Food Truck, Konsep Baru Dalam Berbisnis Kuliner

Ahir-ahir ini terdapat trend baru dalam bidang bisnis kuliner yang terjadi di Indonesia. Food truck, begitulah istilah dari konsep baru ini, yang berarti berjualan kuliner dengan menggunakan kendaraan mobil besar berupa truck yang lazim di gunakan sebagai kendaraan pengangkut, namun sudah di modifikasi sedemikian rupa agar bisa di gunakan untuk berjualan.

Sebetulnya ide bisnis tersebut lebih dahulu populer di luar negri, baru pada beberapa waktu kebelakang ini idenya mulai di kembangkan di tanah air.

Tak ayal ide tersebut pun di sambut positif oleh masyarakat di sini, hingga kini sudah cukup banyak para pebisnis kuliner yang mencoba peruntungannya menjajakan aneka kuliner dengan konsep food truck ini.

Kebanyakan para pelakunya anak-anak muda kreatif yang tertarik menggeluti bidang bisnis, dan di tangan mereka memang konsep ini menjadi menarik dan cukup bisa mengundang rasa penasaran para calon konsumennya.

bisnis kuliner food truck

Memberi Suasana Baru Bagi Penikmat Kuliner

Menikmati sajian makanan ataupun minuman di suasana cafe atau pun restoran pastinya setiap orang sudah tidak terasa asing lagi, sebagian dari mereka nikmatnya menyantap sajian makanan tidak hanya harus bercita rasa yang lezat, namun lebih dari itu juga harus di dukung oleh suasana tempat yang nyaman dan juga menyenangkan.

Seperti pada saat menikmati kuliner dari food truck ini, suasana yang benar-benar baru akan konsumen rasakan semenjak mulai mengorder pesanan. Bagaimana tidak, tempat berjualannya saja sudah jauh berbeda sehingga sangat mengundang rasa penasaran.

Ada sebagian diantaranya pebisnis kuliner dengan model food truck ini yang juga menyediakan tempat menyantap makanan di tempat, dan ada pula yang hanya berjualan kulinernya hanya untuk di bawa pulang. Keduanya bisa memberikan suasana baru menikmati makanan.

Advertisement

Baca juga artikel tips cara memulai usaha kuliner untuk pemula

Kelebihan Berjualan Dengan Konsep Food Truck

Selain mengundang penasaran, banyak diantaranya kelebihan lain yang bisa didapatkan jika kita memilih konsep ini untuk berjualan aneka kuliner. Seperti misalnya lebih fleksible menentukan lokasi tempat berjualan, tidak seperti pada bangunan permanen.

Kita bisa cari dimana lokasi yang sedang ramai di kunjungi, seperti kawasan kampus dan sekolahan, pada event bazar dan lain sebagainya. Tidak hanya itu sekarang ini juga banyak diadakan acara-acara event kuliner khusus food truck.

Selain itu, di jaman sekarang ini trend masyarakat kita juga sudah lebih semakin modern dalam memilih kuliner, ramainya food truck di kunjungi saat ini juga tidak lepas dari trend masyarakat kita yang cenderung kebarat-baratan.

Desain truck yang di modifikasi sehingga tampilannya menjadi menarik perhatian serta di tambah dengan sajian menu-menu yang kebanyakan ditawarkannya adalah dari jenis kuliner-kuliner modern seperti steak, pizza, ice cream, burger dan sebagainya, membuat bisnis ini menjadi diminati konsumen apalagi di daerah perkotaan besar.

Dengan adanya demikian konsep baru berjualan kuliner ini, cukup bisa berpotensi hingga kedepan dan menjadi pilihan peluang usaha yang patut di jalankan.

Meski begitu, sebelumnya kita juga harus perhatikan pada segi penyediaan modal, pasalnya konsep food truck ini harus di jalankan dengan biaya modal yang cukup besar. Dari modal pokoknya saja yaitu kendaraan sudah dapat kita perkirakan besarannya, belum lagi biaya untuk modifikasinya agar bisa di pakai berjualan dan pengadaan bahan baku didalamnya.

Baca juga artikel ingin sukses bisnis kuliner dengan food truck, berikut tipsnya