Hal Yang Harus Dihindari Saat Memulai Usaha

kendala usahaMemulai usaha memang menjadi hal sulit untuk dilakukan, tapi itulah tahapan awal dalam tangga kesuksesan yang harus anda jalani. Berbagai macam hal biasanya menjadi pertimbangan saat akan memulai usaha, pertanyaan-pertanyaan seperti, apakah akan mendapat untung atau tidak ? apakah barang atau jasa saya akan laku atau tidak ? takut rugi, takut gagal… pertanyaan semacam itu akan senantiasa menghantui anda pada saat akan memulai usaha. Akan tetapi jika anda terus terbelenggu dalam ketakutan seperti itu, maka anda tidak akan pernah berani untuk melangkah. Tindakan yang tepat adalah, jika sudah terrencana dengan baik usaha anda maka jalankan saja, tetapi tetap hati-hati dalam menjalankannya, terus gali pengetahuan di bidang anda dan perbanyak lah mencari informasi mengenai seluk beluk usaha anda. Saya akan sedikit berbagi kepada anda yang akan memulai usaha, yang menurut saya hal ini seharusnya di hindari untuk kelancaran usaha anda.

Jangan Berikan Beban Pada Usaha Baru Anda

Maksudnya adalah, yang namanya usaha baru mulai tentu masih belum stabil baik jalannya ataupun keuntungan nya, kadang mendapat untung, kadang kala malah rugi, dan pasti sering nya rugi, kan namanya juga usaha baru berjalan. Maka dari itu jika menjalankan usaha baru sebisa mungkin jangan gunakan modal yang harus cepat di kembalikan, contohnya seperti pinjam ke bank atau sejenisnya seperti pinajaman KTA, kartu kredit dan lain-lain. Apalagi jika pinjaman nya di sertai jaminan…. waduh mending jangan deh. Takutnya nanti baru 1 bulan usaha anda berjalan, sudah harus membayar cicilan, mending kalau punya untung dari 1 bulan usaha, kalau rugi kan paling bayar cicilannya pake uang modal, Itu kan berarti anda rugi nya 2x, pertama anda rugi karena usaha baru anda tidak mendapat untung, ke dua rugi lagi karena harus bayar cicilan. Jika pun usaha baru anda mendapat keuntungan kan seharusnya keuntungan nya untuk anda mengembangkan usaha, bukannya untuk bayar cicilan.

Advertisement

Maka dari itu menurut saya untuk menjalankan usaha baru pergunakanlah modal yang santai, agar anda fokus untuk menjalankan usaha anda. Lalu dari manakah datang nya uang modal yang seperti ini ? Paling baik adalah tentu dengan menggunakan uang anda sendiri, tapi jika tidak ada, lebih baik usahakan pinjam modal ke kerabat anda misalkan orang tua, kakak, atau teman barangkali. Tetapi syarat utamanya ya itu tadi, jangan yang harus di kembalikan dengan segera. kedengarannya sulit ya ? ya memang sulit namanya juga kan usaha… Bagaimana jika mentok, tidak ada modal yang bisa di pakai dengan santai, jika memang anda sudah berusaha, saran saya jangan dipaksakan, lebih baik anda mencari saja sebisa-bisa usaha yang bisa di jalankan tanpa modal dahulu, sambil anda tetap mencari modal tadi. Jika anda tetap terus berusaha dan paling utamanya berdoa saya yakin pasti ada jalannya.

Selanjutnya jika ketersedian modal sudah tidak menjadi kendala lagi untuk anda, hal yang harus dihindari berikutnya adalah tempat usaha, Sebisa mungkin tempat untuk menjalankan usaha baru anda jangan didapat dari hasil mengontrak, sebabnya sama seperti yang tadi dibahas, usaha anda akan terbebani juga untuk biaya bulanan kontrakan usaha anda. Mungkin di benak anda ada pertanyaan seperti ini, tapi itu banyak usaha-usaha yang berjalan di tempat yang didapat dari hasil mengontrak ??? ya memang bisa, tetapi anda harus siapkan modal yang besar atau longgar dari perkiraan hitungan awal. Gunanya untuk antisipasi saat anda merintis usaha baru, karena bagaimana pun namanya usaha baru dimulai, pastinya akan bertemu dangan kerugian, jika modal anda pas-pas an, tentunya tidak akan tersisa lagi untuk menutup kerugian.

Kesimpulannya disini adalah,  Jika anda menjalankan sebuah usaha baru akan lebih mengurangi beban anda jika hal-hal di atas dihindari, jadi kita bisa dengan tenang dan fokus menjalankannya. Karena dalam menjalankan usahanya saja anda tentu sudah dihadapkan dengan berbagai macam kendala, seperti misalnya mencari supplier yang baik, mengurus karyawan, memasarkan produk dan banyak lagi, apalagi jika harus memikirkan cicilan modal dan kontrakan, takutnya hasil nya tidak akan maksimal. Tapi itu tetap kembali kepada anda sebagi pelaku usaha, disini saya hanya berbagi dari pengalaman saja, anda boleh mengikuti saran saya ataupun tidak. Selamat Berjuang…

Baca juga artikel : Kenali Penyebab Kegagalan Bisnis Anda