Ingin Sukses Bisnis Kuliner Dengan Food Truck, Berikut Tipsnya

Food Truck, Memang baru beberapa waktu kebelakang konsep bisnis kuliner ini mulai di kenal di negara kita. Namun antusias konsumen mendatangi model usaha seperti ini sudah cukup ramai di berbagai daerah dan kota-kota besar.

Bagi yang baru mendengar, food truck ini adalah sebuah sarana berjualan produk kuliner yang berupa kendaraan yang telah di modifikasi. Jadi tidak seperti biasanya yang berupa tempat usaha, kini berjualan makanan dan minuman sedang populer di jalankan dengan konsep seperti ini.

Ulasan lengkap mengenai model bisnis ini, bisa anda baca artikelnya di : food truck, konsep baru dalam berbisnis kuliner

tips Bisnis Kuliner Dengan Food Truck

Karena respon dari masyarakat yang cukup baik, maka kini food truck semakin banyak dipilih sebagai peluang untuk menghasilkan laba yang besar. Keberadaanya pun kian menjamur terlebih lagi di kota-kota besar.

Konsepnya yang unik dan modern, menjadi salah satu yang menjadi perhatian konsumennya. Selain itu variasi baru menu kuliner yang ditawarkannya juga menjadi poin yang menyemarakan.

Meski begitu, dinamika dunia usaha tetap menyisakan beberapa kendala terhadap pelaku bisnisnya. Diantaranya cukup banyak juga pebisnis food truck ini mengalami kegagalan dalam menjalankannya.

Terlebih, untuk memulai bisnis ini juga memerlukan modal yang cukup besar karena sarananya yang berupa kendaraan, belum lagi biaya yang di keluarkan untuk memodifikasinya. Sehingga jika kita benar-benar berminat untuk terjun dalam bisnisnya, perlu adanya perhitungan yang mendalam serta strategi langkah menjalankannya dengan seksama.

Namun jangan khawatir, karena selama usaha kita jalankan dengan serius tentu hasilnya pun akan maksimal. Tinggal kita berengi keseriusan tersebut dengan langkah yang tepat sesuai bidang usahanya.

Dan berikut ini juga ada beberapa tips yang bisa di jalankan dalam berbisnis kuliner konsep food truck, semoga saja bisa menjadi masukan tambahan yang bermanfaat.

  • Suplai Bahan Baku

Menurut Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI) beberapa waktu yang lalu, salah satu yang menjadi kendala menjalankan bisnis ini datang dari cukup sulitnya didapat beberapa bahan baku yang masih harus di import.

Jika kita perhatikan memang kebanyakan kuliner yang di jajakan dalam food truck ini berjenis kuliner mancanegara, semisal pizza, taco, steak dan sejenisnya. Kuliner ini yang rata-rata bahan bakunya memerlukan bahan import.

Advertisement

Untuk itu, cukup penting di pikirkan dalam menentukan jenis kuliner yang akan di jajakan. Pilih yang sekiranya dapat dibuat dengan bahan baku yang mudah di dapatkan di pasar lokal. Kita juga bisa pilih kuliner lokal atau tradisional untuk di tawarkan sehingga suplai bahan baku pastinya akan lancar.

Baca juga makanan tradisional terkenal inspirasi berbisnis kuliner

  • Pemilihan Lokasi Berjualan

Meski sangat fleksible dibandingkan dengan tempat makan biasa, karena dengan food truck ini anda akan dengan mudah memilik lokasi berjualan. Namun hendaknya tetap pastikan lokasi harus strategis agar waktu tidak terbuang dengan percuma.

Terutama perlu ada kesesuaian antara jenis kuliner yang ditawarkan dengan segmen konsumennya. Misalnya, jika kita menjajakan makanan modern yang berharga cukup mahal, maka bisa pilih berjualan di halaman mall-mall terkemuka di kota-kota besar.

  • Ikut Berbagai Event Dan Bazzar

Dalam kegiatan event dan bazzar khusus food truck terdapat banyak keuntungan untuk para pelaku bisnisnya. Diantaranya merupakan ajang yang paling efektif untuk mengenalkan bisnis kita kepada masyarakat.

Ditambah lagi dengan saat sekarang ini food truck masih terbilang model bisnis yang unik di negara kita, akan cukup menarik perhatian para calon konsumen untuk datang dan mengenalinya dengan lebih dekat.

Baca juga inspirasi strategi bisnis kuliner dari restoran cepat saji kfc

  • Bergabung Bersama Komunitas

Dengan bergabung bersama komunitas atau asosiasi tertentu khusus food truck, kita akan banyak terbantu saat bisnis mengalami berbagai kendala. Karena asosiasi yang sekarang ini bermunculan juga membantu mengarahkan para membernya agar sukses di bisnis ini.

  • Kerja Sama Dengan Kompetitor

Kompetitor atau pesaing yang menjalankan usaha yang sejenis, tidak selamanya akan menjadi salah satu rintangan kita dalam berbisnis. Namun sebaliknya kita bisa jadikan persaingan ini sebagai sarana meningkatan omset berjualan.

Seperti dengan cara bekerja sama mengajak kompetitor untuk berjualan di satu lokasi secara berbarengan. Dengan cara ini bukannya akan mengakibatkan saling menjatuhkan, namun akan bisa lebih menarik perhatian calon konsumen untuk datang, karena terbentuk suatu pasar kuliner yang variatif dan lengkap.

Baca juga sukses usaha berjualan kuliner di foodcourt atau pujasera