Ingin Punya Mobil Dengan Gaji 3 Juta, Ini Caranya

Meski bukan merupakan sebuah kebutuhan pokok, mobil nyatanya masih menjadi idaman banyak orang untuk dimiliki. Apalagi bagi sebuah keluarga yang anggotanya sudah lebih dari 3 orang, mobil pribadi menjadi sebuah sarana untuk bepergian dengan nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan umum.

Sayangnya harga mobil yang bernilai minimalnya puluhan juta rupiah membuat barang yang satu ini sulit dimiliki oleh kalangan menengah kebawah. Misalnya saja mereka yang hanya memiliki gaji 3 jutaan perbulannya.

Tentunya dengan pendapatan yang tidak besar itu akan membutuhkan usaha yang keras untuk bisa memiliki sebuah mobil, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Beberapa cara yang dapat upayakan untuk bisa memiliki mobil dengan pendapatan 3 jutaan, diantaranya sebagai berikut.

Punya Mobil Dengan Gaji 3 Juta

Targetkan Mobil Dengan Harga Terjangkau

Sesuai dengan pendapatan yang dimiliki, hendaknya jadikan mobil berharga murah untuk menjadi pilihan. Kedepan jika pendapatan terus meningkat memiliki mobil kelas menengah hingga premium bukan mustahil bisa didapat.

Untungnya saat ini cukup banyak beredar mobil-mobil berharga terjangkau yang memang diciptakan untuk kalangan berpenghasilan pas-pasan.

Misalnya saja mobil berkategori LCGC ( Low Cost Green Car ) contohnya seperti Toyota Agya, Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla dan lain sebagainya. Mobil-mobil tersebut rata-rata dihargai dibawah 100 jutaan dengan biaya perawatan rutin bulanan yang tidak terlalu besar.

Pertimbangkan Untuk Memilih Mobil Bekas

Mobil berkondisi bekas harganya bisa jauh lebih murah lagi dibandingkan dengan mobil baru berkategori LCGC.

Namun tentunya bukan mobil bekas berkategori kelas menengah atau premium melainkan mobil kelas entry level (untuk pemula) yang rata-rata memiliki kapasitas mesin dibawah 1500 cc dengan masa bekas pakai diatas 5 tahunan.

Beli Mobil Dengan Sistem Kredit

Dengan sistim pembelian kendaraan secara kredit kita hanya cukup mempersiapkan biaya uang muka ke bank atau leasing untuk bisa memiliki mobil idaman. Besarnya berkisar antara 10 hingga 20 jutaan untuk uang muka minimal mobil berharga dibawah 100 jutaan.


Selanjutnya kita harus mempersiapkan biaya cicilan setiap bulan, untuk biaya ini setidaknya harus mengeluarkan uang sebesar 1,5 juta hingga 2 jutaan untuk masa cicilan selama 4 hingga 5 tahun.

Persiapkan Biaya Dengan Rutin Menabung

Untuk mempersiapkan biaya uang muka menyisihkan pendapatan untuk ditabung secara rutin harus dilakukan agar impian memiliki mobil dapat segera terwujud.

Meski nilai uang yang ditabung tidaklah besar namun masih terdapat kemungkinan kita dapat memiliki uang yang dibutuhkan dibandingkan dengan tidak menabung sama sekali.

Sebagai gambaran, jika kita dapat menabung sebesar 500 ribu dalam satu bulan maka uang sebesar 20 juta dapat dimiliki dengan jangka waktu 40 bulan atau 3 tahunan.

Menjalankan Gaya Hidup Hemat

Untuk mempercepat mendapatkan mobil idaman menerapkan gaya hidup hemat setiap bulan wajib dilakukan. Pengeluaran-pengeluaran untuk kebutuhan yang kurang penting harus di tinggalkan, lebih baik kita kumpulkan dalam tabungan agar target keuangan segera didapat.

Misalnya saja dengan mengurangi biaya makan diluar saat bekerja dengan memilih membawa bekal dari rumah, mengurangi biaya untuk berlibur di ahir pekan, dan lain sebagainya.

Baca Juga Cara Tepat Menghemat Uang Gaji yang Kecil

Mencari Penghasilan Tambahan

Untuk menambah pendapatan yang didapat sebesar 3 juta perbulan dari pekerjaan pokok, pertimbangkan untuk cari uang tambahan dengan menjalankan kerja atau usaha sampingan.

Pekerjaan tersebut dapat dilakukan di waktu-waktu luang seperti sepulang kerja atau mungkin di hari libur. Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah tanpa terikat waktu bisa dipilih sebagai upaya menghasilkan uang tambahan dengan mudah.

Dengan adanya tambahan tersebut, usaha mengumpulkan uang sebagai biaya uang muka untuk membeli mobil bisa lebih cepat dimiliki begitu pula untuk biaya cicilan setiap bulan yang akan menjadi tanggungan kelak.

Baca Juga Usaha Sampingan yang Bisa dijalankan Malam Hari

Dengan gaji sebesar 3 juta apalagi dibawahnya memang akan membutuhkan perjuangan agar bisa memiliki mobil sebagai sarana pendukung kegiatan sehari-hari. Hendaknya lakukan upaya ini dengan tekun dan sabar karena bukan tidak mungkin pendapatan kita mungkin saja bisa meningkat pesat karena menjalankannya.