Jualan di Facebook, Apakah Masih Berpotensi di Jaman Sekarang?

Beberapa tahun lalu, cukup banyak orang yang menggeluti bisnis baru yaitu jualan di Facebook. Setiap hari, ada saja orang yang tidak kita kenal menawarkan produknya melalui inbox maupun melalui wall Facebook kita. Namun beberapa waktu ini, hal-hal tersebut sudah mulai jarang terlihat di Facebook. Apakah memang jualan di Facebook sudah tidak berpotensi lagi ? Apakah memang sudah tidak ada harapan lagi untuk jualan di media sosial terbanyak penggunanya ini ?

Jika anda merasa penasaran mengenai bagaimana prospek jualan online dengan menggunakan Facebook sebagai medianya di jaman sekarang, anda bisa membaca pembahasan selengkapnya di artikel ini.

Jualan di Facebook Sudah Tidak Semudah Dulu Lagi, Apa Sebabnya?

Jualan di Facebook

Jaman memang semakin maju, jadi tidak heran jika cara-cara unik di jaman dulu untuk mendapatkan uang secara online mungkin sudah tidak bisa digunakan di jaman selanjutnya.

Contohnya saja seperti jualan di Facebook. Dulunya…, ada banyak sekali yang sukses menjual berbagai macam produk secara mudah hanya dengan menggunakan Facebook sebagai media pemasarannya.

Namun di jaman sekarang, bisa dikatakan cukup sulit untuk menjual produk secara online jika anda menggunakan media Facebook saja. Kenapa jualan di FB kini menjadi semakin sulit?

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkannya.

  • Gempuran dari berbagai marketplace online dan juga e-commerce

Faktor pertama yang membuat jualan di Facebook sudah tidak mudah lagi seperti di jaman dulu adalah karena banyaknya marketplace online dan juga e-commerce bermunculan di jaman sekarang.

Baik marketplace maupun e-commerce merupakan tempat yang memang dibuat untuk jual beli. Jadi tidak aneh jika membeli di Facebook tidak lagi menjadi pilihan pertama bagi konsumen.

Karena memang dibuat sebagai tempat jual beli, marketplace dan juga e-commerce benar-benar memudahkan konsumen baik dari segi pencarian produk yang ingin dibeli, sampai pada proses pembayaran.

Bahkan beberapa marketplace dan e-commerce berani memberikan subsidi ongkos kirim bagi konsumen jika melakukan pembelanjaan dalam nominal tertentu.

Ya, memang subsidi ongkos kirim bisa juga diberikan oleh anda penjual di Facebook. Namun kemungkinan besar anda harus menaikkan harga produk terlebih dahulu untuk bisa memberikan subsidi ongkos kirim, ataupun jika anda memang menggunakan dana pribadi, kemungkinan besar jangka waktu anda memberikan subsidi ongkos kirim kepada konsumen tidak bisa selama marketplace maupun e-commerce karena modal yang anda miliki pasti kalah besar.

  • Pengguna Facebook sudah muak dengan trik-trik promosi murahan yang sering digunakan oleh penjual

Selain karena masalah gempuran dari marketplace dan juga e-commerce, potensi jualan di Facebook juga menjadi tidak seindah jaman dulu dikarenakan banyak pengguna Facebook yang sudah muak dengan cara-cara promosi penjual.

Diakui ataupun tidak, cara promosi yang kebanyakan digunakan oleh orang yang berdagang di Facebook memang bisa dikategorikan sebagai spam.

Pasalnya, kebanyakan orang langsung melakukan promosi secara membabi buta. Terkadang penjual bahkan berani mengirimkan inbox yang berisi penawaran produk kepada orang-orang yang sama sekali tidak mereka kenal.

Karena teknik-teknik promosi yang salah tersebut, sekarang sudah cukup banyak pengguna Facebook yang enggan untuk berbelanja online melalui Facebook.

  • Peraturan Facebook yang semakin ketat

Faktor terakhir yang membuat potensi jualan di Facebook semakin anjlok drastis adalah karena peraturan penggunaan Facebook khususnya untuk jual beli semakin ketat.

Di jaman dulu, anda bisa dengan mudah menjual produk di Facebook dengan menggunakan akun personal. Hal tersebut tidak bisa lagi anda lakukan dengan mudah di jaman sekarang.


