Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbisnis MLM

Bisnis MLM ( Multi Level Marketing )- Pembaca semua tentunya sering mendengar istlah tersebut, sebuah bisnis yang bisa di pilih untuk menghasilkan keuntungan. Terutama di media internet banyak bermunculan bisnis MLM yang mengklaim terbaik, terbaru, paling menguntungkan dan semacamnya. Tentunya itu tidak semuanya 100% benar, bahkan ada pula bisnis MLM yang di jadikan kedok penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab, meski ada benar-benar bisnis MLM yang berkualitas dan terbukti bisa menghasilkan keuntungan.

Agar terhindar dari jebakan bisnis MLM yang menyesatkan, ada baiknya sebelum kita benar-benar terjun dalam bisnis tersebut, ada baiknya cari tahu dengan seksama berbagai informasi mengenai jenis bisnis ini, kenali betul cara kerjanya, setelah benar-benar paham barulah cari bisnis MLMnya.

Tidak sedikit orang yang merasa kecewa setelah mengikuti bisnis dengan sistim MLM ini, alhasil MLM sering di cap sebagai penipuan. Dan kabarnya pun dengan cepat tersebar, sehingga sekarang ini banyak yang mengihindar dari segala bisnis yang berskema jaringan seperti MLM ini.

Pada artikel kali ini mari kita bahas sedikit mengenai bisnis MLM ini, agar setidaknya kita mengetahui gambaran mengenai bisnis ini. Dan jika pun kita berminat menggelutinya, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi informasi tambahan yang berguna.

Pengertian Bisnis MLM

Sebelumnya mari kita kenali pengertian MLM agar lebih memperjelas cara kerja dari bisnis ini. MLM adalah sebuah metode penjualan dengan sistim jaringan. Jika dalam sistim penjualan produk biasa, misalnya saya sebagai penjual buku dan menjual kepada anda, maka tentunya saya akan mendapatkan keuntungan.

memilih bisnis mlm

Namun dalam bisnis MLM, saya tidak hanya berupaya untuk menjual buku tersebut kepada anda saja. Saya akan menyarankan untuk anda jual kembali kepada konsumen selanjutnya, karena dengan begitu selain saya mendapatkan keuntungan dari penjualan produknya, saya juga sebagai pemberi referensi akan mendapat keuntungan kembali jika anda berhasil menjual kembali buku tersebut kepada konsumen lainnya.

Seperti itulah gambaran dasar mengenai bisnis MLM ini, sehingga perusahaan penyedia produk tersebut sudah memperhitungkan keuntungan bagi penjual dan juga yang memberikan referensi. Bahkan keuntungan tersebut bisa berlanjut dengan skema penjualan yang lebih panjang, sehingga tidak heran untuk produk yang di jual dengan sistim MLM akan sedikit berharga lebih tinggi, karena profitnya di bagi-bagi.

Namun bagi perusahaan mereka tidak merasa rugi meskipun keuntungan dari penjualannya di bagi-bagi, sebabnya mereka mendapatkan keuntungan dari penghematan biaya distribusi dan juga promosi ( biaya iklan ), seperti yang kita ketahui biaya untuk sebuah promosi sangatlah tinggi dalam dunia bisnis ini.

Baca juga jenis bisnis yang sering dipilih artis indonesia

Perhatian Saat Memilih Bisnis MLM

Setidaknya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mengikuti program bisnis ini, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Perijinan Perusahaan

Paling awal yang harus kita perhatikan adalah perijinan dari penyedia program MLM tersebut, perlu di ketahui untuk sebuah perusahaan MLM perlu memiliki ijin SIUPL atau Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung. Surat tersebut di terbitkan oleh PLI yang merupakan singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, agar bisnis MLM nya legal. Dan perlu di ketahui juga, ijin tersebut berlaku untuk setiap produk. Jadi jika perusahaan memiliki beberapa produk, pastikan telah memiliki ijin tersebut dengan lengkap.

2. Pilih Yang Memiliki Produk

Meski ada beberapa perusahaan yang menawarkan bisnis MLM ini tanpa harus menjual produk apapun, namun alangkah lebih baik jika kita memilih bisnis MLM yang benar-benar memiliki produk. Lalu ketahui dengan benar-benar bahwa produk itu berkualitas. Pilih bisnis MLM yang fokus kepada satu jenis namun memiliki banyak variasi, misalnya saja seperti fokus kepada produk kecantikan dan produknya memiliki ragam pilihan.

3. Analisa Keuntungan

Agar terjauh dari jeratan bisnis MLM penipuan, ada baiknya sebelumnya kita ikut analisa mengenai keuntungan yang bisa didapatkan, karena jangan sampai terjadi saat mereka mengumbar janji kepada kita akan mendapatkan keuntungan yang besar, sedangkan jika kita analisa perhitungannya sangat tidak masuk akal, maka hindari mengikuti program seperti ini.

Demikian sedikit penjelasan mengenai bisnis MLM, semoga bisa menjadi masukan.

Baca juga artikel tips mencari peluang usaha di sekitar kita