Ingin Produk Bisa Diterima Retail Modern, Begini Caranya

Masyarakat masa kini sedikit demi sedikit mulai beralih dalam memilih tempat berbelanja, sekarang rata-rata dari mereka lebih memilih toko retail modern seperti supermarket, minimarket, untuk membeli berbagai kebutuhan.

Tentu saja, pasalnya retail modern menawarkan kemudahan berbelanja yang lebih praktis karena didukung teknologi terkini. Belum lagi kenyamanan yang ditawarkan pastinya sangat jauh lebih baik dibanding toko retail tradisional.

Intinya toko retail modern di buat dengan konsep yang mengikuti perkembangan gaya hidup pembeli masa kini sehingga menjadi lebih di sukai.

Oleh karena itu jika anda kini memiliki sebuah bisnis yang memproduksi suatu produk, segeralah untuk upayakan agar dapat masuk kedalam bisnis retail modern agar tidak kehilangan pelanggan.

Pertanyaannya bagaimana caranya agar produk kita bisa diterima toko retail modern ? Karena tentunya toko seperti itu tidak akan sembarangan memilih produk untuk mengisi tempatnya.

Produk agar Bisa Diterima Retail Modern

Strategi Agar Produk Tembus Pasar Retail Modern

Bagi perusahaan berskala besar membuat produk agar diterima retail modern mungkin bukan menjadi sebuah kesulitan.

Lain halnya jika produk dihasilkan dari bisnis yang hanya berskala Kecil dan Menengah (UKM), Akan membutuhkan beberapa strategi khusus agar produknya bisa diterima.

Namun begitu bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Beberapa produk usaha kecil saat ini tidak sedikit yang sudah mampu menembus pasar modern bahkan menorehkan jumlah penjualan yang cukup besar.

Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan.

  • Sertifikasi Produk

Produk yang sudah tersertifikasi menjadi salah satu syarat yang tidak dapat ditawar lagi untuk dapat mengisi deretan rak di ritel modern. Maka sedari dini sebaiknya buat sertifikat dari badan pemerintahan yang terkait agar dimiliki produk anda.


Misalnya, sertifikat PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) untuk produk makanan, Label SNI, Label Halal, dan lain sebagainya. Dengan adanya sertifikat seperti ini, kesempatan untuk diterima untuk di pasarkan di retail modern pun akan menjadi lebih terbuka.

  • Mampu Bersaing Dengan Produk Lain

Dalam sebuah toko retail untuk satu jenis produk saja dapat tersedia beberapa merk untuk menjadi pilihan para konsumen. Mau tidak mau produk kita harus bisa bersaing dengan merk lainnya.

Produk yang memiliki kualitas lebih baik daripada yang sudah ada, tentunya bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi sebuah toko retail untuk memasukan produk anda.

Dengan begitu akan lebih baik jika sebelumnya produk anda telah memiliki pasar tersendiri atau telah dikenal oleh pasar.

  • Mampu Menjaga Ketersediaan Stok Produk

Rata-rata toko retail sekelas minimarket, swalayan atau supermarket memiliki banyak cabang di beberapa kota. Otomatis jenis-jenis produk yang di jajakan di cabang satu dengan yang lainnya pun sama.

Oleh sebab itu jika produk kita ingin bisa mengisi toko retail modern perlu dipastikan stok produk bisa memenuhi permintaan mereka.

Tak hanya itu, ketersedian stok juga harus bisa dipastikan selalu tersedia setiap saat. Produk yang terkadang memiliki stok melimpah namun kadang mengalami stok kosong, akan sulit diterima.

Keuntungan Produk di Terima Retail Modern

Toko retail modern mengkedepankan konsep berbelanja dengan nyaman untuk para konsumen sekaligus menawarkan harga yang bersaing dengan bisnis retail lainnya. Sehingga tidak heran jika masyarakat lebih menggemari berbelanja di tempat-tempat seperti ini.

Dengan semakin populernya retail modern ini, otomatis transaksi penjualan produk didalamnya pun terjadi semakin pesat. Maka jika produk kita dapat ikut dipasarkan disana tentunya akan berpotensi meningkatkan omset penjualan dengan signifikan.

Baca Juga Cara Dan Syarat Memasukan Produk Ke Minimarket

Itulah sedikit informasi mengenai tips dan strategi agar produk kita bisa diterima di retail modern. Memang bukan suatu hal yang dapat dilakukan dengan mudah melainkan perlu proses percobaan dan evaluasi ulang jika produk gagal diterima. Selanjutnya perbaiki berbagai kekurangan, lalu coba tawarkan kembali setelah melakukan perbaikan.