Tips Membuat Foto Produk Untuk Jualan Online Dengan Kamera HP

Memiliki foto produk berkualitas untuk jualan online menjadi salah satu modal wajib dimiliki oleh mereka yang berjualan di internet, karena dalam berbelanja secara online foto memiliki daya tarik yang besar untuk menarik minat pembeli.

Jika dalam berbelanja offline pembeli dapat sepuasnya melihat fisik produk dengan sangat jelas, foto dalam toko online pun sebisanya harus kita buat agar bisa terlihat menarik dan memberi info sejelas-jelasnya kepada pembeli.

Pertanyaannya bagaimana cara membuat foto produk yang berkualitas tersebut ? Apalagi jika kita hanya mengandalkan kamera Hp yang dimiliki saja.

Beberapa tips di artikel ini mengenai cara membuat foto produk untuk jualan online dengan kamera handphone mungkin bisa menjadi masukan.

Foto Produk Untuk Jualan Online

Persiapkan Objek yang Akan di Foto

Paling awal persiapkan produk yang akan menjadi objek foto dengan maksimal, baik dari segi penataan hingga detail produk yang akan di tampilkan.

Pilih satu sample produk yang berpenampilan paling menarik, misalnya memiliki warna yang cerah. Untuk produk seperti pakaian dapat kita setrika terlebih dahulu agar memiliki tampilan lebih rapih. Untuk produk lainnya dapat kita upayakan agar terbebas dari debu atau kotoran agar terlihat bersih.

Persiapan Latar Belakang Foto (Background)

Latar belakang atau background memiliki peran penting dalam menciptakan foto produk yang berkualitas. Dan background yang paling baik untuk dipilih adalah background yang dapat menampilkan objek foto terlihat lebih fokus sehingga nampak jelas dimata calon pembeli.

Paling banyak dipilih sebagai warna background salah satunya putih, dengan warna ini produk dapat terlihat bersih dan terang. Namun andapun dapat berkreasi dengan menambahkan sedikit aksesoris pemanis sebagai hiasan.


Untuk bahan background yang dapat digunakan, kita dapat manfaatkan barang yang biasanya ada dirumah seperti kain, kertas atau karton bahkan kita juga dapat memanfaatkan tembok rumah sebagai latar belakang foto.

Pencahayaan Harus Mencukupi

Paling mudah dan tidak memerlukan alat-alat tambahan seperti lampu layaknya di studio foto, pencahayaan yang mencukupi bisa kita dapatkan dengan memfoto produk di luar ruangan disaat sinar matahari bersinar.

Dari pengalaman penulis sendiri melakukan foto produk di outdor hasilnya sangat jauh lebih baik dibandingkan dengan di dalam ruangan. Terlebih lagi karena kita hanya menggunakan hp untuk memotret dengan lampu flash kamera yang hanya berkemampuan terbatas.

Spesifikasi Kamera Hp yang Memupuni

Meski memungkinkan untuk membuat foto produk yang menarik hanya dengan mengandalkan kamera hp saja, namun hendaknya gunakan handphone yang memiliki spesifikasi kamera mencukupi untuk melakukannya.

Idealnya handphone harus memiliki kamera berkapasitas 12 Megapixsel dengan fitur tambahan pendukung seperti Image Stabilization yang bisa menstabilkan hasil jepretan dan juga mode macro yang berguna untuk menghasilkan foto jarak dekat.

Gunakan Model Jika Memungkinkan

Untuk barang yang dapat dipakai seperti produk fashion, tas, jam tangan, sepatu dan sebagainya penggunaan model atau peraga akan sangat membantu untuk menghasilkan foto yang lebih menarik. Selain itu calon pembeli pun bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas dengan melihat produk yang sedang digunakan.

Sebagai alternatif jika anda sulit menyediakan seorang model khusus bisa gunakan manekin atau patung peraga yang biasa digunakan sebagai display produk pakaian.

Edit Foto Menggunakan Aplikasi

Mengedit foto dengan menggunakan aplikasi khusus dapat membantu menghasilkan foto produk terlihat profesional. Terpenting sebaiknya jangan lakukan perubahan yang justru membuat foto terlihat tidak natural.

Cukup dengan melakukan editing pada bagian pencahayaan seperti brightness dan contras serta buang bagian foto yang tidak perlu dengan fitur corp.

Perhatikan kita tidak boleh melakukan editing yang membuat produk menjadi terlihat tidak seperti aslinya, karena nantinya akan merugikan bisnis kita sendiri akibat barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan ekspektasi.

Baca Juga Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online Shop

Berjualan secara online sekarang ini memang tengah diminati banyak orang sehingga persaingan dibidang ini terbilang cukup ketat. Tips cara membuat foto produk untuk jualan online dengan kamera hp yang kami berikan ini semoga saja bisa membantu anda para pebisnis online untuk mendapatkan pelanggan.