Iklan Facebook Berbayar, Apakah Efektif Untuk Promosi Online?

Iklan Facebook berbayar memang sudah mulai banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk meningkatkan brand awareness maupun mempromosikan produk-produk terbarunya. Namun sayangnya, mayoritas pengguna iklan Facebook berbayar adalah perusahaan besar. Jikalaupun ada perorangan yang menggunakannya, paling jumlahnya masih sangat sedikit.

Sebenarnya kenapa belum banyak orang yang berani menggunakan iklan Facebook berbayar? Apakah memang biayanya mahal ataukah memang kurang begitu efektif hasilnya?

Berbicara mengenai iklan Facebook berbayar, sebenarnya fitur iklan berbayar di Facebook termasuk sebagai salah satu media promosi yang paling efektif dan juga bisa dikatakan cukup terjangkau. Hanya saja, memang iklan Facebook ini tidak selalu bisa memberikan hasil sesuai dengan harapan. Cukup banyak orang yang merasa rugi setelah menggunakan iklan berbayar di Facebook, namun tidak sedikit juga yang justru merasakan keuntungan sangat besar dari fitur tersebut.

Lalu sebenarnya iklan Facebook berbayar itu menguntungkan atau merugikan untuk promosi online?

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai efektif tidaknya iklan berbayar di Facebook tersebut, anda bisa membaca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Iklan Facebook Berbayar

Kenapa Iklan Facebook Berbayar Bisa Merugikan Ketika Digunakan Untuk Promosi?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, iklan di Facebook berbayar memang tidak selalu menguntungkan. Cukup banyak yang sudah mengalami kerugian yang tidak bisa dikatakan sedikit hanya karena menggunakan fitur iklan ini.

Namun jangan skeptis terlebih dahulu. Hal tersebut bukan berarti iklan Facebook berbayar tidak ada gunanya. Pasalnya, ada cukup banyak juga yang sukses setelah menggunakan fitur iklan berbayar dari Facebook tersebut.

Lalu kenapa iklan Facebook berbayar bisa merugikan? Berikut ini adalah beberapa alasannya.

  • Belum berpengalaman dalam menggunakan iklan berbayar di media online

Hal pertama menjadi penyebab kurang efektifnya penggunaan iklan Facebook berbayar yang berujung pada kerugian material adalah karena pengguna belum berpengalaman dalam menggunakan iklan berbayar di media online.

Perlu anda ketahui, cara memasang iklan di media online itu tidak sama dengan memasang iklan di media cetak maupun media lainnya.

Media online menggunakan tata cara yang sangat berbeda baik dalam menentukan target market sampai pada penentuan biaya. Oleh sebab itu, sebelum mencoba menggunakannya, anda disarankan untuk mempelajarinya dan menggunakan budget terendah terlebih dahulu.

  • Salah menentukan target market

Penyebab kerugian menggunakan iklan Facebook berbayar juga biasanya karena anda tidak mengetahui bagaimana menentukan target market. Ketika anda memasang iklan di Facebook, anda wajib mengatur siapa target market anda. Mengatur target market adalah kunci pertama yang sangat menentukan sukses tidaknya iklan anda nantinya.

Masalahnya, masih banyak orang yang belum mengetahui siapa sebenarnya target market produk atau jasa yang mereka tawarkan. Misalkan saja anda menjual mobil mewah, tentu saja seharusnya target market anda adalah orang-orang yang minimal menyukai mobil bukan?

Kerugian dalam memasang iklan Facebook berbayar bisa terjadi ketika anda ingin mengiklankan mobil mewah namun memasang target market semua orang. Sebelum iklan anda sampai di depan orang yang tepat, dana yang anda miliki sudah habis terlebih dahulu.

Semua itu hanya karena salah menentukan target market sejak awal. Target market kelihatannya memang tampak seperti poin tidak penting, namun jika mau diperhatikan dan diurutkan, target market itu memegang peranan sangat penting pada performa iklan.

  • Menyasar target market yang mahal dengan budget sangat rendah

Jika anda sudah benar dalam menentukan target market, anda masih bisa juga mengalami kerugian ketika menggunakan iklan Facebook berbayar. Faktor yang juga bisa menyebabkan anda mengalami kerugian selanjutnya adalah karena budget yang anda gunakan terhitung sangat rendah untuk target market yang anda inginkan.


Perlu anda ketahui, setiap target market di Facebook itu tidak sama nilainya. Semakin banyak orang yang menyasar target market tertentu, maka semakin tinggi biaya iklan yang anda butuhkan untuk menyasar target market tersebut.

