut ini adalah beberapa diantaranya cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan omset penjualan anda di Etsy.

1. Menggunakan tag yang disediakan di Etsy

Meskipun kelasnya berbeda jauh dengan marketplace lokal, Etsy tetap memiliki sistem yang hampir sama.

Setiap penjual diberikan kesempatan untuk mengisi tag tertentu untuk mempermudah calon pembeli menemukan produk yang anda jual di Etsy. Oleh sebab itu, pastikan untuk memaksimalkan penggunaan tag pada setiap produk yang anda listing.

Namun jangan sampai terlalu over dalam menggunakan tag untuk setiap produk yang anda listing. Pasalnya, akun anda akan dianggap melakukan spam oleh sistem Etsy jika terlalu banyak menggunakan tag yang tidak berhubungan dengan produk yang anda jual.

Lalu bagaimana cara yang tepat menggunakan fitur tag tersebut ? Berikut ini adalah contoh penggunaan fitur tag yang benar:

Misalkan anda menjual gelang handmade, anda bisa menggunakan beberapa macam tag seperti handmade bracelet, beautiful handmade bracelet, handmade stone bracelet, dan lain sebagainya.

Intinya, gunakan beberapa aspek seperti nama barang yang anda jual, bahan yang anda gunakan untuk membuat produk tersebut, warna produk jika memang ada dan juga gunakan beberapa kata sifat dalam membuat tag. Jangan pernah menggunakan tag yang tidak berhubungan sama sekali dengan produk yang anda jual.

2. Promosi melalui channel Youtube anda

Channel Youtube juga bisa dijadikan media promosi yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk-produk buatan anda yang dijual di Etsy. Sudah banyak sekali crafter luar negeri yang memanfaatkan channel Youtube untuk mempromosikan produk yang mereka jual di Etsy.

Lalu bagaimana cara mempromosikan produk yang anda jual di Etsy dengan menggunakan channel Youtube ?

Ada banyak sekali cara yang efektif, namun yang paling efektif adalah dengan menunjukkan bagaimana cara membuat produk yang anda buat.


Video tutorial memang jauh lebih efektif untuk menaikkan minat orang untuk membeli produk yang anda jual di Etsy. Kenapa ? Karena mereka bisa melihat langsung bagaimana passion dan juga keahlian yang anda miliki untuk membuat produk tertentu.

Jika anda ingin melihat bagaimana contoh promosi menggunakan channel Youtube, anda bisa melihat channel Youtube dari CSL Design.

CSL Design menjual berbagai macam perhiasan handmade yang terbuat dari kawat khusus. CSL Design menunjukkan setiap proses pembuatan perhiasan handmadenya melalui channel Youtube.

Sebenarnya setiap orang bisa dengan mudah membuat perhiasan handmade seperti yang dibuat oleh CSL Design dengan mengikuti tutorialnya. Namun demikian, kebanyakan orang memilih membelinya langsung setelah melihat bagaimana sulitnya proses pembuatan perhiasan dari CSL Design.

Menariknya lagi, menggunakan channel Youtube ini juga dapat memberikan keuntungan ganda bagi anda. Anda tidak hanya bisa mempromosikan toko online anda di Etsy saja, andapun juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menayangkan iklan di setiap video yang anda unggah di channel Youtube anda.

3. Promosi melalui Instagram

Selain channel Youtube, anda juga bisa menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk yang anda jual di Etsy.

Proses mempromosikan produk yang anda jual di Etsy menggunakan Instagram memang tidak secepat ketika anda menggunakan channel Youtube. Menggunakan Instagram ini memang baru terasa ketika anda memiliki jumlah follower kurang lebih diatas 1000.

Namun menariknya, promosi melalui Instagram ini memberikan kesempatan khusus bagi anda untuk berkomunikasi dengan konsumen secara langsung. Jika anda cukup tekun melakukan promosi di Instagram, anda bahkan bisa memasarkan produk-produk kerajinan tangan buatan anda secara langsung dengan menggunakan Instagram.

Lalu bagaimana cara mempromosikan produk di marketplace etsy dengan menggunakan Instagram? Caranya cukup mudah, anda hanya perlu rajin mengunggah foto-foto produk berkualitas di akun Instagram anda. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan hastag khusus pada setiap foto yang anda unggah. Pastikan untuk menggunakan hastag yang dapat mendeskripsikan produk anda.

Bagi anda yang ingin mempromosikan produk yang anda jual di Etsy dengan menggunakan Instagram, pastikan untuk menggunakan akun Instagram bisnis. Kenapa harus akun Instagram bisnis ? Karena dengan akun Instagram bisnis anda bisa memonitor foto produk mana saja yang paling disukai oleh follower anda. Selain itu, anda juga bisa menyisipkan link toko online di Etsy.

Menariknya lagi, konsumen juga akan lebih mudah menghubungi anda ketika anda menggunakan akun Instagram bisnis. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memasukkan nomor ponsel atau email yang anda miliki di akun Instagram bisnis anda.

4. Promosi melalui blog

Cara mempromosikan produk yang anda jual di Etsy yang terakhir adalah dengan menggunakan blog.

Blog juga termasuk media yang sangat berpotensi digunakan untuk mempromosikan berbagai macam produk yang anda jual secara online, termasuk yang anda jual di marketplace Etsy. Oleh karenanya sampai saat ini, tidak sedikit penjual di Etsy yang memanfaatkan blog sebagai media promosi.

Namun demikian, anda memang harus memiliki traffic atau pembaca blog yang cukup tinggi jika ingin menggunakannya untuk media promosi.

Proses mempromosikan produk yang anda jual di Etsy dengan menggunakan blog memang tidak bisa secepat menggunakan channel Youtube. Namun demikian, anda juga bisa mendapatkan keuntungan ganda dari blog tersebut.

Selain bisa digunakan sebagai media promosi produk yang anda jual di Etsy, blog tersebut juga bisa anda gunakan untuk menayangkan berbagai iklan yang masih terkait dengan produk milik sendiri.

Baca Juga 5 Kata-Kata Promosi Paling Menjual Yang Disukai Pelanggan, Terapkan Sekarang Juga !

Itulah 4 macam cara mempromosikan produk yang biasa dilakukan oleh penjual di marketplace Etsy. Dari 4 macam cara tersebut, dapat dikatakan yang paling cepat mendapatkan hasil adalah dengan menggunakan channel Youtube dan juga akun Instagram bisnis.