Hindari 5 Hal Yang Akan Mengecewakan Konsumen Bisnis Anda

Keberadaan konsumen menjadi salah satu penentu kesuksesan pada bisnis yang sedang kita jalankan. Maka sering kita dengar ucapan “konsumen adalah raja“, hal tersebut haruslah dengan serius benar-benar kita jalankan.

Karena suka atau tidak, bagaimanapun tingkah konsumen saat bertransaksi perlu kita hadapi dengan sabar dan bijaksana, jangan sampai membuatnya kecewa.

Mengapa hingga harus demikian ?

Pasalnya cukup banyak hal yang dapat membahayakan bisnis kita saat seorang saja konsumen di kecewakan. Diantaranya, sudah pasti konsumen tersebut akan kapok berbelanja ke tempat kita, tidak berhenti di situ dia juga akan menceritakan kekecewaannya kepada orang lain sehingga semakin menurunkan reputasi bisnis kita.

Jika di biarkan bisnis berjalan demikian, tinggal tunggu waktu saja bisnis kita akan mengalami sepi pelanggan. Dan selanjutnya.., pastinya kita semua sudah bisa memperkirakan.

Dengan begitu, maka seyogyanya kita harus memberikan pelayanan maksimal pada setiap konsumen yang datang. Dan perlu kita ketahui juga beberapa hal yang tidak akan mereka sukai pada bisnis kita agar sesegera mungkin bisa kita hindari. Berikut diantranya :

5 Hal Yang Akan Mengecewakan Konsumen bisnis

  • Membuat Menunggu

Kegiatan “menunggu” dalam hal apapun akan sangat tidak menyenangkan, apalagi jika dialami konsumen saat mereka akan berbelanja ataupun keperluan lainnya.

Bahkan saat kita secara tidak sengaja membuat konsumen menunggu karena hal diluar kendali kita, misalnya saat banyak pelanggan, ada kalanya mereka tetap tidak akan memberikan pengertian.

Advertisement
  • Menawarkan Secara Berlebihan

Konsumen juga rata-rata tidak akan menyukai saat kita berikan penawaran secara berlebihan, atau terlalu agresif. Nah.., jika anda pun sering melakukan hal seperti ini kepada konsumen sebaiknya segera hidari.

Karena bukannya hasil positif yang akan kita dapatkan, meski mereka tidak meluapkan, namun rata-rata mereka akan merasakan kekecewaan.

Apalagi jika agresifitas kita lakukan secara berulang-ulang, seperti menelepon, sms, email setiap hari. Pastinya akan sangat menganggu sehingga membuat konsumen semakin enggan untuk membeli produk atau layanan yang kita tawarkan.

  • Sulit Di Hubungi

Adakalanya seorang konsumen yang hari ini kita berikan penawaran namun belum di terimanya, di lain waktu akan berubah pikiran. Pada waktu tersebut mereka akan mencoba kembali menghubungi kita.

Diwaktu tersebut, jika kita sebagai penjual sulit dihubungi, maka mereka tidak akan segan untuk berpaling kepada penjual lainnya karena kecewa akan layanan kita.

  • Kurang Pengetahuan

Untuk sukses menawarkan suatu produk ataupun jasa, sebagai penjual tentu dituntut untuk memiliki pengetahuan atas apa yang di tawarkannya. Sering terjadi, karena keterbatasan pengetahuan tersebut, ahirnya konsumen mendapatkan informasi yang salah. Disaat tersebut tentu saja konsumen akan merasa di kecewakan.

Baca juga cara mendapatkan pelanggan dan mempertahankannya

  • Tidak Menanggapi Keluhan

Masa setelah produk laku di beli konsumen pun dapat berpotensi mengecewakan kembali bagi mereka, diantranya saat produk tersebut mengalami kendala atau kekurangan. Beberapa diantara mereka akan meluapkannya dengan melontarkan keluhan.

Keluhan tersebut sebaiknya kita tangani dengan maksimal, apabila memungkinkan kita bisa mengikuti terhadap apa yang mereka keluhkan, paling tidaknya kita tanggapi dengan memberikan solusi yang sama-sama menguntungkan. Dengan begitu, kekecewaan konsumen bisa sedikit terselesaikan.

Baca juga menaikan harga produk tanpa mengecewakan pelanggan