Hasilkan Keuntungan Pasti Dari Usaha Agen Gas Elpiji

Gas Elpiji adalah barang yang pasti dibutuhkan oleh setiap rumah tangga, di gunakan untuk berbagai keperluan terutama memasak. Jika jaman dahulu kita hanya mengenal elpiji berukuran 12 Kg dan hanya di gunakan oleh sebagian kalangan dari golongan menengah keatas, kini tidak lagi. Dengan adanya kebijakan pemerintah yang mengkonversi minyak tanah ke gas, maka semua masyarakat di arahkan agar menggunakannya, dan bersamaan dengan itu di luncurkan juga gas elpiji dengan berat 3 Kg yang lebih berharga murah, agar semua kalangan dapat menggunakannya.

Oleh sebab itulah dengan banyaknya konsumen yang membutuhkan gas elpiji 3 Kg tersebut, telah membuka peluang usaha yang pasti menguntungkan, sebabnya barang ini bisa di kategorikan sebagai bahan pokok yang keberadaannya wajib ada di setiap rumah tangga.

Mengapa Menjadi Agen Gas Elpiji ?

Sebetulnya sebutan yang tepat untuk usaha yang akan di bahas di artikel ini adalah menjadi Sub Agen atau dikenal juga sebagai Pangkalan gas elpiji, artinya bisnis ini mendapatkan suplai barang dari agen sebagai distributor Pertamina langsung. Tugas utamanya adalah memasarkan gas elpiji baik yang 12 kg dan 3 kg kepada pengecer atau warung-warung dan juga kepada konsumen langsung.

Lalu mengapa kita memilih usaha ini ? pertama, seperti yang sudah di sebutkan di atas bahwa gas elpiji saat ini telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia, karena sudah sebagian besar rumah tangga menggunakannya. Maka dari itu sifat dari barang ini adalah pasti di butuhkan, sehingga menjalankan usaha ini otomatis menjadi minim resiko terutama dalam hal barang tidak laku karena tidak ada konsumen.

Kedua, hingga kini pasokan gas elpiji dari Pertamina masih belum merata kesetiap daerah dan juga ketersediaannya terkadang belum bisa mengimbangi permintaan pasar, Anda tentunya sering mendengar dari berbagai media tentang berita kekurangannya stok gas elpiji terutama ukuran 3 kg di berbagi daerah. Ini menandakan pasar produk ini masih terbuka lebar, bahkan bisa di bilang sebanyak apapun stok gas elpiji yang dimiliki pangkalan pasti bisa habis di serap pasar.

peluang usaha agen gas elpiji

Advertisement

Ketiga, produk gas elpiji ini memiliki standarisasi patokan harga jual dari pusatnya yaitu Pertamina, sehingga dengan begitu tidak akan terjadi persaingan antar bisnis yang sama, kita bisa fokus hanya kepada pemasaran saja, itu pun jika sedang terjadi kelangkaan gas di wilayah anda, maka tidak perlu repot-repot memasarkan, karena pengecer yang akan berbondong-bondong mengunjungi tempat anda.

Namun begitu tetap yang namanya usaha pastinya akan ada beberapa kendala yang mungkin terjadi, agar berimbang. Mari kita bahas hambatan yang mungkin terjadi pada bisnis ini.

Kendala Usaha Agen Gas Elpiji

Pertama, Untuk menjadi sub agen kita memerlukan modal usaha yang cukup lumayan besar, mengingat harga satu tabung untuk ukuran 3 kg saja harganya mencapai 150 ribu, belum lagi untuk gas elpiji berukuran 12 kg yang kabarnya menyentuh harga 500 ribu per tabungnya, setidaknya puluhan juta di perlukan untuk menjalankan usaha ini. Dengan modal yang begitu besar, banyak orang berpendapat keuntungan yang didapatkan hanya sedikit, sebut saja untung 2 hingga 3 ribu per tabungnya, bukankah lebih besar keuntungan dari berjualan pulsa, yang dengan modal hanya 10 ribu bisa mendapatkan keuntunga yang hampir sama…

Baca juga artikel Cara Mencari Modal Usaha Kecil Tanpa Jaminan

Kedua, pasokan dari agen terutama untuk pangkalan yang berlokasi di daerah terpencil seringkali tersendat, baik karena suplai dari pusatnya berkurang sebab kekurangan stok, atau juga karena jalur distribusi yang sulit. Jika sudah begitu kita tidak bisa berbuat apa-apa selain menunggu pasokan datang, dan selama stok kosong kita harus rela kehilangan pandapatan.

Ketiga, Menjalankan usaha ini juga berarti kita harus memiliki standart keamanan yang ketat, terutama pada faktor yang di sebabkan oleh produk ini yang sifatnya mudah terbakar. Maka dari itu untuk menjadi pangkalan gas elpiji tidak boleh sembarangan, tidak bisa seperti menyimpan barang dagangan lainnya. Dengan begitu maka usaha ini termasuk beresiko cukup besar dari sisi keamanan.

Kesimpulan

Dari uraian di atas maka jelas, peluang usaha menjadi sub agen gas elpiji ini bisa menghasilkan keuntungan yang pasti, akan tetapi besar kecilnya hasil yang didapatkan tergantung dari bisanya anda mengatasi kendala yang sudah di uraikan di atas, seperti misalnya saja, modal yang dimiliki besar nilainya, sehingga jumlah stok barang bisa berlimpah, juga kita bisa memastikan agen dapat menyuplai barang dengan lancar setiap waktunya.