Mengenal Jenis-Jenis Mesin Bor Dan Fungsinya

Fungsi mesin bor secara umum adalah untuk membuat lubang pada permukaan suatu benda atau untuk kebutuhan pemasangan skrup dan baut, pemasangan sambungan dan keperluan lainnya. Benda yang dapat di bor bermacam-macam, bisa berupa kayu, besi, tembok bahkan kaca.

Untuk melubangi permukaan benda yang keras, fungsi mesin bor tidak dapat digantikan sehingga mesin ini sangat diperlukan baik itu untuk kebutuhan industri ataupun rumah tangga.

Mesin bor diciptakan dengan jenis yang bermacam-macam karena disesuaikan dengan kebutuhan kerjanya. Beberapa jenis mesin bor serta fungsinya kami ulas pada artikel kali ini.

jenis mesin bor

Mesin Bor Tangan

Dari sekian banyak jenis mesin bor yang ada saat ini, mesin bor tangan merupakan yang paling populer dan sering ditemui. Pasalnya bor yang satu ini selain dibutuhkan oleh kalangan industri juga sering diperlukan di kalangan rumah tangga.

Mesin bor tangan dibuat dengan bentuk yang simpel dan tidak terlalu besar, sehingga cukup mudah untuk digunakan oleh siapa saja.

Selain dapat berfungsi untuk membuat lubang pada benda keras, mesin bor tangan juga dapat digunakan untuk memasang atau mengencangkan baut dengan menggunakan mata bor obeng.

Harga mesin bor tangan dipasaran berkisar mulai dari 200 ribu hingga 800 ribu rupiah tergantung brand pembuatnya.

Mesin Bor Tangan Wireless (CordLess)

Mesin bor tangan juga tersedia dalam jenis wireless atau tanpa kabel. Mesin bor ini memiliki sumber tenaga berupa baterai yang dapat di isi ulang berkali-kali.

Bor wireless dibuat dengan mengutamakan kepraktisan untuk bekerja sehingga pada umumnya mesin bor ini memiliki bentuk yang lebih ramping agar ringan saat digunakan dan mudah dibawa-bawa.

Namun begitu mesin bor yang satu ini umumnya lebih cocok digunakan untuk menangani pekerjaan yang tidak terlalu berat, karena memiliki kemampuan yang terbatas.


Mesin bor wireless dibandrol dengan harga yang rata-rata hampir serupa dengan bor tangan berkabel.

Mesin Bor Duduk

Di sebut dengan nama bor duduk karena mesin bor yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dan membutuhkan dudukan berupa meja untuk menggunakannya.

Bor duduk digunakan untuk kebutuhan industri dengan kemampuan yang kuat karena ditenagai oleh dinamo listrik berkapasitas mulai dari 1/3 HP dan juga ukuran mata bor hingga 16mm.

Kecepatan putaran bor umumnya dapat di atur dengan memindahkan fanbelt yang berada didalam mesin, dengan kisaran kecepatan mulai 0 – 2500 rpm hingga 0 – 5000 rpm.

Di pasaran harga bor duduk cukup beragam tergantung merk serta spesifikasi yang dimilikinya, rata-rata harganya dapat ditebus dengan bandrol 1 jutaan hingga 4 jutaan.

Mesin Bor Multi Spindle

Untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih rumit lagi, terdapat juga mesin bor berjenis Multi Spindle yang memiliki lebih dari satu kepala mata bor. Sehingga mesin ini mampu bekerja membuat lebih dari satu lubang secara bersamaan.

Jumlah Spindle yang tersedia mulai dari 2 baris hingga 6 baris spindle, tak hanya itu terdapat pula mesin bor multiple yang dapat dirubah antara garis spindle vertikal dan horizontal. Umumnya mesin bor ini digunakan pada industri kayu dan furniture.

Mesin Bor Beton (Impact Drill)

Untuk melubangi beton atau dinding tembok selain mengandalkan putaran dari mesin bor kita juga akan membutuhkan daya tekanan (Impact) yang kuat, sehingga mesin bor impact drill cocok digunakan untuk melubangi permukaan seperti ini.

Selain melubangi permukaan yang keras seperti tembok, mesin bor ini juga dapat digunakan untuk memasang skrup yang berukuran besar agar dapat dipasang dengan mudah.

Mesin bor yang satu ini dibuat dengan bentuk yang kokoh karena memiliki tekanan yang cukup kuat dan memiliki kapasitas tekanan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Baca Juga Vending Machine, Mesin Canggih Yang Semakin Populer Di Indonesia

Itulah beberapa jenis-jenis mesin bor dan juga fungsi-fungsinya, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.