Gosok Batu Akik, Peluang Usaha Yang menggiurkan

Fenomena maraknya batu akik di Indonesia membuat membuka peluang usaha baru yang cukup menggiurkan untuk dijalankan. Selain para penjual batunya langsung yang mendapatkan keuntungan berlimpah, ada juga pada penggosok atau penyedia jasa poles batu akik yang kebanjiran orderan.

Batu akik yang memikat konsumen dengan aneka ragam warna dan bentuk, pada awalnya hanya berupa bongkahan batu seperti biasa, jika terlihat selewat bahkan tidak akan ada yang mengira didalamnya terkandung batu yang memiliki nilai tinggi.

Dengan jasa para penggosok batu akik inilah sebuah bongkahan batu tersebut di sulap menjadi batu cincin yang menarik dan memikat para pecintanya. Dalam hal ini maka terbukalah sebuah peluang usaha yang sangat berpotensi, yaitu penyedia jasa gosok batu akik. Jika pembaca sekalian memiliki hobi pada bidang ini, maka menjalakan bisnis poles batu akik bisa cukup menghasilkan laba yang fantastis.

Berawal Dari Hobi

Secara otomatis orang yang gemar dengan batu akik umumnya mereka memiliki ketetarikan untuk menggosok batu koleksinya agar tampil lebih mengkilap dan menarik. Jika didalami lebih jauh, seperti membentuk batu cincin dari awal bongkahan akan membutuhkan keterampilan tersendiri untuk melakukannya.

Namun keterampilan ini dapat kita pelajari sendiri tanpa ada tenaga pengajar sekalipun, skill yang dimiliki biasanya timbul dari hasil otodidak, karena seringnya menangani pembentukan batu maka secara otomatis keterampilan tersebut tumbuh dengan sendirinya.

peluang usaha gosok batu akik

Lama-kelamaan orang yang sering melakukan kegiatan potong batu akik, lalu di bentuk dan di poles hingga mengkilap, akan semakin memiliki skill yang tinggi. Karena untuk menghasilkan batu akik yang sempurna, tidak hanya dilihat dari segi jenis batunya saja, namun hasil potongan, bentuk batu juga turut memberikan kontribusi yang cukup besar, tidak jarang batu dari jenis langka dan berharga tinggi, namun hasilnya tidak maksimal kerena di sebabkan penanganan pembentukan yang salah.

Untuk itu, anda yang memiliki ketertarikan pada bidang penggosokan batu akik ini, penting untuk mempertajam keterampilan terlebih dahulu agar hasilnya maksimal. Seorang penggosok batu yang berpengalaman tinggi serta hasilnya sudah terbukti, tidak jarang hingga menjadi rebutan konsumennya, mereka rela hingga berhari-hari antri menunggu giliran agar bongkahan batunya bisa di kerjakan olehnya.

Baca juga jenis hobi yang bisa menghasilkan keuntungan

Mesin Gosok Batu Akik

Untuk menjalankan usaha ini tentu saja memerlukan alat pendukung berupa mesin penggosok batu akik yang berkualitas. Dipasaran banyak terdapat jenis mesin ini, dari yang berharga cukup lumayan hingga yang sangat sederhana berupa hasil modifikasi dari mesin lain, salah satunya modifikasi dari mesin pompa air yang dimanfaatkan dinamonya sebagai pemutar gerinda.

Dalam hal ini kita bisa memilih tergantung kebutuhan, jika dirasa kita memiliki modal yang cukup bisa pilih mesin khusus gosok batu akik rakitan yang banyak tersedia di pasaran. Kelebihannya mesin ini sudah di seting sedemikian rupa agar mempermudah proses pengerjaan. Mulai dari proses pemotongan batu bongkahan yang sudah disediakan hingga tersedia beberapa gerinda disebelahnya untuk melakukan proses selanjutnya yaitu pembentukan hingga pemolesan sampai selasai.

Baca juga mesin spray drayer pembuat aneka minuman instan

Pangsa Pasar

Untuk sekarang ini karena sedang marak-maraknya batu akik ini di gandrungi, tidak sulit untuk mencari konsumen yang mau menjasakan pemolesan batunya kepada kita. Bahkan hanya dengan membuka jasa di rumah, kita bisa mendapatkan konsumen dari para tetangga sekitar, jika hasilnya maksimal pun, tidak jarang konsumen yang berlokasi jauh dari tempat kita rela datang karena mendengar kabar yang tersiar.

Namun jika ingin lebih serius, bisa upayakan membuka jasa penggosokan baru akik di daerah sentra-sentra penjual batu akik yang kini banyak bermunculan. Order bisa datang dari banyak pedagang batu yang ada di sekitaran, ataupun dari konsumen yang memiliki batu bongkahan sendiri.

Pada intinya, bisnis ini bisa berjalan maksimal apabila hasil keterampilan kita hasilnya memuaskan konsumen. Maka sekali lagi sangat penting untuk mengasah keterampilan yang dimiliki dengan mempelajari secara serius mengenai ilmu pembentukan serta penggosokan batu akik dengan lebih mendalam.

Baca juga artikel bisnis batu akik peluang usaha yang menggiurkan