Ide Usaha Dengan Modal Dibawah 1 Juta

Dalam memulai usaha, biasanya memerlukan modal yang besar, Namun tidak semua usaha harus dimulai dengan modal yang besar. Dengan bermodal uang 1 juta atau bahkan kurang dari 1 juta, anda juga dapat memulai usaha. Dari modal yang minim pun anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Memulai usaha dengan modal kecil memiliki beberapa keuntungan. Pertama, anda tidak perlu takut akan mengalami bangkrut. Kedua, mudah dalam mengelola usaha anda dan menghitung keuntungan. Membangun usaha kecil biasanya akan mendapatkan keuntungan yang instan. Tidak seperti dalam membangun usaha yang besar, butuh waktu yang lama agar memperoleh untung bersih.

Untuk memaksimalkan usaha anda, anda dapat mengikuti beberapa tips dibawah ini.

  1. Tetapkan sasaran

Dalam memulai bisnis, target pasaran adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Pastikan target sasaran anda sebelum memulai usaha. Misalnya saja saat anda akan memulai usaha gorengan. Jika target anda adalah orang yang bekerja, sebaiknya anda mulai berjualan pada pagi hari kemudian dilanjutkan lagi sore hari. Target pasaran anda penting dalam menetapkan strategi agar bisnis anda dapat berjalan lancara.

  1. Hindari menyewa tempat

Pemilihan tempat adalah faktor penting untuk kesuksesan usaha anda. Tapi jika anda ingin memulai usaha dengan modal kecil, hindarilah penyewaan tempat. Penyewaan tempat berarti anda butuh pengeluaran ekstra.

Advertisement

Untuk permulaan bisnis anda, sebaiknya gunakan lahan seadanya. Anda dapat menggunakan halaman di depan rumah anda jika ada. Dengan begitu, akan dapat menghemat pengeluaran anda.

  1. Kerja sama dengan orang lain

Konsep kerja sama dengan orang lain dapat menguntungkan anda. Contohnya saja, untuk memulai bisnis makanan. Anda dapat menitipkan makanan ke warung – warung terdekat dari rumah anda. Sistem bagi hasil dapat anda terapkan dalam hal ini.

Ingin memulai bisnis, tapi masih bingung dengan ide usaha? Berikut ini beberapa alternatif usaha dengan modal hanya 1 juta.

Pengurusan dokumen

Pengurusan dokumen adalah hal yang lazim dilakukan oleh banyak orang. Dokumen yang dapat anda bantu mulai dari sim, KTP, STNK, passport, dan sebagainya. Dalam mengurus dokumen anda harus memiliki banyak relasi untuk mempermudah proses pengurusan.

Baca juga artikel Peluang Usaha Membuka Biro Jasa STNK

Menjadi reseller

Reseller atau dropshipper adalah hal lazim dijadikan usaha saat ini. Anda bahkan tidak membutuhkan modal untuk produksi dalam usaha ini. Cukup dengan menjual kembali produk dari orang lain. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari usaha ini. Beberapa pilihan produk untuk dijual kembali mulai dari pakaian, jilbab, sepatu, bahkan obat – obatan, dapat menjadi pilihan anda.