Ingin Bisnis Bisa Bertahan Lama ? Ikuti Tips Berikut

Tidak banyak yang menyadari, mempertahankan sebuah bisnis sebetulnya sama sulitnya dengan saat kita merintisnya di awal membangun usaha. Bahkan ada yang mengatakan mempertahankan bisnis jauh lebih sulit dibandingkan dengan merintisnya.

Pernyataan ini mungkin didasari dengan tidak sedikitnya perusahaan-perusahaan yang sekarang ini mengalami gulung tikar di karenakan berbagai sebab, padahal jika dilihat perusahaan tersebut skalanya sudah cukup besar dan dikenal sebagian besar masyarakat.

Bisnis yang sudah berjalan hingga bertahun-tahun, brandnya telah populer, bahkan pelanggannya pun tersebar dimana-mana, ternyata tetap tidak bisa di jadikan patokan bahwa bisnis bisa tetap bertahan selama-lamanya.

Pasalnya kebutuhan pasar akan terus meningkat dan konsumen bisa saja akan mencari produk yang lebih baik dibanding dengan produk yang sudah biasa digunakan. Belum lagi kehadiran para kompetitor yang tidak mungkin bisa kita hindarkan yang bisa lebih mempersulit persaingan di pasaran.

Selain itu tentunya masih banyak lagi hal lainnya yang menjadi penyebab sulitnya mempertahankan sebuah usaha. Lalu adakah cara yang bisa dilakukan agar bisnis kita bisa bertahan lama ? Beberapa tips berikut bisa saja mewujudkannya.

Bisnis Bisa Bertahan Lama

Selalu Upayakan Untuk Memperbaharui Produk

Seperti yang sudah sedikit di singgung di atas bahwa konsumen pastinya akan selalu mencari produk yang lebih baik setiap mereka akan membutuhkannya kembali, maka mau tidak mau kita sebagai penjual harus bisa mengikuti apa yang mereka inginkan.

Contoh sederhana, dahulu ponsel hanya dapat digunakan untuk menelepon dan sms saja. Namun seiring berkembangnya jaman fungsinya kini semakin beragam bahkan berganti menjadi ponsel pintar.


Jika sebuah produsen ponsel tidak mengikuti perkembangan dan tetap membuat ponsel dengan fungsi sms dan telepon saja, tentu saja produk tidak laku di pasaran.

Tak Hanya Produk, Pelayanan pun Harus Selalu Ditingkatkan

Produk sudah mengikuti perkembangan jaman, jangan juga lupakan pelayanan terhadap konsumen harus terus di tingkatkan menjadi lebih baik lagi. Jika tidak dilakukan maka hasilnya pun akan sia-sia.

Pelayanan yang maksimal tidak hanya dengan cara kita memperlakukan mereka dengan baik disaat bertansaksi, namun di luar itu masih banyak layanan lain yang juga di inginkan oleh mereka.

Misalnya saja, layanan garansi jika produk yang dibeli mengalami kerusakan, layanan delivery order bagi konsumen yang tidak bisa datang langsung ke tempat, diskon khusus, harga bersaing, dan lain sebagainya.

Pantau Kompetitor dan Menyimak Trend Pasar

Dua poin diatas bisa dilakukan dengan syarat poin yang berikut ini tidak kita abaikan. Memantau pergerakan kompetitor membuat kita dapat bersaing dengan sehat sehingga tidak kehilangan perhatian dari konsumen.

Sedangkan mengikuti trend yang ada di pasaran dapat membuka peluang untuk kita berinovasi membuat produk atau layanan baru yang lebih diminati di pasaran.

Dengan selalu menerapkannya bukan tidak mungkin bisnis kita tidak hanya bisa bertahan lama, namun tidak menutup kemungkinan bisnis yang kita jalankan bisa selalu menjadi yang terdepan.

Baca Juga Sukses Mempertahankan Bisnis Keluarga, Berikut Ini Tipsnya

Jalankan Bisnis Dengan Konsisten

Setelah merintis bisnis dari awal dengan penuh perjuangan, ada kalanya beberapa waktu kedepan pelakunya dihinggapi rasa bosan, jenuh bahkan malas meski bisnis yang dijalankan bisa memberikan keuntungan, apalagi jika hasil keuntungannya tidak sesuai harapan.

Hal ini terjadi hampir kepada setiap pelaku usaha, tinggal bagaimana cara kita untuk mengatasinya. Untuk perhatian tak jarang bahkan ada pebisnis yang gagal melewatinya dan berahir dengan berhenti menjalankan usaha.

Tentu hal ini tidak boleh terjadi jika bisnis yang dibagun ingin bisa terus berjalan, salah satu caranya adalah dengan mendisiplinkan diri untuk tetap konsisten menjalankan usaha. Jika rasa bosan datang kita dapat upayakan dengan sejenak melakukan istirahat atau liburan dari rutinitas harian.