Inspirasi Strategi Bisnis Kuliner Dari Restoran Cepat Saji KFC

Siapa tidak mengenal restoran berjenis fast food sekelas KFC, keberadaannya yang mudah di temui di berbagai kota membuat kita tidak asing lagi saat melihatnya. Bahkan saking populernya restoran ini memiliki hati tersendiri di masyarakat, tidak sedikit juga yang menjadikan tempat ini sebagai favorit bersantap, penggemarnya pun datang dari segala kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sebetulnya tidak hanya di Indonesia, KFC atau Kentucky Fried Chicken ini juga populer di berbagai belahan dunia. Lihat saja jumlah cabangnya yang berdiri dengan sistim franchise hingga 17.000 restoran yang tersebar di 130 negara. Membuat pantas jika di sebut sebagai salah satu restoran cepat saji tersukses di dunia.

Hebatnya lagi gerai-gerai KFC yang dapat kita temui dimana-mana ini hampir jarang terlihat sepi setiap harinya, bahkan di moment liburan seringkali terdapat antrian karena banyaknya pengunjung yang datang. Sebetulnya apa saja strategi bisnis yang mereka terapkan hingga bisa terus di kunjungi pelanggan ?

strategi bisnis kfc

Berikut inspirasi yang bisa kita pelajari dari Bisnis Kuliner Restoran Cepat Saji KFC :

Cita Rasa Masakan

Sudah barang tentu dalam bisnis kuliner cita rasa dari resep masakan menjadi nomor satu yang harus di sajikan kepada pelanggan. Di KFC rasa lezat hidangan kulinernya memiliki ciri khas tersendiri yang tidak di miliki tempat lain.

Dan untuk citarasa tersebut selalu di sempurnakan dengan upaya mereka yang selalu berinovasi secara berkala dengan menghadirkan resep-resep ayam yang baru. Sehingga konsumen tidak pernah merasa bosan untuk bersantap di tempat ini.

Ditambah dengan konsistensi mereka yang berhasil menghadirkan rasa yang seragam meski diolah di beratus-ratus gerai yang berbeda dan dikerjakan oleh sumber daya yang berbeda-beda juga.

Lokasi Strategis

Advertisement

Gerai KFC selalu di bangun di lokasi yang benar-benar strategis seperti di jalan raya utama, pertigaan dan perempatan, juga di dalam mal serta pusat-pusat pembelanjaan terkemuka. Lokasi tempat didirikan gerai pun selalu di kelilingi pusat keramaian seperti bank, sekolahan, supermarket, perumahan dan sebagainya.

Selain itu, setiap gerai yang di bangun pun di desain dengan arsitektur modern dan bersih sehingga menyenangkan konsumen untuk betah berlama-lama disana.

Harga Penawaran Yang Menarik

Kita bisa perhatikan, strategi yang mereka terapkan pada penerapan harga yang di tawarkan. Seperti dengan menawarkan harga paket yang lebih murah dibandingkan dengan jika membeli secara satuan, hal ini tentu menguntungkan karena item barang yang bisa di jual menjadi lebih banyak.

Selain itu seringkali juga KFC menawarkan promo menarik dengan harga yang sangat murah di jam-jam dan hari tertentu, strategi ini di lakukan untuk mengisi waktu tertentu yang sepi pengunjung, dengan begitu gerai-gerainya setiap saat selalu ada pelanggan.

Baca juga inspiratif, buruh panggul hasilkan ratusan dollar dari internet

Fasilitas Menarik

Selain desain gerainya yang modern KFC juga memberikan berbagai fasilitas yang menarik dan memiliki magnet penarik pelanggan. Sebut saja seperti dengan adanya play ground atau arena bermain untuk anak-anak, fasilitas ini tentu akan menarik minat anak-anak untuk mengajak orang tuanya berkunjung kesana.

Bekerja Sama Dengan Perusahan Lain

KFC juga rajin melakukan kerja sama dengan usaha lain dalam hal ini yang dapat kita perhatikan adalah dengan industri musik. Langkah ini menarik minat para remaja dan anak muda yang menggandrungi salah satu penyanyi atau band favoritnya yang bekerja sama.

Beberapa strategi inilah yang dilakukan sehingga mampu terus bekembang dan bertahan menjadi restoran populer dalam waktu yang lama, namun selain itu tentu saja mereka pun masih banyak memiliki strategi jitu lainnya. Dengan mengetahuinya diharapkan kita pun bisa menerapkan pada bidang bisnis kuliner yang sedang atau akan dijalankan.

Baca juga kisah inspiratif perjalanan usaha bob sadino