Bagi anda yang ingin jualan di Facebook, anda diwajibkan untuk melakukan promosi menggunakan akun Facebook khusus yang lebih sering dikenal dengan Fanpage.

Karena harus menggunakan akun khusus, mau tidak mau anda harus berusaha kembali untuk mempromosikan Fanpage anda terlebih dahulu sebelum bisa mulai menjaring konsumen.

Baca Juga 4 Langkah Memanfaatkan Facebook Untuk Mengembangkan Usaha, Terapkan Sekarang Juga !

Potensi Jualan di Facebook Memang Meredup, Tapi Masih Bisa Dimanfaatkan

Ya, memang potensi jualan di Facebook sudah tidak cemerlang seperti dulu kala. Namun bukan berarti Facebook sudah tidak berpotensi lagi untuk digunakan sebagai media promosi produk.

Anda memang sudah tidak bisa terlalu berharap dengan mengandalkan Facebook secara langsung. Namun anda masih bisa memanfaatkan Facebook sebagai media promosi untuk jualan online.

Lalu bagaimana caranya menggunakan Facebook sebagai tempat promosi untuk mendukung penjualan online? Berikut ini adalah beberapa trik merubah format jualan di Facebook agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman:

  • Hanya gunakan Facebook sebagai media promosi

Jika dulu anda langsung menjajakan barang dagangan di FB, sekarang hindari menjual produk secara langsung di Facebook. Kenapa? Karena tidak banyak orang yang mau membeli melalui Facebook.

Kebanyakan orang yang menggunakan Facebook adalah mereka yang sedang mencari informasi terbaru dan berkomunikasi dengan kerabat. Oleh sebab itu, gunakan Facebook sebagai media promosi saja. Promosi yang dilakukan di Facebook juga jangan selalu membahas mengenai produk yang anda jual.

Berikan informasi yang lebih bermanfaat bagi konsumen mengenai produk yang anda jual. Misalkan saja anda menjual satu alat pertanian, buat konten menarik yang dapat menjelaskan apa saja manfaat yang bisa konsumen dapatkan dengan memiliki produk tersebut.

  • Hindari menggunakan akun Facebook personal untuk promosi

Jika anda sudah cukup serius dalam membuat konten promosi di Facebook, usahakan juga untuk tidak menggunakan akun Facebook personal untuk melakukan promosi.

Kenapa? Karena akun Facebook personal tidak dapat meningkatkan kepercayaan di depan calon konsumen. Jadi jika anda mau melakukan promosi, ada baiknya gunakan akun Facebook khusus yang disebut dengan Fanpage.

Ya, memang anda harus mempromosikan terlebih dahulu Fanpage anda sebelum bisa mempromosikan produk-produk yang anda jual. Namun anda tidak perlu khawatir akun Facebook anda terblokir ketika mulai promosi jika sudah menggunakan akun khusus.

  • Hindari jualan di Facebook Fanspage secara langsung

Dulu anda memang bisa langsung jualan di Facebook. Namun di jaman sekarang ada baiknya jangan menjual produk secara langsung di akun Fanpage. Lebih baik sarankan konsumen untuk membeli produk yang anda jual melalui beberapa marketplace ataupun toko online milik anda sendiri.

Kenapa anda sebaiknya tidak secara langsung? Karena menjual produk secara langsung di Facebook tidak memberikan kelebihan apapun bagi konsumen. Selain itu, mayoritas orang jaman sekarang juga lebih memilih membeli produk secara langsung di marketplace.

Oleh sebab itu, lebih baik anda mulai membuat toko online di beberapa marketplace dan promosikan produk yang anda jual di Facebook.

Baca Juga Tips Bisnis Dari Sang Pendiri Facebook Mark Zuckerberg

Memang jualan di Facebook bisa dikatakan sudah tidak berpotensi lagi semenjak banyak marketplace bermunculan dan memberikan promo-promo menggiurkan bagi konsumen.

Namun sebenarnya, anda masih bisa memanfaatkan Facebook untuk mendukung proses jualan online. Jika digarap secara serius, sebenarnya menjual produk melalui marketplace yang diimbangi dengan promosi di Facebook dapat memberikan keuntungan yang luar biasa besar.

Lalu bagaimana? Apakah anda sudah siap untuk beralih dari jualan di Facebook menjadi jualan di marketplace dengan menggunakan Facebook sebagai tempat promosi di jaman sekarang?