Jangan Menyesali Hal Ini Di Hari Tua, Persiapkan Dari Sekarang !

Saat umur sudah tidak muda lagi, tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti sekarang. Terbatasnya tenaga, daya tahan dan kemampuan berfikir menjadi beberapa penghalang di masa-masa seperti ini.

Berbagai penyesalan mungkin akan dialami jika di waktu muda dahulu dirasa kurang maksimal mengerjakan sesuatu yang dapat dinikmati di masa tua nanti.

Belajar dari pengalaman para orang tua, beberapa hal berikut ini umumnya menjadi penyesalan di saat usia tua. Dengan mengetahuinya dari sekarang diharapkan masih ada waktu untuk mempersiapkan dari sekarang.

Jangan Menyesali Hal Ini Di Hari Tua

Tidak Memiliki Bisnis Yang Terus Menghasilkan

Tidak banyak pekerjaan yang dapat menjamin akan tanggungan biaya hidup hingga hari tua. Meski ada beberapa perusahaan yang memberikan dana pensiun, namun belum tentu mencukupi untuk menutupi seluruh kebutuhan.

Begitupun dengan berbisnis, tidak dapat menjamin juga akan terus dapat menghasilkan keuntungan hingga kita tua nanti.

Hanya saja dalam berbisnis setidaknya ada yang dapat kita upayakan sejak dini untuk mempersiapkan saat kita tidak bisa maksimal lagi menjalankannya.

Oleh karena itu di saat bisnis sedang berjalan dan kita masih berada di usia produktif, sebaiknya persiapkan strategi dan menejemen yang baik agar bisnis bisa terus menghasilkan bahkan di turunkan ke generasi berikutnya.

Mengabaikan Investasi dan Tabungan

Sering kita berkilah saat mengabaikan menabung dan berinvestasi sejak usia muda karena penghasilan tidak memungkinkan untuk disisihkan sebab tidak mencukupi. Padahal di masa tua nanti kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk mencukupi berbagai pengeluaran.


Sebelum usia semakin menua, sebaiknya kita evaluasi kembali apakah memang penghasilan yang didapat pas-pasan atau karena gaya hidup yang terlalu konsumtif sehingga tidak mampu untuk menabung dan berinvestasi.

Jika terlalu konsumtif sebaiknya segera jauhi sebelum menjadi kebiasaan dan sulit untuk di tinggalkan.

Namun jika karena memang memiliki penghasilan yang pas-pasan, ada baiknya selagi masih dalam usia produktif kita berusaha lebih keras lagi demi mempersiapkan keuangan di hari tua nanti.

Baca Juga Kamu Ingin Hidup Mapan Di Masa Depan ? Mulai Berinvestasi Dari Sekarang !

Tidak Menjaga Kesehatan

Saat tubuh sudah mengidap berbagai penyakit dan tidak memiliki tenaga yang maksimal untuk beraktifitas, tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain berobat dan beristirahat secara total.

Di masa tua nanti kondisi tersebut tentunya akan sulit untuk dihindari.

Namun begitu bukan berarti tidak ada upaya yang bisa dilakukan sejak usia muda agar tubuh tidak mudah di hampiri penyakit dan memiliki stamina yang baik di usia lanjut.

Diantaranya saja seperti rutin melakukan olah raga, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, cukup beristirahat dan lain sebagainya, harus tetap dilakukan sejak usia dini.

Kurangnya Waktu Bersama Keluarga

Meski di usia muda kita di tuntut harus maksimal berusaha demi mempersiapkan keuangan di masa tua, bukan berarti hingga harus mengorbankan seluruh waktu yang dimiliki untuk bekerja.

Di masa tua nanti sangatlah manusiawi jika mengalami perasaan rindu kepada keluarga yang sudah memliki rumah tangga masing-masing.

Jika saat masih berkumpul kita tidak menyediakan waktu luang yang cukup maka tentunya penyesalan akan lebih mendalam dirasakan di masa tua nanti. Oleh karena itu sebaiknya bagi porsi waktu dengan seimbang antara bekerja dan menghabiskan waktu dengan keluarga tersayang.

Baca Juga Peluang usaha Untuk Orang Tua Berusia Lanjut

Itulah beberapa hal yang umum menjadi penyesalan di masa tua, selagi kita belum masuk pada masa tersebut masih ada waktu untuk mempersiapkan diri agar tidak mengalaminya.