Jangan Sampai Lepas ! Ini Cara Mempertahankan Pelanggan

Persaingan antar pelaku bisnis saat ini tengah terjadi dengan sangat sengit, tak sedikit sebuah bisnis ditinggal para pelanggannya karena tertarik oleh pesaing lain hingga penjualannya menurun drastis.

Tentunya hal seperti ini sangat ditakutkan oleh setiap pelaku usaha, pelanggan yang berpaling kelain hati ibarat musibah berat yang jika terus dibiarkan bukan tidak mungkin dapat mengancam jalannya usaha.

Maka dari itu bagaimana pun keberadaan pelanggan harus kita pertahankan karena mereka memiliki peran sangat penting dalam berjalannya usaha. Tanpa adanya mereka mustahil usaha akan bisa menghasilkan keuntungan.

Cara Mempertahankan Pelanggan

Tips Mempertahankan Pelanggan

Membuat para pelanggan tetap loyal kepada bisnis kita perlu di lakukan dengan kerja keras, semangat, serta penuh kesabaran. Tidak ada cara yang mudah untuk mewujudkannya, setiap saat kita harus terus berusaha membuat mereka puas sehingga bisnis tetap bisa berjalan.

Beberapa cara yang bisa kita upayakan untuk mempertahankan pelanggan, diantaranya sebagai berikut :

Berikan Reward Untuk Pelanggan Lama

Pelanggan tetap yang selalu setia membeli produk kita janganlah dibiarkan begitu saja. Pasalnya setiap saat kompetitor bisa saja menawarkan kelebihan lain yang tidak dimiliki produk kita, jika sudah begitu kemungkinan besar mereka akan mau mencoba produk lainnya.

Sebaiknya para pelanggan tetap yang selalu loyal kita berikan reward atau penghargaan khusus yang tidak diberikan kepada pembeli lainnya. Seperti misalnya pemberian diskon khusus, layanan pengiriman agar pelanggan dimudahkan, atau berikan hadiah khusus yang membuat mereka senang.

Ikuti Keinginan Pelanggan

Dalam berbelanja tentunya setiap pembeli selalu menginginkan kelebihan dari layanan yang penjual berikan. Baik itu kelebihan dari segi harga produk, pelayanan, kemudahan dan lain sebagainya.


Oleh karena itu kita sebagai penjual seharusnya mempelajari apa yang diinginkan oleh para pelanggan. Apakah mereka membutuhkan harga yang lebih murah, mereka membutuhkan barang dengan fungsi khusus, atau mereka mendambakan kemudahan yang lebih dalam berbelanja.

Dengan mengetahuinya, maka kita akan bisa dengan segera berikan apa yang diinginkan pelanggan sehingga mereka tetap setia selalu membeli produk yang kita tawarkan.

Respon Setiap Keluhan Pelanggan

Meskipun layanan yang kita berikan kepada setiap pelanggan sudah dirasa sangat maksimal, namun tentunya semua itu tidak akan luput dari kekurangan. Oleh karena itu kita harus senantiasa selalu memberikan layanan yang lebih baik lagi setiap saat.

Untuk memperbaiki berbagai kekurangan, kita bisa menanggapi apa saja yang menjadi keluhan pelanggan. Dengan mendengar dari sumbernya secara langsung, diharapkan perbaikan layanan dapat dilakukan dengan tepat.

Hubungi Kembali Pelanggan Yang Lama Tidak Berkunjung

Jangan menyerah jika ada salah satu pelanggan yang sudah lama tidak datang berbelanja. Baik itu karena sudah mendapatkan penjual lain ataupun karena mereka belum membutuhkan produk yang kita tawarkan.

Tidak ada salahnya untuk sesekali menyapa mereka, bertanya kabar lalu menyelipkan penawaran di sela-sela obrolan. Tidak menutup kemungkinan dengan keramahan yang di berikan mereka akan mau kembali berbelanja produk kita.

Baca Juga 5 Kata-Kata Promosi Paling Menjual Yang Disukai Pelanggan, Terapkan Sekarang Juga !

Tawarkan Layanan Online

Tidak di pungkiri dijaman sekarang ini trend membeli barang telah mengalami perubahan. Pembeli saat ini lebih menggemari berbelanja secara online dibandingkan dengan harus mendatangi secara langsung ke toko fisik. Agar tidak kehilangan pelanggan, jika produk kita memungkinkan untuk di jual secara online maka segeralah untuk mempersiapkan layanan penjualan melalui internet.

Jikalau produk yang kita tawarkan tidak mungkin dipasarkan secara online, kita bisa pertimbangkan untuk membuka layanan delivery order yang menjangkau pelanggan di wilayah sekitar atau layanan lainnya yang bisa menambah keperaktisan dalam berbelanja.