Gagal Membangun Bisnis Startup, ini dia Penyebabnya

Dibalik banyaknya bisnis startup yang sukses sekarang ini, ternyata tak sedikit juga yang mengalami kegagalan.

Melihat mereka yang sukses membangun bisnis ini sanggup membuat daya tarik tersendiri untuk di ikuti sehingga cukup banyak bermunculan startup-startup baru yang mencoba peruntungan.

Padahal membangun sebuah startup baru hingga sukses kepasaran tentu saja sangat membutuhkan perjuangan. Sebuah startup yang dibangun tanpa strategi yang matang, seketika namanya pun bisa cepat tenggelam.

Apa penyebab gagalnya stratup tersebut ? Berikut ini rata-rata penyebabnya.

Sebelumnya untuk mengetahui pengertian startup secara rinci dapat kunjungi artikel berikut Pengertian Startup Dan Contoh Bisnisnya Di Indonesia

Gagal Membangun Bisnis Startup

Kurang Dibutuhkan Masyarakat

Poin utama yang dapat membuat suksesnya sebuah bisnis startup diantaranya karena layanan atau produknya di butuhkan masyarakat secara luas.

Tengok saja startup tenama dibidang transportasi seperti GOJEK, masyarakat kita saat ini sangat membutuhkan alat transportasi umum yang nyaman, cepat, praktis dan juga murah, tak heran begitu diluncurkan Gojek pun langsung mendapat sambutan positif.

Akan sia-sia jika kita membangun sebuah startup yang kurang diperlukan pasar, oleh karenanya sebelum membangun bisnis startup pastikan terlebih dahulu layanan kita banyak dibutuhkan masyarakat luas.


Kekurangan Modal

Tak sedikit startup yang baru saja dibangun namun di tengah-tengah perjalanan mereka mengalami kesulitan modal pembiayaan untuk mengembangkan bisnisnya, padahal sudah ada investor yang mendanai.

Hal ini sering terjadi terutama disebabkan karena kurang benar dalam memenejemen keuangan perusahaannya.

Perlu di sadari di saat awal membangun startup kebutuhan modal tidaklah sedikit, maka perlu adanya perencanaan keuangan yang matang agar tidak kesulitan ditengah jalan.

Kerja Sama Tim Tidak Solid

Pada umumnya membangun sebuah bisnis startup tidak dijalankan oleh satu orang, melainkan dibangun oleh sebuah tim yang memiliki ide dan kreatifitas kerja solid dan kompak.

Diantara penyebab gagalnya membangun bisnis startup yang cukup sering ditemui adalah karena tidak adanya kerja sama yang solid antar anggota tim, bahkan seringkali mengalami konflik saat menentukan suatu langkah.

Jika sudah demikian mengembangkan sebuah startup hingga sukses akan sulit diraih.

Ide Tidak Terealisasi

Saat bekerja sama dalam sebuah tim yang kompak tentunya akan banyak ide-ide kreatif yang bermunculan, sebuah ide yang tepat bukan tidak mungkin dapat membuat bisnis stratup yang dibangun akan cepat berkembang.

Namun begitu umumnya ide-ide kreatif tersebut hanya muncul menjadi sebuah gagasan yang tak kunjung di realisasikan, sehingga tidak dapat membuat bisnisnya bisa terus bertahan.

Baca Juga 7 Tips Bagi Kamu Yang Ingin Membangun Startup Sukses

Tidak Menyesuaikan Konsep

Dalam membangun bisnis startup tentunya diawal sudah direncanakan bagaimana konsep bisnis yang akan dijalankan.

Meski begitu pada kenyataannya dunia bisnis selalu berkembang, sehingga bukan tidak mungkin konsep bisnis yang sudah di sepakati tidak lagi sesuai dengan kondisi pasar.

Adalakanya kita harus dapat menyesuaikan atau merubah kembali konsep bisnis yang akan dijalankan agar lebih sesuai.