Jadi misalkan saja anda ingin menjual vapor (rokok eletrik yang sedang naik daun) dengan menggunakan iklan di Facebook berbayar, kemungkinan besar anda tidak bisa menjangkau terlalu banyak orang dengan menggunakan budget terendah. Kenapa? Karena pasti juga telah banyak orang yang menggunakan fitur iklan Facebook untuk mengiklankan produk sejenis.

  • Produk atau jasa yang anda iklankan memang tidak menarik

Iklan Facebook berbayar juga bisa tampak tidak memberikan keuntungan sama sekali bukan karena anda salah mengatur target market ataupun budget. Anda mungkin saja sudah mengatur target market yang tepat untuk produk atau jasa yang anda tawarkan, dan andapun mungkin sudah menggunakan budget yang sedikit lebih tinggi dari budget yang disarankan.

Namun masih ada kemungkinan anda mengalami kerugian ketika produk atau jasa yang anda tawarkan memang kurang menarik bagi konsumen.

Ada banyak sekali alasan kenapa konsumen tidak tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Hal tersebut bisa dikarenakan kualitas produk atau jasa, harga produk atau jasa, ataupun karena konten iklan anda yang kurang menarik.

Baca Juga Jualan di Facebook, Apakah Masih Berpotensi di Jaman Sekarang?

Faktor yang Perlu Diperhatikan Untuk Menggunakan Iklan Facebook Berbayar Secara Efektif

Memang ada cukup banyak faktor yang bisa menyebabkan iklan Facebook berbayar menjadi kurang bermanfaat dan menyebabkan kerugian. Namun bukan berarti iklan berbayar di Facebook itu jelek. Jika anda memang ingin memaksimalkan penggunaan iklan ini, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut dengan benar.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum mengaktifkan iklan Facebook berbayar untuk mempromosikan baik jasa maupun produk tertentu:

  • Pastikan bahwa produk dan juga jasa yang anda tawarkan memang dibutuhkan

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah mencari tahu apakah produk atau jasa yang anda tawarkan memang dibutuhkan orang. Sebanyak apapun dana yang anda keluarkan dan sebaik apapun anda mengatur target untuk menggunakan iklan berbayar di Facebook tidak akan ada hasilnya jika produk atau jasa yang anda tawarkan memang tidak dibutuhkan orang.

Bagaimana cara mencari tahu prospek produk atau jasa yang anda tawarkan? Caranya cukup mudah, anda bisa mencarinya dengan menggunakan bantuan mesin pencari Google.

Ketikkan produk ataupun jasa yang akan anda tawarkan di kolom pencarian Google. Jika anda menemukan kompetitor anda, berarti produk atau jasa yang anda tawarkan memang dibutuhkan orang lain. Semakin banyak kompetitor, maka semakin tinggi potensi anda untuk mendapatkan konsumen.

  • Bandingkan harga yang anda tawarkan dengan kompetitor

Setelah memastikan bahwa produk atau jasa yang akan anda promosikan menggunakan iklan Facebook berbayar memang dibutuhkan orang. Anda juga sebaiknya mulai membandingkan harga yang anda tawarkan dengan yang ditawarkan oleh kompetitor.

Jika harga yang anda tawarkan lebih mahal, cari tau apakah ada value lebih yang bisa anda berikan kepada calon konsumen. Pasalnya, harga yang terlalu mahal juga pastinya membuat iklan kurang maksimal.

  • Perhatikan juga konten iklan anda

Hal terakhir yang juga perlu anda perhatikan untuk bisa memaksimalkan iklan Facebook berbayar adalah konten anda.

Jika produk atau jasa anda memang banyak yang membutuhkan dan harga yang anda tawarkan cukup bersaing, promosi yang anda lakukan masih berpotensi kurang maksimal jika konten iklannya kurang menjual.

Oleh sebab itu, pastikan untuk membuat konten iklan yang menjual. Kriteria konten iklan yang menjual itu adalah yang bisa menjelaskan kelebihan dan alasan kenapa konsumen harus memilih membeli dari anda. Selain itu, pastikan juga konten iklan anda menggunakan lebih dari satu macam media (contohnya seperti kombinasi teks dan juga gambar, atau teks dikombinasikan dengan video).

Baca Juga Cara Memasang Iklan Sponsor di Instagram Lewat Aplikasi HP

Jadi apakah iklan Facebook berbayar itu menguntungkan? Tergantung bagaimana anda menggunakannya. Jika anda bisa memaksimalkannya, jelas sangat menguntungkan karena dengan modal lebih sedikit anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen tertarget.