Hikmah Dan Manfaat Bulan Puasa Bagi Pengusaha

Tanpa terasa tahun demi tahun di lewati hingga kini kita akan bertemu kembali dengan bulan suci ramadhan, bulan yang penuh hikmah dan manfaat bagi seluruh umat manusia. Tidak terkecuali kepada para pengusaha, khususnya umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, dan umumnya kepada seluruh manusia.

Berikut mari kita sama-sama bahas lebih spesifik hikmah dan manfaat bulan puasa ramadhan bagi kita yang sedang merintis bisnis atau pengusaha, karena hal ini sangatlah penting untuk di ketahui agar kita termotovasi dan tambah semangat menjalankan keduanya, dan tentu saja agar usaha yang kita jalankan lebih mendapatkan berkah dari allah swt, sehingga bisa berjalan lancar dan keuntungan yang di hasilkan bisa lebih bermanfaat.

Berpuasa berarti menahan lapar dan haus serta hawa nafsu, bagi pengusaha hal ini terkadang menjadi alasan untuk mengurangi kegiatannya, sebab biasanya badan akan terasa lemas hingga malas mengerjakan kegiatan usaha. Padahal di balik itu banyak hikmah yang bisa kita dapatkan, manakala kita tetap berkegiatan usaha seperti biasa sambil menjaga agar ibadah puasa yang dijalankannya sempurna.

Sebabnya kedua kegiatan tersebut adalah ibadah, kita menjalankan usaha demi mendapatkan rezeki yang halal, yang nantinya akan di pergunakan untuk ibadah kepadanya, ditambah juga dengan untuk menafkahi seluruh keluarga yang menjadi tanggung jawab kepala keluarga. Sedangan berpuasa, berarti kita menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim. Kedua ibadah tersebut akan di berikan pahala yang berlipat khusus jika di jalankan dalam bulan ramadhan, maka kita sebaiknya serius menjalankannya.

Diantara hikmah berpuasa yang kita dapatkan adalah, keseimbangan antara beribadah dan kegiatan duniawi seperti berbisnis, yang terkadang di bulan-bulan biasa agak kurang di perhatikan akibat padatnya kegiatan sehari-hari. Padahal jika kedua tersebut di jalankan dengan seimbang, maka setiap kesulitan dan kendala yang ada dalam usaha akan di berikan jalan keluar yang mudah.

hikmah dan manfaat puasa untuk pengusaha

Lalu hikmah berikutnya adalah, kita bisa lebih perduli terhadap sesama. Dikarenakan dengan berpuasa kita melatih diri untuk melawan rasa lapar dan haus, sehingga akan lebih merasakan penderitaan saudara kita yang kurang mampu. Pada ahirnya kita akan lebih mudah untuk saling berbagi sedekah, sedangakan dengan bersedakah seperti yang umum sudah kita ketahu akan sangat bermanfaat membantu perjalanan usaha menuju lebih baik lagi.

Baca juga ketahui manfaat sedekah untuk kesuksesan usaha

Ada juga hikmah bulan ramadhan ini yang nyata langsung di berikan oleh allah adalah meningkatnya penjualan hampir di setiap bidang usaha. Dari mulai awal puasa hingga nanti lebaran dan musim mudik yang banyak dari kita mendapatkan limpahan rezeki melimpah.

Dalam bulan ramadhan sering kali juga bisa lebih mempererat silatuhrahmi antara saudara dan sesama, yang hal ini sebaiknya di lakukan bukan hanya pada bulan seperti ini saja. Sebab allah telah manjanjikan bagi siapa saja orang yang rajin bersilaturahmi maka manfaatnya adalah rezekinya akan semakin luas serta umurnya akan di panjangkan. Tak heran karena dengan bersilaturahmi kita seringkali mendapatkan ide baru yang bisa di terapkan pada usaha, solusi jika ada masalah, bahkan tidak jarang pula malah bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan baru yang berpotensi.

Demikian beberapa di antaranya hikmah dan manfaat bulan puasa ramadhan yang bisa langsung di rasakan oleh kita sebagai pengusaha. Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan keberkahan dalam bulan suci ini.

Baca juga artikel kiat merencanakan tabungan keuangan untuk masa depan