Ide Inovasi Usaha Tambal Ban Agar Terasa Lebih Profesional

Usaha tambal ban acapkali dianggap sebelah mata dan lebih terkenal sebagai kelas usaha kaki lima. Padahal kalau kita meneliti lebih dalam lagi, usaha ini setidaknya harus dikerjakan oleh para profesional yang mengerti tentang ban.

Kenapa bisa demikian, karena dalam reparasi ban tidak boleh sembarangan dan banyak hal yang harus diukur secara presisi untuk menjamin keselamatan sang pengendara. Bukti kalau usaha tambal ban ini bisa dikembangkan ke skala yang lebih profesional adalah munculnya bengkel-bengkel atau workshop yang khusus melayani pembelian dan ganti ban baru.

Contohnya adalah Planet Ban dengan sistem franchisenya. Tak hanya di kota-kota besar, Planet Ban sudah masuk ke tingkat kabupaten.

Munculnya ide kreatif tentang workshop khusus ban seperti yang dicontohkan secara tidak langsung juga menegaskan bahwa service atau pelayanan perawatan ban kendaraan bermotor baik itu roda dua atau roda empat masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih pelayanan yang profesional.

Nah, bagi anda yang sepakat bahwa sesungguhnya usaha tambal ban ini bisa diberi sentuhan inovasi, berarti anda sedang membaca artikel yang tepat, karena kami juga berfikir demikian. Apa saja inovasi yang dapat diterapkan pada usaha tambal ban? Berikut adalah beberapa contohnya.

Ide Inovasi Usaha Tambal Ban

Mempelajari Informasi Ban yang Diberikan Oleh Pabrik

Ban kendaraan bermotor apapun jenisnya pasti disertai dengan informasi yang lengkap oleh pembuatnya. Nah, informasi tersebut penting untuk dipahami agar kita tidak melakukan kesalahan dalam merawat ban, seperti saat memompa tekanan ban, beban maksimal, dan lain sebagainya.

Meskipun hal tersebut terdengar sangat remeh, tapi sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan. Dan sayangnya baik pemilik motor atau tukang tambal ban juga sering mengabaikan informasi tersebut ketika menambah angin.


Merupakan nilai plus, sebagai tukang tambal ban jika anda mengerti tentang hal itu agar bisa memberi saran yang terbaik bagi pemilik kendaraan.

Baca Juga Peluang Usaha Bengkel Mobil

Miliki Lebih Dari Satu Alat Ukur Tekanan Ban (Tyre Pressure Gauge) Sebagai Pembanding

Anda boleh memiliki satu alat ukur tekanan ban yang berkualitas dan harganya mahal. Tapi siapa yang tahu kalau alat ukur anda itu memiliki kualitas bagus dan berharga mahal? Tentu anda sendiri tapi tidak dengan konsumen.

Bagi konsumen yang paling penting adalah ketepatan ukur tekanan sesuai dengan standar. Nah, untuk memastikan tekanan tersebut anda harus memiliki alat pembanding.

Pertimbangkan Alat-Alat yang Lebih Presisi Dan Tidak Menimbulkan Kerusakan Lain Saat Lepas dan Pasang Ban

Dari aktifitas penggantian ban jika dilakukan secara sembrono bisa merusak ban itu sendiri dan juga komponen lain seperti velg dan baut velg (untuk mobil). Mungkin bagi anda tidak masalah dengan hanya meninggalkan goresan. Tapi bagi konsumen itu bisa menjadi masalah.

Anda bisa melakukan investasi dengan membeli alat-alat otomatis seperti tyre changer otomatis dan cordless impact wrench agar bengkel anda lebih terkesan profesional. Mungkin alat-alat tersebut terkesan mahal, tapi sebenarnya semua itu akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi waktu kerja anda sendiri, yang pada akhirnya juga bisa meningkatkan keuntungan.

Upgrade Semua Instrumen dan Indikator

Pressure gauge merupakan instrumen paling krusial dalam usaha tambal ban dan biasanya instrumen ini jumlahnya tidak hanya satu. Ada yang terpasang pada mesin kompresor, selang udara dan di bagian nozzle. Agar tekanan yang masuk ke dalam ban bisa akurat anda juga membutuhkan alat baca (indikator) yang presisi.

Baca juga Bisnis Ganti Oli Motor Dengan Modal Kecil

Tambah Layanan Ganti Oli

Jika dilihat sekilas, layanan ganti oli seperti tidak ada hasilnya, karena margin keuntungan dari jualan oli memang tidak seberapa. Tapi siapa yang menyangka bahwa keuntungan sesungguhnya dari layanan ganti oli salah satunya adalah dari oli bekas itu sendiri.

Semoga menginspirasi dan selamat mencoba!