Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Nama Usaha

Dalam memulai sebuah usaha, nama usaha menjadi bagian penting yang perlu mendapatkan pertimbangan dengan matang. Nama sebuah perusahaan harus memenuhi berbagai kriteria agar mudah diingat namun tetap menarik. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam membuat nama usaha, lantaran nama usaha akan menjadi sebuah nama yang dipatenkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat nama usaha, sehingga nama usaha bisa mudah dikenang, menarik dan bermakna, khususnya untuk anda sendiri. Karena kuncinya adalah untuk anda. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat nama usaha.

tips Membuat Nama Usaha

  • Gunakan Nama Yang Original

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat nama usaha yang pertama adalah anda perlu memilih nama yang original dan belum pernah dipakai oleh pihak manapun. Setidaknya nama yang benar-benar hanya digunakan oleh anda akan menjadi identitas yang paling melekat dengan perusahaan anda. Selain itu nama usaha yang original juga menjadi nilai lebih untuk usaha yang anda dirikan.

  • Pikirkan Dengan Matang

Saat sedang merencanakan sebuah nama usaha, sebaiknya anda tidak terburu-buru. Nama usaha anda akan dipakai selamanya atau dipatenkan. Setidaknya anda perlu memiliki sebuah nama usaha yang terbaik. Jadi anda tidak perlu terburu-buru dan pikirkanlah dengan matang dalam menentukan nama usaha. Anda bisa melakukan riset berbagai nama usaha, kemudian pilih yang terbaik. Bersabar memilih nama usaha lebih baik daripada anda harus menyesal dikemudian hari.

  • Sejarah di Balik Nama

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat nama usaha selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan sejarah di balik nama usaha anda. Nama usaha yang bermakna dan berkesan di dalam perjalanan kehidupan anda, akan menjadi nilai tambahan, terutama untuk anda sendiri. Anda bisa menggunakan nama usaha yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan anda selama ini.

  • Buat Nama Usaha Sesuai Kehidupan Anda

Karena ini adalah perusahaan anda, anda bisa memberikan nama yang benar-benar mewakili anda. Jika anda pernah melihat atau mendengar sebuah nama usaha yang sama dengan nama pemiliknya atau nama keluarganya, itu sah-sah saja. Salah satu contohnya adalah perusahaan keluarga Jusuf Kalla dengan nama Kalla Group. Kemudian ada lagi banyak perusahaan yang menggunakan nama yang berkaitan erat dengan pemiliknya.

  • Berikan Nama Perusahaan yang Lebih Luas

Maksudnya adalah anda perlu memperluas makna dari perusahaan anda, tidak melulu hanya menyebutkan bidang usaha anda. Lama kelamaan orang-orang akan tau usaha anda dalam bidang apa, jadi lebih baik anda menggunakan nama yang menarik dibandingkan dengan nama bidang usaha anda.

  • Pastikan Nama Tersebut disukai oleh Anda

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat nama usaha yang paling penting adalah anda menyukainya. Bagaimanapun juga anda adalah owner dari perusahaan anda, anda harus menjadi orang yang paling mencintai perusahaan anda. Hal ini bisa dimulai dari nama yang anda sukai.

Demikian adalah ulasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat nama usaha. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel tips sukses menjalankan promosi usaha di media cetak