Jenis Usaha Sampingan Untuk PNS

Banyak yang mengira bahwa PNS tidak membutuhkan penghasilan tambahan lagi. Pemahaman yang demikian tentu tidak sepenuhnya besar. Sebab bukan berarti ketika sudah PNS pendapatan pun sudah mencukupi. Terutama PNS yang golongannya masih di bawah III A. Tentu penghasilannya sangat pas-pasan. Apalagi waktu kosongnya pun tentu lebih banyak daripada waktu kerjanya.

Karena banyaknya waktu senggang inilah para PNS lebih memanfaatkan waktu luangnya membuka usaha sampingan untuk PNS. Meski begitu usaha sampingan yang di jalankan juga tidak boleh mengganggu pekerjaan utamanya, dengan kriteria usaha seperti itu maka jenis usaha sampingan yang cocok untuk PNS adalah sebagai berikut:

  • Jasa Rental Play Station (PS)

Bagi anda para PNS tentu yang sesuai adalah jenis bisnis yang passive. Artinya, jenis usaha sampingan yang bisa dikerjakan ialah bisnis yang tidak memakan banyak waktu anda. Sebisa mungkin usaha tersebut adalah usaha yang bisa dipegang oleh orang lain atau bisa di tinggalkan dengan memberikan tanggung jawab kepada karyawan, anda hanya perlu untuk sekali-kali mengcek usaha anda . Dan contoh dari jenis usaha ini adalah Jasa Rental Play Station (PS).

Untuk membuka jasa rental Play Station anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar, cukup dengan modal 3 juta hingga 15 juta, untuk 2 sampai 5 unit PS lengkap beserta televisinya. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena jenis usaha ini sangat mudah kembali modal. Untuk menjalankannya pun anda tidak perlu tenaga banyak. Cukup dengan menunggu para gammer bermain dan anda pun tinggal menghitung rupiah yang datang setiap jamnya.

Baca juga artikel Usaha Rental Ps Masih Menjanjikan Keuntungan

Advertisement
  • Usaha Ternak Ikan

Jenis usaha lainnya yang bisa ditekuni oleh para PNS adalah usaha ternak Ikan, terlebih jika anda termasuk kedalam penghobi ikan. Jenis usaha ini dapat anda kerjakan di sela-sela waktu luang anda. Untuk mengerjakannya pun tidak memerlukan waktu yang banyak. Anda cukup meluangkan waktu sebelum dan setelah kerja saja untuk memberi makann itu sudah cukup untuk menjalankan usaha yang satu ini.

Untuk perawatan ternak ikan pun tidak butuh waktu yang lama. Cukup 15 menit hingga 1 jam saja anda sudah bisa mengelola ikan-ikan anda. Adapun jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan ialah ikan lele, ikan patin, ikan mas, ikan gurame, ikan nila, ikan bandeng, dan lain sebagainya sesuai dengan minat anda.

  • Usaha Laundry

Usaha sampingan yang bisa dikembangkan oleh para PNS lainnya adalah usaha laundry. Untuk jenis usaha yang satu ini anda mulai bisa mempekerjakan orang lain. Jadi, anda bisa menggunakan pendapatan anda untuk membangung usaha laundry. Usaha ini tergolong usaha yang mudah dikembangkan dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Jadi anda pun bisa memulai jenis yang satu ini.

Baca juga artikel Laundry Kiloan Murah Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Atau jika ingin lebih praktis dan tidak terlalu menguras waktu anda, adalah dengan jalan membeli usaha waralaba laundry yang sekarang ini banyak terdapat pilihannya. Segala persiapan usaha dari mulai mesin sampai tenaga kerja biasanya sudah di perhitungkan dan disediakan oleh pihak waralaba, sehingga anda hanya tinggal menyiapkan lokasi usahanya saja.