Inilah Keuntungan Pakai Digital Payment (Pembayaran Digital)

Bagi anda yang saat ini masih nyaman bertransaksi menggunakan uang tunai atau cash, mulai sekarang harus coba untuk melirik metode pembayaran digital karena lebih banyak keuntungannya.

Sistem pembayaran digital (pembayaran elektronik) di Indonesia saat ini bisa dibilang sudah maju, aman, dan sangat mudah dilakukan siapa saja dan dari mana saja selama terjangkau oleh signal cellular ataupun internet. Sistem pembayaran digital kini juga menjadi andalan para perusahaan terkemuka sebagai salah satu fitur untuk memanjakan konsumen.

Nah, jika anda masih ragu untuk berpartisipasi dalam salah satu penyedia e-payment, anda wajib mengetahui keuntungan pakai digital payment berikut ini.

Keuntungan Digital Payment

Tidak Hanya Untuk Transaksi Jual/Beli

Untuk memenuhi kebutuhan kita pasti butuh yang namanya transaksi seperti membeli sesuatu, membayar tagihan, investasi, menabung dan lain sebagainya.

Nah, semuanya itu kini bisa dilakukan menggunakan sistem pembayaran digital. Bahkan di era digital seperti ini tak mustahil satu orang memiliki lebih dari satu sistem pembayaran digital, entah itu pakai internet banking, dompet digital, mobile banking, ataupun yang lain sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga Mengenal OVO dan Cara Menggunakannya

Sangat Membantu di Saat Emergency / Kondisi Mendesak

Terkadang uang cash tidak cukup membantu di saat kondisi mendesak seperti kehabisan pulsa handphone ataupun pulsa listrik.

Nah, disini sistem pembayaran digital bisa sangat membantu. Coba anda bayangkan ketika berada di rumah sementara diluar kondisinya sedang hujan sangat deras. Pas lagi dingin-dinginnya, tiba-tiba listrik padam karena pulsa habis. Nah, di saat seperti ini jika anda punya dompet digital misalnya atau internet banking, semua itu bisa diatasi dengan sangat mudah.

Apalagi bagi anda yang sering lupa jatuh tempo tagihan bulanan, hal tersebut bisa teratasi dengan sistem bayar otomatis melalui potong saldo. Atau minimal, anda bisa bayar dalam hitungan detik atau menit itu juga di saat tagihan sudah jatuh tempo untuk menghindari denda.


Efektif dan Efisien

Keuntungan pakai digital payment lainnya adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembayaran bagi anda yang memiliki aktifitas tinggi.

Dari pada anda menyewa asisten juru bayar untuk mengurusi semua tagihan dan pembayaran, akan lebih murah dan lebih efektif jika semua tagihan dan pembayaran tersebut anda otomatis bayarkan lewat pembayaran digital. Untuk yang satu ini anda harus cermat dalam memilih penyedia layanan karena itu menentukan lengkap tidaknya merchant atau vendor yang didukung.

Tidak Ada Uang Palsu

Salah satu tujuan dari sistem pembayaran digital adalah melindungi transaksi yang dilakukan oleh konsumen dan juga pedagang dari peredaran uang palsu.

Sebagai contoh, jika anda berbelanja dan kemudian mendapatkan kembalian, anda harus cek uang tersebut. Demikian juga pedagang, ketika menerima uang tunai dari konsumen juga harus dicek dulu keasliannya.

Hal tersebut tidak berlaku dalam sistem pembayaran digital karena yang tercatat dalam pembayaran digital bukan fisik uangnya, melainkan nilai nominalnya.

Baca Juga 5 Keuntungan Yang Didapat Dari Aplikasi OVO  dan Cara Mudah Mencairkan Uang di OVO

Peluang Cashback dan Bonus Lebih Banyak

Sistem pembayaran digital sekarang ini sedang gencar-gencarnya disosialisasikan. Ada puluhan atau bahkan ratusan dompet digital yang sudah beroperasi.

Bahkan marketplace juga ikut mendirikan dompet digital sebagai alternatif pembayaran. Dari banyaknya layanan tersebut secara otomatis mereka akan berlomba-lomba menggait pengguna.

Sebagai konsekuensi, cashback, diskon dan bonus juga harus diberikan untuk menarik peminat pengguna baru sekaligus sebagai nilai plus untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Lebih Hemat

Satu lagi keuntungan pakai digital payment yang sulit didapat dengan sistem pembayaran tunai, yaitu lebih harga yang lebih hemat. Beli pulsa lebih hemat pakai dompet digital, bayar tagihan lebih hemat via pembayaran elektronik, bahkan naik ojek sekalipun pasti lebih hemat jika bayar melalui digital payment.