Ide Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Kedokteran

Seorang pelajar sekelas mahasiswa sudah seharusnya untuk mulai belajar hidup secara mandiri termasuk belajar untuk menghidupi dirinya sendiri. Seperti misalnya mencoba mencari tambahan biaya untuk kebutuhan kuliahnya dengan mencari kerja sampingan yang dapat di lakukan diluar jam kegiatan belajarnya.

Selain dapat memperingan beban orang tua, pengalaman bekerja pun bisa di dapat sebagai bekal berharga dimasa depan nanti.

Terlebih lagi untuk beberapa jurusan di bangku perkuliahan saat ini ada yang membutuhkan biaya pendidikan yang lebih besar, seperti salah satunya jurusan kedokteran atau fakultas kedokteran (FK).

Kuliah di Fakultas kedokteran memang dikenal harus bersiap untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk menyelesaikannya. Dari mulai uang masuk kuliah hingga biaya semesteran harus dipersiapkan cukup besar, belum lagi biaya-biaya lain selama jenjang pendidikan.

Bagi mereka yang datang dari keluarga berkecukupan mungkin hal ini bukan menjadi masalah yang besar. Namun jika perekonomian keluarganya terbilang pas-pasan, maka mencari kerja sampingan menjadi salah satu langkah yang sebaiknya dilakukan agar proses pendidikan bisa dijalankan hingga selesai.

Meski begitu, para mahasiswa kedokteran sebenarnya memliki peluang yang besar untuk bisa mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan ilmu yang saat ini sudah dimilikinya.

Seperti apa contohnya ? Berikut ini adalah beberapa ide kerja sampingan untuk mahasiswa kedokteran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuannya.

Baca Juga Wajib Baca ! Alasan Mengapa Mahasiswa Perlu Memulai Bisnis

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Kedokteran

1. Membuat Blog Tentang Kesehatan

Anda tentunya sudah cukup memiliki bekal mengenai beberapa ilmu pengetahuan kesehatan meski masih bersifat dasar. Pengetahuan tersebut jika anda bagikan kepada orang lain tentunya akan lebih memberikan manfaat dan sebagai bonusnya andapun bisa berpotensi mendapatkan penghasilan.

Salah caranya ialah dengan menuangkan tulisan mengenai pengetahuan yang dimiliki kedalam sebuah blog. Topik kesehatan menjadi salah satu topik yang banyak dicari para pengguna internet, sehingga peluang blog kunjungi banyak pembaca pun akan lebih besar.


Sebuah blog yang sudah memiliki banyak pembaca dapat dengan mudah kita gunakan untuk menghasilkan keuntungan. Misalnya dengan monetisasi iklan, paid review produk kesehatan, atau dengan menyelipkan produk untuk dijual.

2. Penulis Artikel Tentang Kesehatan

Selain menulis di blog pribadi, tulisan mengenai topik kesehatan juga banyak dibutuhkan para pemiliik website baik dari kalangan perorangan hingga perusahaan. Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel tentang kesehatan dan menjualnya kepada mereka.

Dengan banyaknya pengetahuan mengenai bidang kesehatan yang dimiliki tentunya banyak artikel yang bisa anda hasilkan. Sebagai gambaran, untuk harga rata-rata artikel yang memiliki panjang tulisan 500 kata saja, saat ini harganya bisa mencapa 20 ribuan per artikelnya.

3. Jasa Perawatan Pasien Panggilan

Pasien yang telah selesai melakukan perawatan di rumah sakit meski telah diperbolehkan pulang kerumahnya masing-masing seringkali belum memiliki kesehatan yang seratus persen pulih benar. Umumnya masih harus melakukan istirahat total dan perawatan khusus dirumahnya.

Kondisi tersebut menjadi peluang untuk anda menawarkan jasa perawatan ringan pasien dirumah. Untuk memaksimalkan perawatannya, tidak sedikit keluarga yang mempercayakan perawatan tersebut kepada orang yang memilki pengalaman di bidang kesehatan seperti anda.

4. Layanan Pemeriksaan Gula Darah

Lazim ditemui di tempat-tempat keramaian di pagi hari seperti di tempat berolah raga, Di acara Car Free Day dan sebagainya, layanan pemeriksaan gula darah instan umumnya ramai dikunjungi masyarakat yang berada disana.

Anda mahasiswa kedokteran tentunya sudah tidak asing dengan kegiatan ini, sehingga menawarkan layanan tersebut bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Selain mangkal di acara-acara di atas, disaat tersedia waktu luang andapun dapat menawarkan layanan cek darah tersebut ke pemukiman padat penduduk.

5. Menyewakan Alat-alat Kesehatan

Jika memilki sedikit modal yang dapat digunakan untuk berbisnis, menyewakan alat-alat kesehatan bisa menjadi usaha yang menguntungkan untuk dijalankan. Alat-alat seperti kursi roda, tabung oksigen dan sebagainya umumnya hanya digunakan sesekali saja, maka rata-rata konsumen akan menyewa dibanding dengan membelinya.

Baca Juga Kerja Sampingan Sabtu Minggu Terbaik Untuk Dipilih

Nah bagaimana ada yang cocok dengan beberapa ide kerja sampingan untuk mahasiswa kedokteran diatas ? Jika ada yang pekerjaan yang sesuai minat anda segeralah pilih untuk dijalankan agar cepat mendapatkan penghasilan.

Semoga bermanfaat…