Ide Bisnis Yang Bisa Dijalankan Di Garasi Rumah

Mau menjalankan bisnis namun terkendala modal untuk pengadaan tempat, jangan dulu risau. Manfaatkan terlebih dahulu tempat yang sudah ada, dibandingkan harus memaksa mencari tempat usaha dengan cara menyewa atau bahkan berhutang. Misalnya dengan menggunakan garasi rumah, halaman, teras atau sejeninya.

Bagaimana jika usaha yang sudah direncanakan tidak memungkinkan untuk di jalankan di tempat yang seperti demikian, dengan berbagai sebab misalnya. Tengok dahulu ide usaha berikut, mungkin saja sesuai minat atau hitung-hitung memperkaya pengalaman untuk nantinya dijadikan sebagai bekal.

Sebagai penyemangat saja, tidak sedikit pengusaha yang sekarang ini sukses diawali dengan hanya memanfaatkan garasi rumahnya saja sebagai tempat usaha. Bahkan perusahaan besar dunia sekelas Google, Harley Davidson hingga Apple, kabarnya sang pendiri memulainya dari garasi pekarangan rumahnya dengan modal seadanya.

Dan berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan di garasi rumah sebagai inspirasi untuk kita semua.

Ide Bisnis Yang Bisa Dijalankan Di Garasi Rumah

1. Bengkel Kendaraan

Jika lokasi rumah tempat tinggal berada di wailayah padat pemukiman, apalagi jika masyarakatnya rata-rata memiliki kendaraan baik itu mobil ataupun motor, maka bisnis bengkel kendaraan bisa menjanjikan untuk di jalankan. Anggap membuka bengkel digarasi ini sebagai awal langkah kita menuju skala yang lebih besar yaitu memiliki bengkel di tempat tersendiri.

Saat bengkel sudah mulai dikenal berkualitas, meski pada awalnya hanya oleh warga sekitar, maka dengan sendirinya kabar akan cepat menyebar. Sehingga tidak mustahil bisa menarik pelanggan yang berlokasi berjauhan sekalipun.

2. Konveksi Rumahan

Kebanyakan memang bisnis-bisnis konfeksi dengan skala kecil menengah menjalankan bisnisnya hanya dengan memanfaatkan garasi atau bagian rumah lainnya. Karena bisnis konfeksi sederhana tidak begitu membutuhkan space ruangan yang besar. Umumnya asal cukup untuk digunakan sebagai tempat beberapa unit jahit sudah bisa berjalan.

Advertisement

Sedangkan untuk mencari calon konsumennya bisa didapat dengan tidak terbatas wilayah. Bisa dengan mengupayakan mencari orderan ke sekolah-sekolah untuk pesanan seragam misalnya, mencari orderan kepada pemilik brand clothing atau distro-distro kaos, atau pun juga mencari pesanan lewat internet.

Baca juga analisa usaha konveksi pakaian

3. Warung Klontongan

Salah satu usaha yang paling mudah dan sederhana tapi menguntungkan di jalankan yakni membuka warung klontongan yang menjual berbagai macam keperluan sehari. Terget konsumennya tentu adalah warga sekitar yang pastinya setiap hari selalu membutuhkan beragam barang seperti sembako, peralatan rumah tangga, hingga aneka kebutuhan memasak dan sebagainya.

4. Bisnis Laundry Kiloan

Pemukiman di perkotaan dengan masyarakat yang memiliki kegiatan padat dalam kesehariannya, pastinya akan sulit untuk meluangkan waktu untuk sekedar mencuci pakaian keluarganya. Didasari hal yang demikian, maka bisnis laundry ini pun bisa cukup menjanjikan untuk dipilih sebagai bisnis dengan memanfaatkan garasi rumah.

Untuk memperluas jangkauan pemasaran, kita bisa bekerja sama dengan para pemilik warung atau toko-toko dari luar wilayah. Jadikan mereka sebagai agen yang menerima cucian dari para pelanggannya untuk diteruskan kepada kita. Keuntungan pun bisa di bagi sesuai kesepakatan.

Baca juga modal usaha laundry

5. Rental PS

Berikutnya bisnis rental PS atau Play Station juga bisa lebih dari cukup untuk dijalankan di garasi rumah atau bagian rumah lainnya. Dengan 3 hingga 5 unit saja keuntungan bisa didapatkan dengan cukup lumayan asalkan lokasi berada di wilayah padat penduduk.

Bisnis penyewaan seperti ini pun sangat sederhana untuk di jalankan, bahkan oleh orang yang belum pernah menjalankan bisnis sama sekali atau mungkin para ibu rumah tangga sekalipun. Cukup menyediakan perangkatnya dengan lengkap, buat promosi alakadarnya, maka pelanggan pun bisa mulai berdatangan.

Baca juga menghitung modal dan keuntungan usaha rental ps3

Masih banyak ide-ide bisnis lain yang bisa dijalankan di garasi rumah dengan potensi yang tidak boleh di remehkan. Misalnya seperti cafe kecil-kecilan, toko buku atau gerai fotocopy untuk anda yang berdomisili di wilayah sekolahan, tempat pangkas rambut, konter pulsa dan lain sebagainya. Ulasan di atas hanyalah sebagaian contoh kecil yang masih bisa dikembangkan sesuai minat masing-masing.

Semoga terinspirasi…