HPL (High Pressure Laminate) Adalah

Pada produk furniture, proses finishing merupakan salah satu langkah penting yang menentukan kualitas produk. Finishing sendiri merupakan langkah terahir dari pembuatan produk interior yang akan menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli.

HPL atau singkatan dari High Pressure Laminate adalah salah satu material yang dapat dipilih untuk proses finishing dengan sistem lapisan untuk produk furniture dari kayu atau bahan olahan lainnya seperti multiplek, MDF dan Particle Board. Lapisan ini diaplikasikan dengan cara ditempel menggunakan lem ke bahan.

Material ini menjadi alternatif pilihan pelapis yang biasa digunakan seperti Tacosheet, Decorsheet, PVC, dan lain sebagainya.

Tidak seperti PVC, HPL memiliki fisik yang keras dan kaku. Lapisan ini dibuat dengan sistem high pressure menggunakan berbagai bahan diantaranya decorative papper, craft, phenolin dan resin.

HPL Adalah

Kelebihan HPL

Produk furniture modern saat ini sudah banyak yang mengaplikasikan HPL sebagai lapisan ahir produknya. Terlebih untuk produk-produk interior yang memiliki kelas premium. Lapisan ini dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut.

Tekstur Terlihat Mewah dengan Motif Bervariasi

Saat di sentuh lapisan HPL memberikan feel halus khas furnitur mewah yang di finishing menggunakan sistim cat atau duco. Selain bertekstur halus terdapat juga HPL yang memilki tekstur berserat, doff hingga glossy atau mengkilap.

Pilihan motif dan juga warna juga tersedia cukup bervariasi sehingga pengrajin mebel dapat berkreasi dengan leluasa membuat produk yang menarik perhatian konsumen.


Pengerjaan Lebih Mudah Di Banding Finishing Cat

Produk furniture yang menggunakan finishing sistem cat semprot dikenal memilki harga yang cukup tinggi karena kualitasnya yang tidak diragukan.

Namun begitu mengaplikasikan cat kepada material kayu dalam produk furniture bukan merupakan hal yang mudah karena membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang memupuni.

HPL hadir menjadi satu solusi untuk finishing berkualitas sekelas cat dan duco, tetapi dengan sistem pengerjaan yang lebih mudah dam cepat.

Memiliki Ketahanan Yang Tinggi

HPL memilki karakter keras layaknya bahan kayu itu sendiri sehingga lapisan yang satu ini juga memiliki ketahanan yang tinggi baik saat tergores benda keras, cuaca panas, ataupun terkena cairan.

Jika direkatkan dengan cara yang benar dan menggunakan lem yang tepat, lapisan HPL dapat kuat bertahan pada bahan hingga jangka waktu yang sangan lama.

Kekurangan HPL

Meski memiliki beberapa kelebihan, lapisan HPL ini juga memiliki beberapa kekurangan terlebih dalam proses pengerjaan untuk melapisi bahan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Material Gampang Retak Sebelum di Tempel Ke Bahan

Meski berkarakter keras ketebalan HPL sangatlah tipis sehingga saat sebelum direkatkan ke bahan lapisan ini sangat rentan retak jika tertekuk terlalu dalam. Oleh karena itu memerlukan kehati-hatian yang tinggi dalam mengerjakan pelapisan agar HPL tidak pecah atau retak.

Sulit Rapi Dalam Pemotongan

Karena fisiknya yang keras memotong HPL bukan suatu perkara yang mudah, seringkali ditemukan kasus hasil potongan yang kurang rapi pada sudut bahan jika pelapisan dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman menangani material ini.

Tidak Dapat Digunakan Pada Bidang Melengkung

Tidak seperti PVC atau Tacosheet yang lentur sehingga dapat menjangkau bidang-bidang yang melengkung bahkan bulat sekalipun. HPL tidak dapat melapisi bidang bahan yang memiliki lengkungan karena karakternya yang kaku.

Baca Juga Furniture Dari Kayu Bekas Tembus Pasar Ekspor

Itulah ulasan kami mengenai apa itu HPL, semoga bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang berguna untuk pembaca semuanya.